Analisis Kebijakan Marketing Mix pada UD. Umega Roti Kacang Hj. Eliya Lubis Tebing Tinggi

Della Annisa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis strategi bauran pemasaran pada UD. Umega Roti Kacang Hj. Eliya Lubis Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan responden penelitian adalah pegawai dan pemilik roti kacang dengan menggunakan metode wawancara dan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian ini adalah (1) Aspek produk yaitu dengan memperhatikan kualitas pada produk melalui sistem penjaminan mutu dan kehalalan produk, ciri khas produk yang berbentuk bulat, variasi rasa yang bermacam-macam, pelabelan produk yang sudah terdaftar. (2) Aspek harga yaitu dengan menggunakan menentukan harga dasar dengan metode sistem pembayaran yang dilakukan secara tunai. (3) Aspek tempat yaitu dengan memperhatikan unsur-unsur seperti lokasi yang strategis, cangkupan pemasaran, penyaluran baik langsung maupun tidak langsung dengan bekerjasama dengan pihak terkait, sera pelayanan yang ramah dan tutur kata yang baik. (4) Aspek promosi yaitu melalui pemasaran langsung, personal selling, mengikuti kegiatan pameran, serta media sosial Facebook dan WhatsApp.

Keywords


Strategi; Pemasaran; Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Amsari, S., Hayati, I., Devi, S., & Lubis, F. R. (2022). Affiliate marketing business model education in promoting keloria products. Community Empowerment, 7(11), 2009-2014.

Apriyanti, C., & Amini, N. R. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Konsumen Pada PT. Altic Houseware. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 3(3), 352-359.

Bara, A., Affandi, F., Farid, A. S., & Marzuki, D. I. (2021). The Effectiveness Of Advertising Marketing In Print Media During The Covid 19 Pandemic In The Mandailing Natal Region. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal) Vol, 4(1), 879-886.

Harfiani, R., & Pasaribu, M. (2019, October). Implementasi Business Model Canvas Pada Cv. Media (Penerbit Dan Distributor Buku Pelajaran Paud). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 200-208).

Nasution, S., & Silalahi, P. R. (2022). Peran Digital Marketing dalam meningkatkan Pendapatan UMKM Kuliner Berbasis Syariah di Kota Medan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal EKonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Pohan, S. (2018, July). Financial Analysis For The Weak Economic Society To Increase The Member Economy At-Bmt El-Munawar Medan Johor Unit (North Sumatra-Indonesia Province). In 2018 3rd International Conference On Education, Sports, Arts And Management Engineering (Icesame 2018) (Pp. 58-60). Atlantis Press.

Sihotang, M. K. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk (studi kasus pada konsumen produk PT. HNI HPAI). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 1(2), 399-413.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats