Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Decision Menjadi Anggota Koperasi Syariah 212

Mela Yolanda

Abstract


Penelitian dengan judul Faktor-faktor yang mempengaruhi Customer Decision menjadi anggota Koperasi Syariah 212, bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan promosi terhadap keputusan nasabah menjadi anggota Koperasi Syariah 212. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Regresi Linear Berganda. Kemudian teknik pengumpulan data dengan menyebar angket/kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel promosi memiliki nilai signifikansi yang baik terhadap keputusan nasabah menjadi anggota dengan nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan variabel religiusitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah menjadi anggota koperasi syariah 212 dengan nilai signifikan 0,118 lebih besar dari 0,05. Dinyatakan bahwa variabel promosi mampu mempengaruhi nasabah menjadi anggota koperasi syariah 212 dan variabel religiusitas tidak mampu mempengaruhi nasabah dalam keputusannya menjadi anggota koperasi syariah 212.

Keywords


religiusitas; promosi; customer decision

Full Text:

PDF

References


Al Butary, B., Yusuf, M. A., Diliyani, M., & Andriani, S. (2021, December). Pelatihan Pengelolaan Usaha Berbasis Syariah Pada Masa Covid 19 Di Desa Sementara Pantai Cermin Serdang BedagaiProvinsi Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pp. 1-7).

Amalia, A. (2020). Pengaruh Kurs Nilai Tukar, Jumlah Uang Beredar, Dan Laju Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg). Journal Attanmiyah, 3(5).

Amalia, A., Zaini, O. K., Ramdani, S. H., & Sianturi, A. M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pemilihan Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Purwakarta (Studi Kasus Smp Full Day Al-Muhajirin Purwakarta). Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Manajemen, 6(4).

Amsari, S., & Sari, D. P. (2022, March). Consumer Factors In Deciding To Purchase Online At Shopee E-Commerce During The Covid-19 Pandemic. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, Pp. 174-182).

Dianto, D., & Amsari, S. (2021). Pembinaan Koperasi Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Dalam Membangun Perekomonian Umat Pasca Pandemi Covid 19. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 223-228.

Dianto, D., & Idawati, I. (2020, September). Business Education Funding Partnership. In Proceeding International Conference On Language And Literature (Ic2lc) (Pp. 336-344).

Edi, S., Saputra, J., & Husna, A. (2022). Mekanisme Pasar Dala Konteks Islam. Jurnal Emt Kita, 6(1), 1-6.

Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021, November). Melatih Pelaku Umkm Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Di Dusun Vii Manunggal. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Ginting, N. (2020, February). Equity And Equality In Education Financing. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 209-216).

Hariani, P. P., Rahmayati, R., & Mujiatun, S. Model Bisnis Islamic Financial Technology Produk Bank Syariah Di Kota Medan. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 4(2), 69-81.

Hayati, I., & Al Muddatstsir, U. D. (2019). Effects Of Customer Relationship Management On Customer Loyalty.

Hayati, I., & Handika, W. (2021). The Influence Of Brand Awareness On Purchasing Decisions Of 212 Sharia Cooperative Members. International Journal Of Islamic And Social Sciences (Isos), 1(3), 83-88.

Khaira, M. (2019). Perilaku Bisnis Muhammad Saw Sebagai Entrepreneur Dalam Filsafat Ekonomi Islam. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 3(6).

Mujiatun, S., & Sari, M. (2021). Pemanfaatan Lrtmj (Limbah Rumah Tangga Minyak Jelantah) Melalui Kepul Online Di Aisyiyah Ranting Pasar Vii Tembung. Jurnal Solma, 10(3), 448-455.

Nasution, R. (2018). Analisis Pengaruh Label Halal Pada Produk Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Masyarakat Kota Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 227-248.

Nasution, S. (2021). Konsep Pariwisata Halal Berbasis Ekonomi Kreatif Dengan Sharia Regulation Dalam Meningkatan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 21(2), 250-261.

Pradesyah, R. (2016). Analisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Total Penjualan, Dan Laba Bersih Terhadap Kinerja Harga Saham Panin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Qorib, M. (2021). Pembingan Dan Penguji. Kumpulan Berkas Kepangkatan Dosen.

Qorib, M., Zailani, S. P. I., Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2022). Panduan Penulisan Skripsi Fai Umsu (Vol. 1). Umsu Press.

Setiawan, H. R. (2019). Cara Mudah Menguasai Microsoft Office 2017. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Sihotang, M. K. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Profitabilitas Pada Pt. Bank Syariah Mega Indonesia (Doctoral Dissertation, Pascasarjana Uin Sumatera Utara).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung : Alfabeta.

Sulasmi, E. (2021). Buku Manajemen Dan Kepemimpinan. Aksaqila Jabfung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats