Faktor-Faktor yang Mendorong Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Agama Islam UMSU

Ilham Afnan Alrasyid

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Agama Islam Umsu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah jumlah 358 orang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 78 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linear berganda. Analisis ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f dan determinasi (R2 ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa faktor internal berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha hal ini didasarkan pada hasil Uji Thitung 4,020 maka diperoleh Thitung > Ttabel atau 4,020 > 1,665, nilai signifikan 0.000 < 0.05 menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Serta faktor eksternal berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha karena pada hasil Uji Thitung > Ttabel atau 4,693 > 1,665, nilai signifikan 0.001 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square menunjukkan sekitar 64,9% variabel Minat Berwirausaha (Y) dipengaruhi faktor internal (X1) dan faktor eksternal (X2). Sementara sisanya sebesar 35,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel faktor internal dan faktor eksternal mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,649 atau 64,9% terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Agama Islam UMSU.

Keywords


faktor internal; faktor eksternal; minat berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Akrim, A. (2020). Formation Of Qualified Bachelor Through Soft Skills In Extracurricular Activities Of University Of Muhammadiyah Sumatera Utara Students. Ijems: Indonesian Journal Of Education And Mathematical Science, 1(2), 147-155.

Akrim, A. (2022). Instrumen-Instrumen Penelitian Naskah Manuskrip Arab. Aksaqila Jabfung.

Al Butary, B., Yusuf, M. A., Diliyani, M., & Andriani, S. (2021, December). Pelatihan Pengelolaan Usaha Berbasis Syariah Pada Masa Covid 19 Di Desa Sementara Pantai Cermin Serdang BedagaiProvinsi Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pp. 1-7).

Amalia, A. (2020). Pengaruh Kurs Nilai Tukar, Jumlah Uang Beredar, Dan Laju Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg). Journal Attanmiyah, 3(5).

Amalia, A., Zaini, O. K., Ramdani, S. H., & Sianturi, A. M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pemilihan Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Purwakarta (Studi Kasus Smp Full Day Al-Muhajirin Purwakarta). Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Manajemen, 6(4).

Amsari, S., & Sari, D. P. (2022, March). Consumer Factors In Deciding To Purchase Online At Shopee E-Commerce During The Covid-19 Pandemic. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, Pp. 174-182).

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ayuningtias dan Ekawati. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20 (1).

Bara, A., Affandi, F., Farid, A. S., & Marzuki, D. I. (2021). The Effectiveness Of Advertising Marketing In Print Media During The Covid 19 Pandemic In The Mandailing Natal Region. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal) Vol, 4(1), 879-886.

Daryanto. (2012). Pendidikan kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media.

Dianto, D., & Idawati, I. (2020, September). Business Education Funding Partnership. In Proceeding International Conference On Language And Literature (Ic2lc) (Pp. 336-344).

Edi, S., Saputra, J., & Husna, A. (2022). Mekanisme Pasar Dala Konteks Islam. Jurnal Emt Kita, 6(1), 1-6.

Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021, November). Melatih Pelaku Umkm Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Di Dusun Vii Manunggal. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Ginting, N. (2020, February). Equity And Equality In Education Financing. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 209-216).

Hariani, P. P., Rahmayati, R., & Mujiatun, S. Model Bisnis Islamic Financial Technology Produk Bank Syariah Di Kota Medan. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 4(2), 69-81.

Hayati, I., & Handika, W. (2021). The Influence Of Brand Awareness On Purchasing Decisions Of 212 Sharia Cooperative Members. International Journal Of Islamic And Social Sciences (Isos), 1(3), 83-88.

Limbong, I. E. (2021). Aspek Finansial Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (Jurkam), 1(3), 147-154.

Pradesyah, R. (2016). Analisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Total Penjualan, Dan Laba Bersih Terhadap Kinerja Harga Saham Panin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Pradesyah, R., & Bara, A. L. (2019). Analisis Sistem Pengawasan Mui Terhadap Hotel Syariah Di Kota Medan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1).

Qorib, M. (2021). Pembingan Dan Penguji. Kumpulan Berkas Kepangkatan Dosen.

Sulasmi, E. (2021). Buku Manajemen Dan Kepemimpinan. Aksaqila Jabfung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats