Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Agresif pada Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah Kelurahan Glugur Darat II Kota Medan

Sulistia Ksumawardani

Abstract


Perilaku agresif adalah bentuk perilaku yang bersikap menyerang, baik itu secara fisik juga verbal dengan tujuan untuk mencapai sesuatu yang diinginkan tanpa memikirkan akibat dari yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor faktor yang mempengaruhi perilaku agresif pada anak usia dini di lingkungan sekolah Kelurahan Glugur Darat II Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif Deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Asosiatif atau hubungan penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dan Analisis Faktor. Pengolahan data menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Eigenvalue Component 1 sebesar 1,429 > 1 maka menjadi faktor 1 dan mampu menjelaskan 28,584% variasi. Sedangkan nilai Eigenvalue Component 2 sebesar 1,286 > 1 maka menjadi faktor 2 dan mampu menjelaskan 25,718% variasi. Dan nilai Eigenvalue Component 3 sebesar 1,072 > 1 maka menjadi faktor 3 dan mampu menjelaskan 21,536% variasi. Jika faktor 1, faktor 2 dan faktor 3 dijumlahkan, maka mampu menjelaskan 75,738% variasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor biologis, pola asuh orang tua dan peran guru, memiliki pengaruh besar terhadap perilaku agresif pada anak usia dini di lingkungan sekolah kelurahan Glugur Darat II Kota Medan.

Keywords


perilaku agresif; lingkungan sekolah

Full Text:

PDF

References


Amini, N. (2018). Penerapan Permainan Balok Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Al-Azhar 14 Lampung Selatan (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Amini, N., & Naimah, N. (2020). Faktor Hereditas Dalam Mempengaruhi Perkembangan Intelligensi Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 7(2), 108-124.

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119-129.

Fatimah. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Pt. Raja Grafindo Persada.

Harfiani, R. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Inklusif Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus: Ra. An-Nahl, Jakarta) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(1), 135-154.

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(1), 135-154.

Heru, K Dan Bunda, S.(1987). Cara Terbaik Mendidik Anak Dalam Mengatasi Berbagai Persoala. Yogyakarta: Kanisusu.

Jf, N. Z. (2017). Upaya Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio-Visual Di Tk It Zia Salsabila Kecamatan Percut Sei Tuan (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2020). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Paud. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 1-16.

Jf, N. Z., & Sukiman, S. (2020). Pengembangan Media Flipchart Bertemakan Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak Di Tkit Zia Salsabila Medan. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 88-109.

Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori Dan Strateginya. Merdeka Kreasi Group.

Kristianto, A. (2009). Perilaku Agresif Anak Anak Perkampungan Sosial Pingit Yayasan Sosial Soegijapranata (PSP YSS), dalam Skripsi. Yogyakarta.

Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini. Magelang: Prenadamedia Group.

Masitah, W. (2016). Pendidikan Inklusif Anak Usia Dini.

Masitah, W. (2018). Impact Of Habituation Methods On Children Moral And Social Emotional Development. 5374, 3033.

Masitah, W. (2021, January). Parenting Is A Form Of Children's Moral. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 156-165).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Ibm Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru Raudhatul Athfal Di Kecamatan Patumbak. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 134-155.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orang Tua Peguyuban Tk Amanah Marindal. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Masitah, W., & Sitepu, J. M. (2021). Development Of Parenting Models In Improving Children's Moral Development. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 769-776.

Masitah, W., & Wahyuni, N. Application Of 2013 Curriculum In Improving Children's Partnership Through Montessori Method In Al Falah Rhaudatul Athfal Tapanuli Utara.

Masitah, W., Fadilatul, F., & Lubis, A. (2021, June). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, Pp. 428-433).

Mayangsari, D dan Yuliandari, F. (2019). Faktor Penyebab Agresivitas Verbal Anak Usia Dini Yang Bersekolah di Daerah Pesisir Bangkalan, dalam Prosiding Seminar Nasional, vol. Fakultas Pendidikan Psikologi: Aula CI.

Nadhirah, Y.F. (2017). Perilaku Agresi Pada Anak Usia Dini, dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).

Nasution R.N.B. (2017), Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. (Program Studi Pendidikan Raudathul Athfal /Pgra), 5 (2).

Nasution, M dan Sitepu, J.M. (2018). Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor, dalam Intiqad, 10.

Nugraheni, L dan Christiana, E. (2013). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Agresif Anak Usia Dini Dan Penanganan Konselor Di Tk Bina Anak Sholeh (Bas) Tuban, dalam Jurnal BK UNESA, 4(1).

Nurbiana, D Dkk. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta Universitas Terbuka.

Nursiani, M. Syukri, M. Chiar, Implementasi Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kpercayaan Diri Anak. (Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fkip Untan).

Primanisa, R., & Jf, N. Z. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1).

Qorib, M., Zailani, Z., Radiman, R., Amrizal, A., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Astronomi Rasi Bintang Untuk Anak Usia Dini. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 7(2), 162-168.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats