Penanaman Nilai Karakter Keagamaan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal

Citra Hasanah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kurangnya penanaman nilai karakter peserta didik untuk menerapkan perilaku religius dalam dirinya terkhusus pada pembelajaran pendidikan agama islam. Dengan permasalahan tersebut maka penulis mengidentifikasi masalah berupa: (1) adanya tingkat kesadaran peserta didik yang masih rendah dalam menerapkan perilaku religius, (2) Masih rendahnya prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Penerapan pendidikan karakter keagamaan yang dinilai belum dilaksanakan secara efektif, dan (4) Berbagai masalah yang berkaitan dengan karakter peserta didik yang sangat mengkhawatirkan masyarakat.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar sekolah SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter keagamaan peserta didik terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Adapun bentuk karakter yang ditanamkan kepada peserta didik pada mata pelajaran PAI yaitu, religius, disiplin, jujur, kerja keras, toleransi, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat komunikasi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dimana semua nilai karakter tersebut mesti tercantum dalam setiap proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun untuk mencapai penanaman nilai-nilai karakter keagamaan peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam, maka beberapa metode yang digunakan berupa metode pembiasaan, metode nasihat, metode pemberi perhatian, serta metode hukuman.

Keywords


mata pelajaran pendidikan agama islam (pai); karakter keagamaan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S, Ridwan dan Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara.

Abuddin, N. (2012). Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ahmad, T. (1996). Pendidikan Agama Dalam Keluarga, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Akrim, A. (2019). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (Belajar Pai Mencetak Karakter Siswa). Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Akrim, A. (2020). The Factors That Affecting Students Learning Difficulties In The Islamic Eduction Subject. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 12(2), 151-170.

Akrim, A., & Dalle, J. (2021). Mobile Phone and Family Happiness, Mediating Role of Marital Communication: An Attachment Theory Perspective. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 15(21), 107-118.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Anggito, A dan Setiawan, J.(2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV Jejak

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Prenadamedia Group

Carlina, A. (2021). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur'an (Vol. 1). Umsu Press.

Delita, F. (2020). Perencanaan Pembelajaran Geografi, Sukabumi: Haura Publishing.

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madarasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Dianto, D. Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Muhamammadiyah 1 Medan. Intiqad, 9(1), 268774.

Ginting, N., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Harfiani, R. (2018, July). Building Students Characters By Habituation Of Practicing Hadith Using Star Calendar Media. In 2018 3rd International Conference On Education, Sports, Arts And Management Engineering (Icesame 2018) (Pp. 117-120). Atlantis Press.

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 333-339).

Khairiah, N., & Nurzannah, N. (2020). Many Ways To Internalize Islamic Values Implemented In Indonesia. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 3(4), 3956-3967.

Limbong, I. E., & Ginting, N. (2021). Pengaruh Kemampuan Baca Alquran Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri Barus Kab. Tapanuli Tengah. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(1), 35-44.

M. Nasir, B. (2001). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur?an, Jakarta: Madani Press.

M. Nasir, B. (2001). Pendidikan Islam Perspektif Al-Quran, Jakarta: Medan Perss

M. Ngalim, P. (2007). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 174-187.

Muhaimin. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurzannah, A., & Daulay, M. Y. (2017). Akidah Dan Akhlak.

Nurzannah, H. P. D. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Di Man 1 Medan. Journal Analytica Islamica, 7(2), 148-165.

Nurzannah, N., & Estiawani, P. (2021). Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Quran. Ar-Rasyid: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45-53.

Nurzannah, N., & Setiawan, H. R. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sd (Pembuatan Media Evaluasi Pembelajaran Online). Jces (Journal Of Character Education Society), 3(2), 299-310.

Nurzannah, N., Daulay, M. Y., & Ginting, N. (2021). Map Of The Needs Of Umsu Students On Al-Islam And Muhammadiyah Curriculum. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 777-791.

Pasaribu, M. (2018, July). The Perception Of Sex For Teenager And Application Of Behavior: A Case Study At Department Of Islamic Education Of University Of Muhammadiyah Sumatera Utara. In 2018 3rd International Conference On Education, Sports, Arts And Management Engineering (Icesame 2018) (Pp. 228-230). Atlantis Press.

Pasaribu, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Istiqlal Delitua (Doctoral Dissertation, Umsu).

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education At Special School In North Sumatra. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335-1347.

Prasetia, I., Akrim, S. N. P., & Pratiwi, S. N. (2020). Lecturer Competency Development Model in Designing a Line Learning Resources in University of Muhammadiyah Sumatera Utara. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4).

Qorib, M. (2014). Reaktualisasi Moralitas Agama (Islam) Dalam Proses Perubahan Masyarakat.

Salleh, M. S., Qorib, M., Hanapi, M. S., Mahalli, K., & Manurung, S. (2014). Islamisasi Pembangunan. Umsu Press.

Setiawan, H. R. (2018). Nurzannah, Media Pembelajaran Teori Dan Praktek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats