Pengaruh Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar kaifiat Shalat Sesuai Sunnah Nabi Pada Siswa Di Kelas VII MTs Islamiyah Mayang

Indah Dwi Utara

Abstract


: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar setelah menggunakan strategi Card Sort pada kaifiat shalat sesuai sunnah Nabi di Kelas VII MTs. Islamiyah Mayang. Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Islamiyah Mayang yang terdiri dari dua kelompok kelas yaitu kelas VII-1 yang berjumlah 26 siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Card Sort (kelas eksperimen) dan VII-2 kelas yang berjumlah 26 siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol) , jadi jumlah keseluruhan populasi adalah 52 orang. Adapun sampel yang diambil dari siswa kelas VII-1 yang berjumlah 26 orang, penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu: tes dan observasi..Data-data tersebut dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment sebagaimana dirangkum oleh Sugiyono (2015). Hasil penelitiannya 1; adanya peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata pre-test yaitu 38,46 sedangkan post- test 86,73. 2; hasil perhitungan korelasi koefisien product moment diperoleh nilai rxy lebih besar dari nilai rtabel dengan formulasi bandingan 2,301> 2,063. Analisis menunjukkan bahwa uji hipotesis > tabel. Artimya, hipotesis alternatif(Ha)diterima. kesimpulannya, ada pengaruh strategi Card Sort terhadap hasil belajar siswa di kelas VII MTs. Islamiyah Mayang.


Full Text:

PDF

References


Hamruni, Strategi dan Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Investidaya 2012.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2006. Ridwan, Hasan. Fikih Ibadah. Bandung: CV Pustaka Setia, 2009.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana,2012.

Sudjono.PengantarEvaluasiPendidikan. Jakarta: PT Grapindo, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alberta, 2011 Suryabrata, Sumadi. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press, 2014.

Syah, Muhibbin, Psikologi Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Yasin, Fatah. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UI Malang Press, 2008

Zuhri, Saifudin, Ushul Fiqih . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009

Butar-Butar, Arwin Juli Rakhmadi. "Kajian Ilmu Falak di Indonesia: Kontribusi Syaikh Hasan Maksum dalam Bidang Ilmu Falak." dalam Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies 1.1 (2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats