Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Mobile Banking Warga Muhammadiyah Lembaga Keuangan Syariah Pada Kelurahan Pasar 7 Tembung Ranting Sambi Rejo Timur Cabang Cendana Asri

Sri Wahyuni

Abstract


Mobile Banking adalah merupakan salah satu layanan perbankan yang menerapkan teknologi informasi. Layanan ini menjadi peluang bagi bank untuk menawarkan nilai tambahan kepada pelanggan. Variabel yang mempengaruhi keputusan warga Muhammadiyah menggunaan Mobile Banking adalah Faktor Kebudayaan, Faktor sosial,Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, dengan menggunakan metode sampling jenuh diperoleh 30 sample dari ranting Sambi Rejo Cabang Cendana Asri Dalam penelitian ini, variabel dependen yaitu Keputusan pengggunaan Mobile Banking warga Muhammadiyah dan variabel independen yaitu Faktor Kebudayaan, faktor sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis. Hasil penelitian ini menunjukkan Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan penggunaan mobile banking warga muhammadiyah sedangkan Faktor Psikologis berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan mobile banking warga muhammadiyah secara simultan keempat variabel independen Faktor kebudayaan, Faktor sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis berepngaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan Mobile Banking warga muhammadiya lembaga keuangan syariah pada pasar 7 Tembung cabang Cendana Asri.


Keywords


Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis

Full Text:

PDF

References


Drummond, Helga,metode penelitian bisnis edisi kelima, (Jakarta: jilid 1. Erlangga 2007).

JURNAL

Bara, A. L., & Pradesyah, R. (2019). Analysis of The Management of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City of Medan. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 617-623).

Hadi syamsul, Novi, Faktor-Faktor Yang mempengaruhi penggunaan layanan Mobile banking.

Hanif et al, ?Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah Dimodifikasi?. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntan , Vol. 4 No. 1, 2017.

Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2020). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh PT. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).

Kolistiawan budi,Tantangan Lembaga Keuangan Syariah dalam Mengahadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 2017.

Mahmudatus sadiyah dan Nur aziroh, ? Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah Muslim penggunaan Mobile Banking di bank Muamalat Indonesia kantor cabang Pemburu KuduS, jurnal Equilibrium, Vol. 1, N0.1 2013.

Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-177.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 174-187.

Masitah, W. (2019). Morality In Islam. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 914-922).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 134-155.

Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-177.

Muhammad Radiansyah, Analisis Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai Di Kota Medan, Jurnal AtTawassuth, Vol. 1, No. 1, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2016, h. 135.

Pradesyah, R. (2017). Analisis Pengaruh Non Performing Loan, Dana Pihak Ketiga, Terhadap Pembiayaan Akad Mudharabah di Bank Syariah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 93-111.

Pradesyah, R. (2018). Analisis Perkembangan Akad-Akad Di Bank Syariah. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1).

Pradesyah, R. (2018). Analisis Penerapan Fatwa MUI Wisata Halal (Studi Kasus Hotel Syariah Medan). Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 334-348.

Pradesyah, R. (2017). Analisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah dan Laba Bersih Terhadap Kinerja Harga Saham Bank Panin Syariah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 101-119.

Sihotang, M. K., & Umayya, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Strategi Positioning Pada Toko Roti Master Bread Perdagangan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 33-42.

Sihotang, M. K., & Hasanah, H. (2021, February). ISLAMIC BANKING STRATEGY IN FACING THE NEW NORMAL ERA DURING THE COVID 19. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 479-485).

Sihotang, M. K., & Umayya, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Strategi Positioning Pada Toko Roti Master Bread Perdagangan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 33-42.

WulandariNovitasari Putri dan Nadya Novandriani Karina Ana Fitriani et al, ?determinan Perilaku Konsumen Smartphone pada Konsumen smartphone pada siswa SMA Negi kota Salatiga?, Vol.4 No.12015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats