FaktorFaktor Penyebab Kurangnya Minat Masyarakat Menabung Di Bmt Madani Sumatera Utara (Studi Kasus Masyarakat Tembung Pasar IX)

Dima Yulia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kurangnya minat masyarakat menabung di Bmt Masyarakat Madani Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 8 responden. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi secara langsung pada objek penelitian, wawancara dan kepustakaan. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor Penyebab Kurangnya Minat Masyarakat Menabung Di BMT Masyarakat madani sumatera utara terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal yang mana faktor internal terdiri dari persepsi, kepercayaan daan pengetahuan. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor promosi dan fasilitas.

Keywords


Minat, Masyarakat, Bmt Masyarakat Madani Sumatera Utara.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik. Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara. 2013.

Hadi, Sutrisno, Metode Research. Yopgyakarta: Andi Offset. 1989.

Koentjaraningrat, Metode-Metode Penelitian masyaakat, Edisi Revisi III, Jakarta:Gramedia Pustaka Utama. 1997.

Huda, Nurul dan Heykal, Mohamad.Lembaga Keuangan Islam: tinjauan teoretis dan praktis, Cetakan I. Jakarta: kencana. 2010.

Uhar Suharsaputra, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2018.

JURNAL

Amini, A., & Ginting, N. (2020). Otonomi Pendidikan di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah). Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 305-314.

Butar-Butar, A. J. R. (2020). Esai-Esai Astronomi Islam. KUMPULAN BUKU DOSEN.

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Mengenal Karya-Karya Ilmu Falak Nusantara; Transmisi, Anotasi, Biografi. LKIS PELANGI AKSARA.

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Khazanah Peradaban Islam di Bidang Turats Manuskrip (Telaah Karakteristik, Konstruksi dan Problem Penelitian Naskah-naskah Astronomi). Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 1(1).

Butar-Butar, A. J. R., & Setiawan, H. R. (2018). Pengakurasian Arah Kiblat Di Lingkungan Cabang Muhammadiyah Medan Denai. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 4(1).

Butar-Butar, A. J. R., & Raisal, A. Y. ASTRONOMI ISLAM.

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, A., & Panggabean, H. S. (2021). MEMPERKUAT NALAR TEOLOGI ISLAM MODERAT DALAM MENYIKAPI PANDEMI COVID-19 DI PIMPINAN RANTING PEMUDA MUHAMMADIYAH BANDAR PULAU PEKAN. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Qorib, M. (2018). Dakwah Di Tengah Pluralitas Masyarakat. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 315-333.

QORIB, M., & JULIANDI, A. (2018). ISLAMIC ORGANIZATIONAL CULTURE MODEL DALAM PERUSAHAAN BISNIS ISLAM. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Qorib, M. (2019). Aspek Sosial-Intelektual Observatorium dalam Islam. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 5(1).

Qorib, M. (2017). Ahmad Syafii Maarif: Kajian Sosial-intelektual dan Model Gagasan Keislamannya. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(2), 66-92.

Qorib, M. (2018). TEOLOGI CINTA [Implementasi Doktrin ISlam di Ruang Publik]. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Zailani, Z., & Ginting, N. (2019). Pembinaan Pelaksanaan Fardu Kifayah dan Pelatihan Imam Anggota Muhammadiyah (Studi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Deli). IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats