Akibat Brand Awareness Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Anggota Koperasi Syariah 212

Wira Handika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Brand awareness dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian anggota koperasi syariah 212. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik anisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Awareness berpengaruh positif terhadap keptusan pembelian anggota koperasi syariah 212 yang diperoleh dari nilai thitung > ttabel (6,979> 1,99006), dengan signifikansi (0,000<0,05). Dan Electronic Word Of Mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian anggota koperasi syariah 212 yang diperoleh dari nilai thitung < ttabel (0,890< 1,99006), dengan signifikansi (0,376>0,05). Brand Awareness dan Electronic Word Of Mouth secara bersamaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian yang diperoleh dari nilai fhitung > ftabel (37,389> 3,11), dengan signifikansi (0,000<0,05). serta Brand Awareness dan Electronic Word Of Mouth mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 48,3%, sedangkan sisanya 51,7% keputusan pembelian anggota koperasi syariah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dengan demikian semakin banyak masyarakat memahami Brand awareness dan Electronic Word Of Mouth maka semakin banyak masyarakat yang melakukan keputusan pembeliannya di koperasi syariah 212.


Keywords


Brand Awarenes, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


BUKU

Juliandi, A, et.al. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: Umsu Press.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

JURNAL

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Al-Hasan, F. A. (2014). Investasi Pada Koperasi Syariah Menurut UndangUndang Perkoperasian (Analisis Terhadap Pasal 93 Ayat (5) dan Pasal 120 Ayat (1) Huruf j Yang Terdapat Pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian. Journal of Islamic University. 8 (1).

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 6 (1).

Amin, M.A. (2020). Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam. 3 (2).

Aprillio, R. G dan Wulandari, A. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Favehotel Hyper Square Bandung Tahun 2018). Jurnal e-Proceeding of Applied Science. 4 (3).

Arivetullatif. (2019). Pengaruh Brand Awareness, perceived quality dan brand association Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Samsung di Kota Padang. Jurnal Ensiklopedia Social Review. 1 (2).

Ayuwardani, R. P. Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Jurnal Nominal. 7(1).

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Khazanah Peradaban Islam di Bidang Turats Manuskrip (Telaah Karakteristik, Konstruksi dan Problem Penelitian Naskah-naskah Astronomi). Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 1(1).

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Mengenal Karya-Karya Ilmu Falak Nusantara; Transmisi, Anotasi, Biografi. LKIS PELANGI AKSARA.

Butar-Butar, A. J. R. (2020). Esai-Esai Astronomi Islam. KUMPULAN BUKU DOSEN.

Butar-Butar, A. J. R., & Raisal, A. Y. ASTRONOMI ISLAM.

Butar-Butar, A. J. R., & Setiawan, H. R. (2018). Pengakurasian Arah Kiblat Di Lingkungan Cabang Muhammadiyah Medan Denai. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 4(1).

Cahyani, K. I dan Sutrasmawati, Rr. E. (2016). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal. 5 (4).

Cahyono, F.D. et.al. 2016. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word-of-Mouth (E-WOM) dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli (Survei Pada Followers Akun Instagram @saboten_shokudo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 37 (1).

Diansyah dan Nurmalasari, A.I. (2017). Pengaruh Pemasaran Internet dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. journal of business studies. 2 (1).

Ekawati, M. et.al. (2014). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Pengetahuan Konsumenserta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Account Twitter @WRPdiet). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 14 (2).

Febriani, R.W. (2017). Pengaruh Moral Reasoning dan Ethical Sensitivity Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Tangerang). Jurnal Manajemen Bisnis. 6(1).

Qorib, M. (2017). Ahmad Syafii Maarif: Kajian Sosial-intelektual dan Model Gagasan Keislamannya. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(2), 66-92.

Qorib, M. (2018). Dakwah Di Tengah Pluralitas Masyarakat. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 315-333.

Qorib, M. (2018). TEOLOGI CINTA [Implementasi Doktrin ISlam di Ruang Publik]. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Qorib, M. (2019). Aspek Sosial-Intelektual Observatorium dalam Islam. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 5(1).

QORIB, M., & JULIANDI, A. (2018). ISLAMIC ORGANIZATIONAL CULTURE MODEL DALAM PERUSAHAAN BISNIS ISLAM. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management construction of inclusion education in primary school. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats