Analisis Pengembangan Sumber Belajar Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan

Kha Tijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pengembangan sumber belajar fiqih di Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriftif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran fiqih dan siswa Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasumbersumber pembelajaran fiqih MTs Insan Cita adalah; pertama, Guru sebagai sumber utama dalam pembelajaran fiqih. Kedua, Buku Paket Fiqih merupakan sumber pokok yang menjadi acuan guru dalam mengajar. Ketiga, lingkungan Madrsah juga di maanfaatkan guru dan siswa sebagai sumber belajar.dan Ke empat, Intenet juga dijadikan sumber belajar pada materi fiqih. Pengembangan yang dilakukan guru fiqh di MTs Insan Cita adalah dengan mebuat sumber belajar yang dirancang (Leraning resource by design)dan sumber belajar yang dimanfaatkan (Learning resoarce by utilitarian)

Kata kunci: Pengembangan, Sumber Belajar Fiqh, dan Madrasah Tsanawiyah


Full Text:

PDF

References


Afandi, M.Yazid. Fiqh Muamallah. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2009.

Anwar, Rosihon. Ulum Al-Qur?an.Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Bachri, Bachtiar S. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.

Creswell, John W. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustakapelajar, 2012.

Drajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara, 1984.

Lexy, Meleong J. Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Mudjiono, Dimayanti. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Mutofin. Sumber Belajar dalam Pembelajaran PAI. Skripsi. Purwokerto:

Rofi?i, Ahmad. Pembelajaran Fiqih .Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RepublikIndonesia.2009.

Sitepu, B.P. Pengembangan Sumber Belajar.Jakarta: Raja Grafindo

Persada, 2014.

SETIAWAN, Hasrian Rudi; MASITAH, Widya. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 2017, 9.1: 47-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats