Penanaman Nilai Karakter Keagamaan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Muhammadiyah 47 Sunggal

Citra Hasanah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kurangnya penanaman nilai karakter peserta didik untuk menerapkan perilaku religius dalam dirinya terkhusus pada pembelajaran pendidikan agama islam. Dengan permasalahan tersebut maka penulis mengidentifikasi masalah berupa: (1) adanya tingkat kesadaran peserta didik yang masih rendah dalam menerapkan perilaku religius, (2) Masih rendanhnya prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Penerapan pendidikan karakter keagamaan yang dinilai belum dilaksanakan secara efektif, dan (4) Berbagai masalah yang berkaitan dengan karakter peserta didik yang sangat mengkhawatirkan masyarakat.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar sekolah SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter keagamaan peserta didik terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Adapun bentuk karakter yang ditanamkan kepada peserta didik pada mata pelajaran PAI yaitu, religius, disiplin, jujur, kerja keras, toleransi, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat komunikasi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dimana semua nilai karakter tersebut mesti tercantum dalam setiap proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun untuk mencapai penanaman nilai-nilai karakter keagamaan peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam, maka beberapa metode yang digunakan berupa metode pembiasaan, metode nasihat, metode pemberi perhatian, serta metode hukuman.

Kata kunci: Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Karakter Keagamaan


Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan dan Kadri, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara

Adisusilo, Sutarjo.(2014). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: Rajawali Pers

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan.(2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV Jejak

Djamal, Muhammad, (2018). Metode Hukuman Dalam Prespektif Pendidikan Islam, dalam Al-Ghazali. No.1. VolumevoI

Hasbullah. (2018). Karakteristik Pendidikan IslamMenurut Imam Al-Ghazali, dalamJurnalPendidikan Anak Usia Dini.

Hermawan, Iwan.(2019). Metodologi Penelitian PendidikanKualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Method, Kuningan: Hidayatul Quran.

Irman, Muhammad dan Ardy Wiyani, Novan. (2017). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pebelajaran, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

SETIAWAN, Hasrian Rudi; MASITAH, Widya. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 2017, 9.1: 47-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats