Akibat Penggunaan Metode Tsaqifa Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran Al-Quran di SMP Rahmat Islamiyah Medan

Rahmawati Br Perangin-Angin

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan membaca alquran siswa di SMP Rahmat Islamiyah Medan, Penggunaan Metode Tsaqifa ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam membaca alquran sebelum dan sesudah menggunakan metode tsaqifa serta mengetahui pengaruh penggunaan metode tsaqifa terhadap kemampuan membaca alquran siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 15 orang siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu Tes dan Observasi, menggunakan Pre Test dan Post Test. Dari hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai r product moment pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,825 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikansi 5% dan 1% (0,514 dan 0,641) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,825 ? 0,514 dan 0,641 ). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Metode Tsaqifa terhadap kemampuan membaca Alquran siswa mata pelajaran Alquran Kelas VIII di SMP Rahmat Islamiyah Medan.

Keywords


tsaqifa method; ability to read the alquran

Full Text:

PDF

References


Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Bahri, S. (1993). Cepat Pintar Membaca Menulis Alquran, Jakarta: Bumi Aksara.

Carlina, A. (2021). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur'an (Vol. 1). Umsu Press.

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Limbong, I. E., & Ginting, N. (2021). Pengaruh Kemampuan Baca Alquran Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri Barus Kab. Tapanuli Tengah. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(1), 35-44.

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats