Analisis Pengetahuan Business Model Canvas (BMC) pada Mahasiswa Semester VIII Program Studi Manajemen Bisnis Syariah FAI UMSU

Suci Ramadhani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pemahaman mahasiswa semester VIII Program Studi Manajemen Bisnis Syariah FAI UMSU tentang konsep business model canvas (BMC); dan (2) Seberapa banyak mahasiswa semester VIII Program Studi Manajemen Bisnis Syariah FAI UMSU yang memahami business model canvas (BMC). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa semester VIII Program Studi Manajemen Bisnis Syariah FAI UMSU masih menganggap bahwa business model canvas (BMC) adalah sama dengan proposal bisnis; dan (2) Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah FAI UMSU belum paham sepenuhnya mengenai business model canvas (BMC).

Keywords


pemahaman; business model canvas (bmc)

Full Text:

PDF

References


Agussani, A., & Akrim, A. (2020). Enhancing Social Performance Of Ngos Operation In Indonesia Through External Positive Pressure: Mediating Role Of Orientation Dimensions And Sustainable Practices. Journal Of Security And Sustainability Issues, 10 (October), 108-122.

Agustina, I., Nasrudin, N., Putra, S., Akrim, A., & Maharani, D. (2020). The Effect Of Moodle Implementation In English For Multimedia Classroom On Students Achievement In Reading And Writing.

Akrim, A. (2022). Covid-19 Dan Kampus Merdeka Di Era New Normal (Ditinjau Dari Perspektif Ilmu Pengetahuan). Aksaqila Jabfung.

Al Butary, B., Yusuf, M. A., Diliyani, M., & Andriani, S. (2021, December). Pelatihan Pengelolaan Usaha Berbasis Syariah Pada Masa Covid 19 Di Desa Sementara Pantai Cermin Serdang BedagaiProvinsi Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pp. 1-7).

Albara, A., & Pradesyah, R. (2021). Pengelolaan Keuangan Masjid Berbasis Manajemen Keuangan Syariah Pada Pimpinan Cabang Muhammadiyah Batang Kuis. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43-53.

Amalia, A. (2020). Pengaruh Kurs Nilai Tukar, Jumlah Uang Beredar, Dan Laju Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg). Journal Attanmiyah, 3(5).

Amalia, A., Zaini, O. K., Ramdani, S. H., & Sianturi, A. M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pemilihan Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Purwakarta (Studi Kasus Smp Full Day Al-Muhajirin Purwakarta). Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Manajemen, 6(4).

Amini, A., Pane, D., & Akrim, A. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148-11159.

Amsari, S. (2021). Analisis Mekanisme Pembiayaan Dana Talangan Haji Pada Pt. Bank Bni Syariah Kantor Cabang Medan. Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 98-117.

Amsari, S., & Sari, D. P. (2022, March). Consumer Factors In Deciding To Purchase Online At Shopee E-Commerce During The Covid-19 Pandemic. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, Pp. 174-182).

Asmuni dan Mujiatun, S. (2013). Bisnis Syariah, Medan: Perdana Publishing, 2013.

Assauri, S. (2016). Strategic Manajement, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Awaluddin, M. (2017). Pengaruh Kepribadian Entreprenuership Islam dan Akses Informasi Terhadap Strategi Bisnis dan Kinerja Bisnis Usaha Kecil di Kota Makassar, Jurnal Iqtisaduna, 3(1).

Bara, A. (2018). Penyelesaian Non Performing Finance Di Lembaga Keuangan Syariah. Aghniya, 1(1), 1-13.

Bara, A. L., & Pradesyah, R. (2020, February). Analysis Of The Management Of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City Of Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 617-623).

Bara, A., & Pradesyah, R. (2019). Analisis Pengaruh Deposito Mudharabah Dan Tabungan Mudharabah Terhadap Pemberian Pembiayaan Umkm. Al-Muamalat Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 4(2), 141-157.

Bara, A., & Pradesyah, R. (2021, January). Mosque Financial Management In The Pandemic Covid 19. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 21-27).

Bara, A., Affandi, F., Farid, A. S., & Marzuki, D. I. (2021). The Effectiveness Of Advertising Marketing In Print Media During The Covid 19 Pandemic In The Mandailing Natal Region. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal) Vol, 4(1), 879-886.

Dianto, D., & Idawati, I. (2020, September). Business Education Funding Partnership. In Proceeding International Conference On Language And Literature (Ic2lc) (Pp. 336-344).

Edi, S., Saputra, J., & Husna, A. (2022). Mekanisme Pasar Dalam Konteks Islam. Jurnal Emt Kita, 6(1), 1-6.

Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021, November). Melatih Pelaku Umkm Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Di Dusun Vii Manunggal. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Ginting, N. (2020, February). Equity And Equality In Education Financing. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 209-216).

Hariani, P. P., Rahmayati, R., & Mujiatun, S. Model Bisnis Islamic Financial Technology Produk Bank Syariah Di Kota Medan. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 4(2), 69-81.

Hartanto, D., Dalle, J., Akrim, A., & Anisah, H. U. (2021). Perceived Effectiveness Of E-Governance As An Underlying Mechanism Between Good Governance And Public Trust: A Case Of Indonesia. Digital Policy, Regulation And Governance.

Hartatik dan Baroto, T. Strategi Pengembangan Bisnis dengan Menggunakan Business Model canvas (BMC), Jurnal Teknik Industri, 18(2).

Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2020). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh Pt. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).

Hayati, I. (2015). Hubungan Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pos Indonesia (Persero). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Umsu, 15(01).

Hayati, I. (2020). Laporan Kuliah Kerja Lapangan Strategi Kepala Bagian Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Bagian Tata Pemerintahan Kantor Bupati Labuhanbatu Utara.

Hayati, I., & Al Muddatstsir, U. D. (2019). Effects Of Customer Relationship Management On Customer Loyalty.

Hayati, I., & Handika, W. (2021). The Influence Of Brand Awareness On Purchasing Decisions Of 212 Sharia Cooperative Members. International Journal Of Islamic And Social Sciences (Isos), 1(3), 83-88.

Hayati, I., & Sari, A. M. (2019, March). The Effect Of Appraisal Performance On Employee Performance. In Multi-Disciplinary International Conference University Of Asahan (No. 1).

Hayati, I., Anisya, N. N., & Amsari, S. (2021, November). Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Daur Ulang Limbah Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, Pp. 1077-1082).

Khaira, M. (2019). Perilaku Bisnis Muhammad Saw Sebagai Entrepreneur Dalam Filsafat Ekonomi Islam. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 3(6).

Kholil, S., Nasution, H., & Amini, N. R. (2021). Organizational Communication Model On The Implementation Of The Sakinah Aisyiyah Family Sumatera Utara. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 4(1), 1558-1568.

Lestari, I., & Amsari, S. (2020, February). The Communication Of Halal Tourism With Sharia Regulation In Increasing Income And Community Welfare In North Sumatra. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 453-464).

Moleong, J. L. (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda.

Morissan. (2019). Riset Kualitatif, Jakarta: Prenadamedia Group.

Nasution, R. (2018). Analisis Pengaruh Label Halal Pada Produk Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Masyarakat Kota Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 227-248.

Nasution, S. (2021). Konsep Pariwisata Halal Berbasis Ekonomi Kreatif Dengan Sharia Regulation Dalam Meningkatan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 21(2), 250-261.

Nasution, S., & Mujiatun, S. (2020, February). Influences Of Collective Action And Communication On Welfare Of Muhammadiyah Members (A Case Study Of Muhammadiyah Charity Institutions Leaders In Medan). In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 446-452).

Nasution, S., Amsari, S., & Lestari, I. (2020, October). The Use Of Malay Cultural Values In Improving The Malay Economic Society (Case Of Malay Figures In Medan). In Proceeding International Conference On Language And Literature (Ic2lc) (Pp. 44-50).

Nasution, U. R., & Edi, S. (2022). Analysis Of Mustahik Welfare Improvement Strategy Through Msme Utilization Program By Lazismu Medan City. Al-Muhtarifin: Islamic Banking And Islamic Economic Journal, 1(1), 31-43.

Pradesyah, R. (2016). Analisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Total Penjualan, Dan Laba Bersih Terhadap Kinerja Harga Saham Panin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Pradesyah, R., Susanti, D. A., & Rahman, A. (2021). Analisis Manajemen Keuangan Masjid Dalam Pengembangan Dana Masjid. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 4(2), 153-170.

Qorib, M. (2021). Pembingan Dan Penguji. Kumpulan Berkas Kepangkatan Dosen.

Qorib, M., Zailani, S. P. I., Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2022). Panduan Penulisan Skripsi Fai Umsu (Vol. 1). Umsu Press.

Rahmayati, M. E. I. (2020). Sukuk As A Model For Infrastructure Financing Published By Bumn Companies. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1(1).

Rahmayati, R. (2021). Strengthening Islamic Banking Services In Indonesia Through Blockchain Technology: The Anp-Step Approach. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 7(2), 259-272.

Rahmayati, R. (2021, August). Accelerate Ecosystem Development Financial Services Sector. In Annual Conference Of Ihtifaz: Islamic Economics, Finance, And Banking (Vol. 2, No. 2, Pp. 235-243).

Rahmayati, R., Mujiatun, S., & Sari, M. (2022). Islamic Green Banking At Bank Pembangunan Daerah In Indonesia. Indonesian Interdisciplinary Journal Of Sharia Economics (Iijse), 5(1), 74-93.

Sari, D. C., Apino, E., Setiawan, A., Hamid, A., & Rulyansah, A. (2022, January). The Economic In International Islamic Education Strategy Collaboration: A Rapid Review. In International Conference On Social, Economics, Business, And Education (Icsebe 2021) (Pp. 25-28). Atlantis Press.

Sihotang, M. K. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Profitabilitas Pada Pt. Bank Syariah Mega Indonesia (Doctoral Dissertation, Pascasarjana Uin Sumatera Utara).

Sihotang, M. K. (2021). The Effect Of Financing To Deposit Ratio (Fdr) And The Money Supply On Profitabilitas In Sharia Business Unit For The 2016-2020 Period. Iqtishaduna, 12(2), 304-313.

Sihotang, M. K. (2021, November). Pengaruh Pembiayaan Murabahah Terhadap Pendapatan Umkm Pada Bmt Amanah Ray. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, Pp. 1220-1229).

Sihotang, M. K., Hasanah, U., & Hayati, I. (2022). Model Of Sharia Bank Profitability Determination Factors By Measuring Internal And Externals Variables. Indonesian Interdisciplinary Journal Of Sharia Economics (Iijse), 5(1), 235-251.

Sihotang, M. K., Hasanah, U., & Nst, R. (2021). Penguatan Pemahaman Keuangan Syariah Bagi Guru Dan Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).

Silalahi, P. R., Hafizh, M., Nasution, S., & Sugianto, S. (2021). Psychology Of Muslim Investors In Stock Investment During Covid-19 Pandemic. Tazkia Islamic Finance And Business Review, 14(1).

Sulasmi, E. (2021). Buku Manajemen Dan Kepemimpinan. Aksaqila Jabfung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats