Konsep Distribusi dalam Perspektif Islam Guna Mewujudkan Keadilan Pendapatan Ekonomi Masyarakat

Rizky Padlan

Abstract


Di dalam kehidupan masyarakat yang ada pada saat ini dapat diliahat bahwa terjadinya kesenjangan sosial yang diakibatkan oelh ketidak adilan dalam distribusi pendapatan. Di beberapa negara fenomena ini selalu menjadi sebuah toopik pembicaran yang sangat penting, akan tetapi para petinggi negara selalu memandang sebelah mata terhadap fenomena ini. Seharusnya pemerintah dapat memperhatikan permasalahan ini dengan memahami dan membuat sebuah konsep distribusi pendapatan yang adil dan meng-implemtasikan sistem ekonomi islam dengan tujuan agar tidak adanya kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat. Metode yang digunakan pada penelitian ialah dengan menggunakan metode keputakaan (library research), yaitu penelitian dengan mencari informasi dari buku, jurnal, artikel, dan basis data yang relean dengan topik penelitian. Di dalam islam upaya untuk tercapainya keadilan dan kesejahteran dalam masyarakat sangat ditekankan melalui distribui pendapatan yang adil, islam juga menganjurkan agar memberikan sebagian pendapatan yang dimiliki untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Islam juga mendorong konsep zakat, infaq dengan tujuan dapat mengurangi kesenjangan sosial yang ada di masyarakat.

Keywords


distribusi; adil; kesenjangan; ketimpangan; kemiskinan

Full Text:

PDF

References


Hidayatullah, M. S., & Ulfi, I. (2021). Konsep Distribusi Islam Sebagai Solusi Atas Masalah-Masalah Ekonomi. UG Journal, 14(10), hal. 3-8.

Huda, Nurul. (2017). Ekonomi Pembangunan Islam. K E N C A N A, hal. 10.

Ibrahim, I., Amelia, E., Akbar, N., dkk. (2021). Pengantar Ekonomi Islam. Bank Indonesia. 55.

Idri. (2017). Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi. K E N C A N A, hal. 128.

Madnasir, M. (2011). Distribusi dalam Sistem Ekonomi Islam. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), hal. 57-61.

Michael P, T., Subekti, A. (1995). Ekonomi untuk negara-nrgara berkembang pengantar prinsip, masalah dan kebijakan untuk pembangunan. Jakarta: Bumi Aksara, hal. 209.

Muslihati. (2019). Konsep Distribusi Islam Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Pendapatan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Iqtisaduna, 5(2), hal. 257.

Nasuka, M. (2021). Pengantar Ekonomi Islam. UNISNU Press, hal. 17.

Oktaviani, N., Rengganis, S. P., & Desmawan, D. (2022). PENGARUH KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2017-2021. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 1(3), hal. 180.

Rahmawaty, A. (2013). Distribusi Dalam Ekonomi Islam Upaya Pemerataan Kesejahteraan Melalui Keadilan Distributif. Equilibrium, 1(1), hal. 7-8.

Riyadi, R., & Ghuzini, D. (2022). Ketimpangan pendidikan dan pendapatan serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Jurnal Kependudukan Indonesia, 16(2), hal. 141-143.

Sulistiani, S. L. (2017). Distribusi Dalam Ekonomi Islam Untuk Pembangunan Negara Menurut Baqir Ash-Shadr Dan M Abdul Mannan. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1, hal. 137-138.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats