Pengaruh Penggunaan Metode Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Muhammadiyah 15 Medan

Riska Febrianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 24 siswa kelas VIII 1 untuk kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VIII 2 untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes berbentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (pretes-postes) yang berjumlah 15 dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode crossword puzzle yang diterapkan dikelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan metode crossword puzzle, sebelum diterapkan metode crossword puzzle pada kelas eksperimen mendapatkan mean x= 61,46. Namun setelah diterapkan metode crossword puzzle postes kelas eksperimen mendapat mean x= 85,16. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t di peroleh nilai thitung = 3,57 dan ttabel 2,02 sehingga hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel ( thitung > ttabel : 3,57 > 2,02 ).

Kata Kunci : Metode Crossword Puzzle, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aris Shoimin, 68 model pemebelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 (Yogyakarta : Ar-ruzz Media) h. 119.

Baharudin, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010),hlm. 20-25.

Hanna sundari, ciri-ciri model pembelajaran dalam jurnal model-model pembelajaran dan pemerolehan Bahasa asing/ kedua h. 109

Oemar Hamalik.Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan. (Bandung: penerbit Sinar Baru Algesindo Bandung.2006).h.88

Rustiyah NK, Strategi belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 1998, hlm. 36

Ranika Lestari, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Tehnik Kelas X SMK Negeri 2 Surakarta, Desember 2015, h. 12

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002), h.121

Safri alqudsiah hadits yang menjelaskan keutamaan orang yang menuntut ilmu http://alqudsiah.blogspot.com. (Diakses 05 mei 2014)

Sardiman, A. M. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. (Jakarta: Rajawali. 2004). h. 98

Sobry Sutikno, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Prospect, 2009, hlm. 4

Shaleh, Abdul, Rahman, Pendidikan Agama dan Pembangunan Untuk Bangsa.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.2005.h.11

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, ( Bandung: Alfabeta, 2012), Cet. XV, hlm.14

Sugiyono, Metode h. 408-427.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2010), Cet. XVII, hlm.61

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, ( Bandung: Alfabeta, 2012), Cet. XV, hlm.61

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2010), hlm. 120.

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pendidikan h. 226.

Sudjana, Metoda Statistika, (Bandung: PT Tarsito, 2002), hlm. 273

Tohirin, Psikologi Pembelajaan Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006), h.9

Wikipedia, Kamus Besar Bahasa Indonesia didapat dari https://id.m.wikipedia.org/ wiki/model_pembelajaran : Internet (diakses tanggal 12 februari 2020).

Yati Heryati, Media Pembelajaran (Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan, 2010), hlm. 16.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 47-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats