Akibat Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Mts Fastabiqul Khairat

Nurmala Nurmala

Abstract


Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTs Fastabiqul Khairat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas VII B yang berjumlah 30 orang siswa sebagai populasi dan sampel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu: angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis kuantitatif dengan uji hipotesis. Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien product moment dengan tabel nilai r product moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa = 0,540 lebih besar dari pada baik itu dari taraf signifikan 5% (0,361) dan 1% (0,463) dengan formulasi bandingan yaitu 0,540 ? 0,361 dan 0,463, Maka ( ) diterima. dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak MTs Fastabiqul Khairat Paluh Kurau Kec.Hamparan Perak.

Keywords


model talking stick; keaktifan belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Akrim, A. (2019). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (Belajar Pai Mencetak Karakter Siswa). Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(1), 135-154.

Khairiah, N., Nurzannah, N., & Harisman, H. (2018). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Penanaman Nilai-Nilai Good Governance Sebagai Upaya Pencegahan Korupsi Pada Mahasiswa Di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.

Tanjung, E. F. (2022). [BUKU] PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats