Analisis Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Mts Muhammadiyah 15 Medan

Tan Suriadi

Abstract


Penelitian ini dibuat untuk mengetahui apa penyebab hasil belajar siswa yang kurang memuaskan di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan), bagaimana penerapan bahan ajar pada mata pelajaran AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan), apa faktor pendukung dan penghambat penerapan bahan ajar pada mata pelajaran AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan) pada kelas VII MTs Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan dan penerapan bahan ajar AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian tentang analisis bahan ajar pada mata pelajaran AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan) di MTs Muhammadiyah 15 Medan adalah bahwa peneliti menganalisis pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan) di sekolah ini sangat baik, tetapi pada saat penerapan materi AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan) guru belum efektif kerena alokasi waktu yang kurang disusun dengan sistematis dan kurangnya alat peraga/fasilitas yang mendukung pembelajaran.


Keywords


Bahan Ajar, Al Islam dan Kemuhammadiyahan

Full Text:

PDF

References


Nukholis, Pendidikan Dalam Upaya MemajukanTeknologi,Jurnal Kependidikan, 2013.

Muhizar Muchtar, Inovasi Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Man 2 Medan, Intiqod Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 2020

Azyunardi Azra, Esei-Esei Intlektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1998.

Faridah Alawiyah, Pendidikan Madrasah Di Indonesia,Faridah Alawiyah : Jurnal Pendidikan Di Madrasah.

Robie Fanreza, Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Intiqod Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 2020

Basyuruddin, Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat Pers, 2002.

Ika Lestari, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Padang : Akademia Permata, 2013.

Syamsul Arifin, Rekonstruksi Al- Islam Kemuhammadiyahan (AIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praksis Pendidikan Nilai,

Ade Benih Nirwana, Pendidikan Kemuhammadiyahan SMP/MTs Muhammadiyah 7, Yogyakarta : MPDM PWM, 2012.

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Bandung :PT REMAJA ROSDAKARYA, 2006.

Plered Kabupaten Cirebon,Jurnal Edunomic 2017.

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran,Bandung :PT REMAJA ROSDAKARYA, 2006. 53

ST Rajiah Rusydi, Peran Muhammadiyah (Konsep Pendidikan, Usaha-Usaha Di Bidang Pendidikan, Dan Tokoh), Jurnal Tarbawi.

Tri Saswandi, Analisis Penerapan Nilai-Nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan Dalam Perkuliahan, Jurnal Pendidikan Indonesia. 2019.

Hairul Huda, Membangun Karakter Islami Melalui Al Islam dan Kemuhammadiyahan (StudiAnalisis Perpres Nomer 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan

Dianto,Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui ModelPembelajaran Snowball Throwing Intiqod, Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 2020

Dianto, I. (2018). Peranan dakwah dalam proses pengembangan masyarakat Islam. Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 12(1), 98-118.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats