Analisis Kompetensi Sosial Guru terhadap Ketertarikan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal

Sinar Riyah

Abstract


Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Tingkat Kompetensi sosial Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal  dan Faktor Apakah yang mendukung dan menghambat minat belajar peserta didik SMP Dinda Hafidzah Islamic School.  Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 20 September sampai dengan 02 Oktober 2021  dengan lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah di SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal,  diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data (data reduction), pengkajian data (data display) dan kesimpulan data (verification).  Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi sosial guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kompetensi sosial guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMP Dinda Hafidzah Islamic School Marindal tengah berjalan sangat optimal. Karena guru selalu komunikasi antara guru pendidikan agama Islam dengan pihak terkait (sesama teman seprofesi, orang tua, dan masyarakat) sangat baik dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Adapun jenis minat belajar yang menghambat sehingga sulit dalam belajar yang dialami oleh peserta didik di SMP Dinda Hafidzah Islamic School ialah lambat belajar dan ketidakmampuan belajar.


Keywords


Kompetensi Sosial; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, M. S., Kalsum, U., & Siahaan, D. N. A. (2022). Management of Teacher Performance Improvement at Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan City. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 8(1), 23-36.

Fanreza, R., & Pasaribu, M. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik.

Hasan, I. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur ‘An (Telaah Surah Al-Fatihah). At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 1(2), 56-76.

Jamal, M.A.(2010). Tips Jadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Kunandar, (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. jakarta: Remaja Grafindo Persada.

Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Kelompok B Ra Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-177.

Muhibbin, S.(2009). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nana, S. (1990). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 117-140.

Nurseno. (2004). Kompetensi dasar Sosiologi. Solo: IKAPI.

Rahimah, R. (2022). Urgensi Profesionalisme Guru Dalam Kehidupan. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 3(3), 270-277.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Cet. I; jakarta: Penerbit Asa Mandiri.

Roqib, M dan Nurfuadi. (2011). Kepribadian Guru. Purwokorto: STAIN Press.

Setiawan, H., & Lubis, Z. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester Ii Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 47-51.

Sudarma, M. (2013). Profesi Guru dipuji, dikritis dan dicaci. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Usman,M.U. (2010). Menjadi Guru Frofesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Wina, S. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats