Nilai-Nilai Pendidikan Islam Menurut Sudut Pandang Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan

Nur Kholijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami nilai- nilai pendidikan islam yang berawal dari masa perkawinan yang ideal dan kaitannya dengan pendidikan dan penanaman nilai- nilai pendidikan islam pada anak atau peserta didik tersebut. Rumusan masalah yang dibuat adalah apakah nilai- nilai pendidikan islam menurut perspektif pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan bagaimana penanaman nilai- nilai pendidikan islam tersebut dapat di realisasikan dalam kehidupan nyata oleh peserta didik baik didalam lingkungan sekolah maupun dalam keluarga. Latar belakang adanya penelitian ini adalah pendidikan merupakan salah satu kunci utama seorang anak untuk memperoleh pembelajaran dan pengajaran dengan mengarah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya tidak hanya aspek pengetahuan namun kepribadiannya. Dilihat dari zaman sekrang yang mempengaruhi pendidikan dan pemikiran pendidikan yang ada maka nilai kemurnian pendidikan sangatlah penting untuk tetap dipertahankan kemurnian yang sebenarnya.pengertian pendidikan yang sebenarnya ialah usaha menolong anak untuk menolong mengembangkan sikap kepribadian pada anak tersebut.Juga menurut Prof. Dr. H. Haris Supranto di bukunya Muchlis Samadi, menyatakan Pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi keluarga maupun negara yang sangat bermakna, pendidikan yang bermakna merupakan upaya membantu anak didik untuk memperdayakan potensi yang dimilikinya. Sedangkan pendidikan islam itu sendiri adalah Menurut Sidi Gazalba adalah sesuatu yang bersifat abstrak, ia ideal, nilai bukan benda konkrit, bukan fakta, tidak hanya persoalan benar dan salah dan menurut pembuktian empirik, melainkan soal penghayatan yang dikehendaki dan tidak dikehendaki, disenangi dan tidak disenangi. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian berjenis kajian pustaka atau library research dengan menelaah buku Tarbiyatul Aulad karya Abdullah Nashih Ulwan jilid I dan II yang bertujuan untuk memahami apa saja nilai- nilai pendidikan islam yang dipaparkan oleh beliau, adapun teknik penelitian ini penulis menggunakan analisis teks wacana. Hasil dari analisis yang diperoleh adalah (1) nilai pendidikan islam berdasarkan perkawinan sebagai fitrah manusia (2 ) nilai pendidikan islam berdasarkan perkawinan sebagai sosial interest (3) nilai pendidikan islam berdasarkan perkawinan pilihan (4) nilai pendidikan islam dengan keteladanan (5) nilai pendidikan islam dengan kebiasaan (6) nilai pendidikan islam dengan nasihat (7) nilai pendidikan islam dengan memberikan perhatian (8) nilai pendidikan islam dengan memberikan hukuman. Dengan itu kesimpulannya bahwa nilai pendidikan islam itu dapat direalisasikan dan diusahakan dengan usaha dari para pendidik baik dilingkungan sekolah atau keluarga sendiri dengan menggunakan nilai- nilai pendidikan islam menurut perspektif pemikiran abdullah nashih ulwan itu tersebut. Karena pendidikan keluarga dan lingkungan menjadi salah satu tolak ukur berkualitas atau tidaknya seorang anak atau peserta didik tersebut.

Keywords


nilai pendidikan islam; masa perkawinan; penanaman

Full Text:

PDF

References


Abuddin, N. (2012). Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ahmad, T. (1996). Pendidikan Agama Dalam Keluarga, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Akrim, A. (2020). The Factors That Affecting Students Learning Difficulties In The Islamic Eduction Subject. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 12(2), 151-170.

Akrim, A., & Dalle, J. (2021). Mobile Phone and Family Happiness, Mediating Role of Marital Communication: An Attachment Theory Perspective. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 15(21), 107-118.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Carlina, A. (2021). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur'an (Vol. 1). Umsu Press.

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madarasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Dianto, D. Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Muhamammadiyah 1 Medan. Intiqad, 9(1), 268774.

Ginting, N., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 333-339).

Khairiah, N., & Nurzannah, N. (2020). Many Ways To Internalize Islamic Values Implemented In Indonesia. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 3(4), 3956-3967.

Limbong, I. E., & Ginting, N. (2021). Pengaruh Kemampuan Baca Alquran Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri Barus Kab. Tapanuli Tengah. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(1), 35-44.

M. Nasir, B. (2001). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur?an, Jakarta: Madani Press.

M. Nasir, B. (2001). Pendidikan Islam Perspektif Al-Quran, Jakarta: Medan Perss

M. Ngalim, P. (2007). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 174-187.

Muhaimin. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurzannah, A., & Daulay, M. Y. (2017). Akidah Dan Akhlak.

Nurzannah, H. P. D. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Di Man 1 Medan. Journal Analytica Islamica, 7(2), 148-165.

Nurzannah, N., & Estiawani, P. (2021). Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Quran. Ar-Rasyid: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45-53.

Nurzannah, N., & Setiawan, H. R. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sd (Pembuatan Media Evaluasi Pembelajaran Online). Jces (Journal Of Character Education Society), 3(2), 299-310.

Nurzannah, N., Daulay, M. Y., & Ginting, N. (2021). Map Of The Needs Of Umsu Students On Al-Islam And Muhammadiyah Curriculum. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 777-791.

Pasaribu, M. (2018, July). The Perception Of Sex For Teenager And Application Of Behavior: A Case Study At Department Of Islamic Education Of University Of Muhammadiyah Sumatera Utara. In 2018 3rd International Conference On Education, Sports, Arts And Management Engineering (Icesame 2018) (Pp. 228-230). Atlantis Press.

Pasaribu, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Istiqlal Delitua (Doctoral Dissertation, Umsu).

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.

Prasetia, I., Akrim, S. N. P., & Pratiwi, S. N. (2020). Lecturer Competency Development Model in Designing a Line Learning Resources in University of Muhammadiyah Sumatera Utara. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4).

Qorib, M. (2014). Reaktualisasi Moralitas Agama (Islam) Dalam Proses Perubahan Masyarakat.

Salleh, M. S., Qorib, M., Hanapi, M. S., Mahalli, K., & Manurung, S. (2014). Islamisasi Pembangunan. Umsu Press

Setiawan, H. R. (2018). Nurzannah, Media Pembelajaran Teori Dan Praktek.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 20-34.

Sulasmi, E., Akrim, A., & Saragih, M. (2021). Problem-Based Learning Approach for Elementary Schools. Utopa y praxis latinoamericana: revista internacional de filosofa iberoamericana y teora social, (1), 13-20.

Tafsir, A. (1992). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.

Tanjung, E. F. (2018, July). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Al-Muslimin Pandan District Tapanuli Tengah. In Proceedings Of The 5th International Conference On Community Development (Amca 2018) (Vol. 231, Pp. 205-7).

Tanjung, E. F. (2019, October). Innovation Method Of Islamic Education Through Active Learning In Smp Al-Muslimin Pandan, Central Tapanuli. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Pp. 163-165). Atlantis Press.

Tanjung, E. F. (2020). Impact Of Public Wellness, Competitiveness, And Government Effectiveness On Quality Of Education In Asian Countries. Cypriot Journal Of Educational Sciences, 15(6), 1720-1731.

Tanjung, E. F. (2021). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Muhammadiyah Pandan Tapanuli Tengah. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 4(2), 1809-1814.

Tanjung, E. F., & Harfiani, R. (2020, February). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students Smk Muhammadiyah. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 532-542).

Tanjung, E. F., Harfiani, R., & Sampedro Hartanto, H. (2021). Formation Of Soul Leadership Model In Indonesian Middle Schools. Educational Sciences: Theory And Practice, 21(1), 84-97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats