Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Membentuk Karakter Berani dan Mandiri oleh Pendidik di SD 112140 Rantauprapat

Fina Safitri Nasution

Abstract


Dalam setiap sekolah tentunya mempersiapkan perencanaan pendidikan yang berbeda, bergantung pada kemampuan dan kompetensi guru pelajaran yang merancang RPP nya. Perencanaan tersebut memudahkan guru maupun sekolah dalam menentukan hasil dari proses pembelajaran yang akan dilakukan. Baik dari segi indikator pencapaian maupun tujuan pembelajaran akan menunjukkan fokus utama nilai karakter akan dicapai. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berdasarkan wawancara untuk mendapatkan data valid dari Informan. Data yang diperoleh berupa transkrip wawancara yang kemudian dianalisis dan dikelompokkan berdasarkan topik pembahasan yang disampaikan oleh narasumber. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Membentuk Karakter Berani dan Mandiri oleh Pendidik di SDN 112140 Rantauprapat.Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa penanaman karakter siswa- siswi tidak hanya berfokus pada saat proses belajar mengajar di kelas. Penanaman karakter dapat juga dilakukan dengan merancang kegiatan sekolah yang menuntut siswa untuk berani tampil didepan umum. Menyampaikan argumen, membacakan soal, bernyanyi, berhitung dan membaca ayat di depan seluruh siswa saat berada di lapangan seperti yang dilakukan oleh sekolah ini termasuk kegiatan yang menumbuhkan karakter berani pada siswa.

Keywords


perencanaan; pendidikan; karakter

Full Text:

PDF

References


Baginda, Mardiah. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra 10(2), 112.

Ichsan, Fauqa Nuri. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 4(3), 541551.

Fatmah, Nirra. (2018). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan. Vol. 29 No. 2, 369387.

Fanreza, R., & Pasaribu, M. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik.

Jf, N. Z. (2017). Upaya meningkatkan karakter kemandirian anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan menggunakan media audio-visual di tk it zia salsabila kecamatan Percut Sei Tuan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

AKRIM, A. (2022). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (Belajar Pai Mencetak Karakter Siswa). Aksaqila Jabfung.

Arafah, A., & Pohan, S. (2023). Peran Guru Agama dalam Pengembangan Kreativitas Siswa di Anuban Muslim Songkhla School. Journal on Education, 5(3), 6263-6276.

Harfiani, R. (2018, July). Building Students Characters By Habituation of Practicing Hadith Using Star Calendar Media. In 2018 3rd International Conference On Education, Sports, Arts And Management Engineering (Icesame 2018) (pp. 117-120). Atlantis Press.

Arafah, A., & Pasaribu, M. (2021, February). The Role Of Sd Negeri 102052 Bagan Kuala Teachers In Shaping Student Character During The Covid-19 Pandemic. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 249-256).

Sitepu, M. S., Sitepu, J. M., & Wicaksono, S. (2021). Effect Of Scouting Extracurricular Toward Character Values Of Students At Sdn Gedanganak 01 District East Ungaran, Semarang Regency. Tadulako Social Science And Humaniora Journal, 2(1), 01-07.

Hafriani, R. (2017). The Increase In Love-Peace Character Education Through Teaching Hadits Memorization In 5-6 Year-Old Children. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 3(2), 41-49.

Fanreza, R. (2020, October). The Implementation Of Character Values Through Al-Islam And Kemuhammadiyahan At Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 01 Medan. In International Conference On Community Development (Iccd 2020) (pp. 272-274). Atlantis Press.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 174-187.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats