Pengaruh Marketing Berbasis Human Spirit Terhadap Kinerja Pemasaran pada Produk Multijasa (Studi Kasus pada BPRS Al-Washliyah Medan)

Riska Ameriza Putri

Abstract


Penelitian dengan judul Pengaruh Pemasaran Berbasis Human Spirit Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Produk Multijasa (Studi Kasus Pada BPRS Al Washliyah Medan). Bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran berbasis human spirit terhadap kinerja pemasaran pada BPRS Al-Washliyah Medan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Regresi Linear Sederhana. Kemudian teknik pengumpulan data dengan menyebar angket/kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel Pemasaran berbasis human spirit memiliki nilai signifikansi yang baik terhadap Kinerja Pemasaran dengan nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,005. Dinyatakan bahwa variabel pemasaran berbasis human spirit mampu mempengaruhi nasabah menjadi anggota Bprs Al Washliyah Medan dan variabel kinerja pemasaran mampu mempengaruhi karyawan dalam keputusannya dalam memasarkan produk-produk pada BPRS Al-Washliyah Medan.

Keywords


pemasaran berbasis human spirit; kinerja pemasaran

Full Text:

PDF

References


Akrim, A. (2020). Formation Of Qualified Bachelor Through Soft Skills In Extracurricular Activities Of University Of Muhammadiyah Sumatera Utara Students. Ijems: Indonesian Journal Of Education And Mathematical Science, 1(2), 147-155.

Akrim, A. (2022). Instrumen-Instrumen Penelitian Naskah Manuskrip Arab. Aksaqila Jabfung.

Al Butary, B., Yusuf, M. A., Diliyani, M., & Andriani, S. (2021, December). Pelatihan Pengelolaan Usaha Berbasis Syariah Pada Masa Covid 19 Di Desa Sementara Pantai Cermin Serdang BedagaiProvinsi Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pp. 1-7).

Albara, A., & Pradesyah, R. (2021). Pengelolaan Keuangan Masjid Berbasis Manajemen Keuangan Syariah Pada Pimpinan Cabang Muhammadiyah Batang Kuis. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43-53.

Al-Butary, B., Lubis, K. A., & Amalia, A. (2021). Pelatihan Manajemen Pengelolaan Organisasi Sosial Pada Majelis Pengajian Amal Bakti Medan. Bhakti Nagori (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 38-43.

Amalia, A. (2020). Pengaruh Kurs Nilai Tukar, Jumlah Uang Beredar, Dan Laju Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg). Journal Attanmiyah, 3(5).

Amalia, A., Zaini, O. K., Ramdani, S. H., & Sianturi, A. M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pemilihan Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Purwakarta (Studi Kasus Smp Full Day Al-Muhajirin Purwakarta). Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Manajemen, 6(4).

Amsari, S. (2021). Analisis Mekanisme Pembiayaan Dana Talangan Haji Pada Pt. Bank Bni Syariah Kantor Cabang Medan. Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 98-117.

Amsari, S., & Sari, D. P. (2022, March). Consumer Factors In Deciding To Purchase Online At Shopee E-Commerce During The Covid-19 Pandemic. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, Pp. 174-182).

Augusty, F. (2000). Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Strategy Research Paper Serie, No.01 Semarang Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Auliyah, P.N. (2018). Konsep Murabahah pada PT. BPRS Al-Wasliyah Medan, dalam e-jurnal.

Bara, A. (2018). Penyelesaian Non Performing Finance Di Lembaga Keuangan Syariah. Aghniya, 1(1), 1-13.

Bara, A., & Pradesyah, R. (2021, January). Mosque Financial Management In The Pandemic Covid 19. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 21-27).

Bara, A., Affandi, F., Farid, A. S., & Marzuki, D. I. (2021). The Effectiveness Of Advertising Marketing In Print Media During The Covid 19 Pandemic In The Mandailing Natal Region. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal) Vol, 4(1), 879-886.

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dianto, D., & Idawati, I. (2020, September). Business Education Funding Partnership. In Proceeding International Conference On Language And Literature (Ic2lc) (Pp. 336-344).

Djazuli H.A dan Yadi, J. (2002). Lembaga Lembaga Perekonomian Umat. Jakarta : Rajawali Press, September.

Edi, S., Saputra, J., & Husna, A. (2022). Mekanisme Pasar dalam Konteks Islam. Jurnal Emt Kita, 6(1), 1-6.

Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021, November). Melatih Pelaku Umkm Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Di Dusun Vii Manunggal. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Ginting, N. (2020, February). Equity And Equality In Education Financing. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 209-216).

Hafinudin, D. (2002). Manajemen Syariah dalam praktik, Jakarta: Gema Insani, 2002.

Hariani, P. P., Rahmayati, R., & Mujiatun, S. Model Bisnis Islamic Financial Technology Produk Bank Syariah Di Kota Medan. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 4(2), 69-81.

Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah cara Jitu Meningkatkan Pertumbuhan Pasar Bank Syariah, Bogor: Ghalia Indonesia,

Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2020). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh Pt. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).

Hayati, I. (2015). Hubungan Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pos Indonesia (Persero). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Umsu, 15(01).

Hayati, I. (2020). Laporan Kuliah Kerja Lapangan Strategi Kepala Bagian Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Bagian Tata Pemerintahan Kantor Bupati Labuhanbatu Utara.

Hayati, I., & Al Muddatstsir, U. D. (2019). Effects Of Customer Relationship Management On Customer Loyalty.

Hayati, I., & Handika, W. (2021). The Influence Of Brand Awareness On Purchasing Decisions Of 212 Sharia Cooperative Members. International Journal Of Islamic And Social Sciences (Isos), 1(3), 83-88.

Hayati, I., & Sari, A. M. (2019, March). The Effect Of Appraisal Performance On Employee Performance. In Multi-Disciplinary International Conference University Of Asahan (No. 1).

Hayati, I., Anisya, N. N., & Amsari, S. (2021, November). Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Daur Ulang Limbah Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, Pp. 1077-1082).

Ismail, Y.M. (2002). Menggagas Bisnis Islami, Jakarta: Gema Insani Press.

Lestari, I., & Amsari, S. (2020, February). The Communication Of Halal Tourism With Sharia Regulation In Increasing Income And Community Welfare In North Sumatra. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 453-464).

Limbong, I. E. (2021). Aspek Finansial Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (Jurkam), 1(3), 147-154.

Nasution, R. (2018). Analisis Pengaruh Label Halal Pada Produk Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Masyarakat Kota Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 227-248.

Nasution, S. (2021). Konsep Pariwisata Halal Berbasis Ekonomi Kreatif Dengan Sharia Regulation Dalam Meningkatan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 21(2), 250-261.

Pradesyah, R. (2016). Analisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Total Penjualan, Dan Laba Bersih Terhadap Kinerja Harga Saham Panin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Pradesyah, R., Susanti, D. A., & Rahman, A. (2021). Analisis Manajemen Keuangan Masjid Dalam Pengembangan Dana Masjid. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 4(2), 153-170.

Qorib, M. (2021). Pembingan Dan Penguji. Kumpulan Berkas Kepangkatan Dosen.

Qorib, M., Zailani, S. P. I., Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2022). Panduan Penulisan Skripsi Fai Umsu (Vol. 1). Umsu Press.

Rahmayati, R., Mujiatun, S., & Sari, M. (2022). Islamic Green Banking At Bank Pembangunan Daerah In Indonesia. Indonesian Interdisciplinary Journal Of Sharia Economics (Iijse), 5(1), 74-93.

Sari, D. C., Apino, E., Setiawan, A., Hamid, A., & Rulyansah, A. (2022, January). The Economic In International Islamic Education Strategy Collaboration: A Rapid Review. In International Conference On Social, Economics, Business, And Education (Icsebe 2021) (Pp. 25-28). Atlantis Press.

Setiawan, H. R. (2019). Cara Mudah Menguasai Microsoft Office 2017. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Sihotang, M. K., Hasanah, U., & Hayati, I. (2022). Model Of Sharia Bank Profitability Determination Factors By Measuring Internal And Externals Variables. Indonesian Interdisciplinary Journal Of Sharia Economics (Iijse), 5(1), 235-251.

Sihotang, M. K., Hasanah, U., & Nst, R. (2021). Penguatan Pemahaman Keuangan Syariah Bagi Guru Dan Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).

Sirait, F. Y. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Al-Maun Dalam Pengembangan Kelembagaan Muhammadiyah Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: Lazismu Kota Medan) (Doctoral Dissertation, Umsu).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats