Pelaksanaan Program Qira’atul Qur’an dalam Mengatasi Buta Huruf Al-Qur’an di SMP IT Baiti Jannati

Riska Syahfitri

Abstract


Penelitian ini dibuat karena banyaknya masyarakat muslim yang masih mengalami buta huruf Al-Qur’an. Problematika ini tidak hanya menyasar pada orang dewasa maupun orang tua saja, tetapi juga menyasar pada generasi muda islam baik di lingkungan pendidikan formal maupun non formal. Karena adanya program yang menarik dengan tujuan untuk mengatasi buta huruf Al-Qur’an di SMP IT Baiti Jannati, maka peneliti berkeinginan untuk melihat bagaimana Implementasi Program Qira’atul Qur’an dalam Mengatasi Buta Huruf Al-Qur’an di SMP IT Baiti Jannati dengan rumusan masalah yaitu: Bagaimana perencanaan Program Qira’atul Qur’an dalam mengatasi buta huruf Al-Quran di SMP IT Baiti Jannati? Bagaimana Implementasi Program Qira’atul Qur’an dalam mengatasi buta huruf Al-Qur’an di SMP IT Baiti Jannati? Bagaimana Evaluasi Program Qira’atul Qur’an dalam mengatasi buta huruf Al-Qur’an di SMP IT Baiti Jannati? Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Qira'atul Qur’an di SMP IT Baiti Jannati? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan penelitian lapangan (Field Research). Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan program Qira’atul Qur’an sudah berjalan cukup baik. Karena dengan adanya program tersebut dapat membantu siswa-siswi SMP IT Baiti Jannati yang belum mampu mengenal huruf menjadi mampu membaca Al-Qur’an walau terdapat beberapa faktor penghambat dan beberapa kritik dan saran untuk keberhasilan program kedepan.

Keywords


Implementasi; Program Qira’atul Qur’an; Buta Huruf Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Amiruddin, A., Qorib, M., & Zailani, Z. (2021). A study of the role of Islamic spirituality in happiness of Muslim citizens. Hts Teologiese Studies/Theological Studies, 77(4).

Ayuningsih, W., Syafaruddin, S., & Amiruddin, M. S. (2020). Implementation of Islamic Education Curriculum Development in Al-Ulum Islamic School Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 1033-1044.

Azwar, M., Aulia, A. M., Candra, R., Anisa, U., & Faridduddin, M. Merajut Asa Di Bumi Pertiwi Di Tengah Pandemi.

Carlina, A. (2021). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur'an (Vol. 1). Umsu Press.

Fauzan, M. A., & Amiruddin, M. A. (2015). Eksistensi Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(2), 124-140.

Zuliana, Z., Jf, N. Z., & Damanik, M. H. (2022). Teacher Professionality Development Strategy in Basic Education Units Based on Independent Learning-Teaching Policy. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 16(2), 200-211.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats