Persepsi Dan Minat Seluruh Dosen Fai Umsu Terhadap Asuransi Syariah di Lingkungan Fai Umsu
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi dan minat Seluruh Dosen FAI UMSU terhadap asuransi syariah dilingkungan FAI UMSU. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Seluruh Dosen FAI UMSU FAI UMSU. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 40 orang dosen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linear berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f dan determinasi (R2).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa Persepsi berpengaruh signifikan terhadap asuransi syariah hal ini didasarkan pada hasil Uji thitung 3,501 > 2,024, nilai signifikan 0.001 < 0.05 menunjukkan H0 ditrima dan Ha ditolak. Serta minat tidakberpengaruh signifikan terhadap asuransi syariah karena pada hasil Uji t hitung 1,749 < 2,024, nilai signifikan 0.008 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square menunjukkan sekitar 58,5% variabel asuransi syariah (Y) dipengaruhi persepsi (X1) dan minat (X2). Sementara sisanya sebesar 48,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel persepsi dan minat mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap asuransi syariah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BUKU
Azuar Juliandi et.al, Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi Medan: UMSU Press, 2014,
Dian Ayunita Nugraheni Nurmala Dewi,Modul Uji Validitas dan Realibilitasdipenogoro: Statistiaka Terapan, 2018,
Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 21/DSN-MUI/X/ Tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah, Jakarta: 2001
Maya Kurnia Sari: Minat Masyarakat Berasuransi Syariah, Cirebon : Super Agnecy,2015
Melky Guslow, Persepsi Masyarakat Terhadap Asuransi Takaful Keluarga,bengkulu: takaful keluarga 2016,
Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif Edisi Revisi 2 , Depok: PT Rajagrafindo, 2014
Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge, Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat, 2008,
Siti Khadijah Matondang: Persepsi Mahasiswa Asuransi Tentang Sertifikasi Asuransi Syariah, Medan: Prodi Asuransi Syariah 2019
Sofian Safri Harahap. Akuntansi Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Suharsimi Arikunto,2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, cet.15, Jakarta: Rineka Cipta.
JURNAL
Juliandari, F., & Pasaribu, M. (2021, February). INCLUSIVE ISLAMIC EDUCATION LEARNING IN THE TIME OF COVID-19 IN THE SD ISTANA HATI BINJAI. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 631-637).
Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).
Pasaribu, M. (2018). INTEGRASI KOMPETENSI SPRITUAL DAN SOSIAL KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Pasaribu, M. (2020). Pembelajaran Ilmu Falak di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(2), 207-222.
Pasaribu, M. (2020). Pembelajaran Ilmu Falak di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(2), 207-222.
Pasaribu, M., & Tanjung, R. R. (2021, August). ISLAMIC EDUCATION AT MTSN 1 TAPANULI TENGAH IN THE COVID 19 ERA. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 945-952).
Setiawan, H. R. (2017). Kontribusi Al-Khawarizmi Dalam Perkembangan Ilmu Astronomi. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 1(1).
Setiawan, H. R. (2021, August). INCREASING STUDENTS'LEARNING MOTIVATION THROUGH DIRECT LEARNING STRATEGIES IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 953-959).
Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 20-34.
Setiawan, H. R., & Putraga, H. (2020). Stellarium & Google Earth (Simulasi Waktu Salat dan Arah Kiblat). KUMPULAN BUKU DOSEN.
Zailani, Z. (2020). [HAKI] Mendidik ANak Dengan Akhlak. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.
Zailani, Z. (2020). [HAKI] The Thinking Of Islamic Education. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.
Zailani, Z. (2020). HAKI (Egoisme Beragama_Egoisme beragama ok (1) _2IN1 (1)). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.
Zailani, Z. (2020). HAKI (Tradisi Sufi di Sekolah_TRADISI SUFI DI SEKOLAH ok (1) _2IN1). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.
Zailani, Z. (2020). HAKI (Tradisi Sufi di Sekolah_TRADISI SUFI DI SEKOLAH ok (1) _2IN1). Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.
Zailani, Z. (2020). Peran dan Kontribusi Oif UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.
Zailani, Z., & Karsae, A. B. (2018). The Thinking Of Islamic Education Renewal In The Perspective Of Mr. Haji Sulong Al-Fathoni. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 349-372.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats