Implementasi Program Tahfizul Quran Di Mts Negeri 1 Tapanuli Tengah

Syarifah Aini

Abstract


Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa konsep pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan, bagaimana proses implementasi pendidikan karakter melalui Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Medan, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan karakter, mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan dalam pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Medan. SMP Muhammadiyah. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini memperhatikan proses dan peristiwa yang sedang berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas dengan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sumber datanya yaitu siswa, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru SMP Muhammadiyah 1 Medan, sedangkan staf sekolah SMP Muhammadiyah 1 Medan merupakan sumber data tambahan atau pendukung dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Konsep penerapan pendidikan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 1 Medan disesuaikan dengan visi SMP Muhamamdiyah 1 Medan sebagai pilihan dan kebanggaan umat. (shaleh, berilmu dan berakhlak mulia) dalam bidang IPTEK maupn IMTAQ. Proses implementasi Nilai karakter melalui Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Medan sebagai upaya pembentukan karakter yang baik, dilakukan dengan adanya keteladanan dan pembiasaan. Faktor pendukungnya adalah sekolah, guru dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambanya adalah keterbatasan waktu belajar, kesibukan orang tua dan lingkungan.


Keywords


Nilai Karakter, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

Full Text:

PDF

References


Sani, Ridwan. Pendidikan Karakter di Pesantren, Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2011.

Syaifudin. Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.

Lickona. Mendidik untuk Membentuk Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Ramdhani Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter Jurnal Pendidikan UNIGA, No. 1 Volume 8. 2017

Soyomukti, Nurani. Teori-Teori Pendidikan, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media 2012

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta CV, 2010.

Sumami, Muchlas. Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdak

Harfiani, R. (2019, October). Preparation of Learning Implementation Plan Islamic Education for Early Childhood Based on Inclusive Education. In 6th International Conference on Community Development (ICCD 2019) (pp. 451-454). Atlantis Press.

Tanjung, E. F. (2020). Impact of public wellness, competitiveness, and government effectiveness on quality of education in Asian countries. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(6), 1720-1731.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats