Pengembangan Penilaian dalam Pembelajaran Al-Quran Menggunakan Penilaian Autentik di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan

Anita Carlina

Abstract


Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah ialah bagaimana pengembangan penilaian dalam pembelajaran alquran dengan menggunakan penilaian autentik di SMP Swasta Rahmat Islmiyah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan penilaian dengan menggunakan penilaian autentik di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Metode penelitian ini adalah R and D (Research and Development) yang menghasilkan buku, berjudul “Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Alquran”. Prosedur penelitian ini mengikuti prosedur penelitian R n D dari Borg and Gall. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan proses lima tahap yaitu: (1) tahap persiapan dan pengumpulan data, (2) tahap pengembangan produk, (3) tahap validasi ahli, (4) tahap uji coba produk dan revisi, serta (5) tahap pelaporan. Teknik penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kali uji coba lapangan, adapun sampel yang diambil dari uji coba pertama ialah kelas VIII B sebanyak 36 siswa dan uji coba kedua pada kelas VIII A sebanyak 36 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa ditandai dengan antusiasnya siswa dalam merespon maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, serta kesesuaian penilaian dengan Kurikulum 2013 yang bersifat autentik yaitu dengan menilai aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, hasil belajar peserta didik dengan menggunakan penilaian autentik mengalami peningkatan pada uji coba kedua yaitu sikap spiritual  meningkat sebesar 0,09, sikap sosial sebesar 0,31, pengetahuan sebesar 0,04 dan  aspek keterampilan sebesar 0,05 dengan kriteria penilaian tertinggi yaitu 4,00 (sangat baik).

Keywords


Pengembangan; Penilaian; Autentik; Pembelajaran Alquran

Full Text:

PDF

References


Ainun, N., & Naimi, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs YPI Al-Hidayah Lubuk Pakam. EDU SOCIETY: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1055-1059.

Ayuningsih, W., Syafaruddin, S., & Amiruddin, M. S. (2020). Implementation of Islamic Education Curriculum Development in Al-Ulum Islamic School Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 1033-1044.

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madarasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Fanreza, R., & Pasaribu, M. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik.

Hanafiah, N. (2012). Konsep strategi pembelajaran.

Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).

Ridwan Abdullah Sani, Penilaian Autentik (Jakarta: Bumi Aksara, 2016), h. 23-24.

Setiawan, H., & Lubis, Z. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester Ii Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 47-51.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats