Analisis Keterampilan Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas Ix Smp Swasta Al-Manar

Karina Endang Pratiwi Z.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keterampilan mengajar guru (2) mengetahui kendala yang dihadapi guru (3) mengetahui solusi yang dilakukan guru dalam menyempurnakan keterampilan mengajar pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas IX SMP Swasta Al-Manar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak di kelas IX. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan mengajar guru rata-rata 76,66% dengan kategori baik. Penerapan keterampilan mengajar guru sudah berjalan secara optimal. (2) Kendala yang dihadapi guru yaitu kendala dalam menggunakan metode mengajar yang tepat, alat dan media pembelajaran, mengelola kelas. (3) Solusi yang dilakukan guru yaitu lebih berinisiatif untuk menguasai teknik dan metode dalam mengajar, alat dan media yang berhubungan dengan materi. Lebih kreatif untuk memancing siswa lebih aktif.


Full Text:

PDF

References


A., Yanuar. Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif. Yogyakarta: Diva Press, 2015. Ambarawati, Mika. Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan

Matematika Pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Pedagogia, No. 1. Volume 5. 2016.

Aqib, Zainal. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama Widya, 2014.

Armai, Arief. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Asmahasanah, Salati, dkk. Analisis Keterampilan Mengajar Guru dan Penanaman Nilai Positif Melalui Pemanfaatan Kebun Sekolah. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. No. 2. Volume 27. 2018.

Asril, Zainal. Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Chaerudin, Ali. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan SDM. Sukabumi: CV. Jejak, 2019.

Darmadi, Hamid. Kemampuan Dasar Pengajar. Bandung: Alfabeta, 2010. Fadillah, Muhammad. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,

Fahrurrozi dan Hamdi, Syukrul. Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi, 2017.

Fanreza, Robie. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dosen Tetap Al- Islam Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Agama dan Pendidikan Islam. No. 2. Volume 9. 2017.

Ghazali, Imam al. IhyaUlum al-Din, Juz III. Mesir: Isa Bab al-Halaby. t.t. Gilcman, As. Keterampilan Dasar Mengajar Guru, Jakarta: Rineka Cipta, 1991. Habibati. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala Univeristy Press,

Hamdayama, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter.

Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

, Jumanta. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Setiawan, Hasrian Rudi, and Widya Masitah. "Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017." Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 9.1 (2017): 47-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats