Dampak Penggunaan Metode Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi

Ummi Salamah Pulungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa, dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode reciprocal teaching dengan siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi Kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa pada kelas VII-2 untuk kelas eksperimen, dan juga berjumlah 33 siswa VII-1 pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Purposive yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru, instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes (pretest-posttest) yang berjumlah 22 soal dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penelitian menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode reciprocal teaching yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada pembelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan metode yang digunakan. Hal ini terbukti dari deskripsi data pretest, ketika belum diterapkannya metode reciprocal teaching di kelas eksperimen mendapatkan hasil mean kelas x= 47,2 dan kelas kontrol x= 48,3. Namun setelah diberikan perlakuan x posttest kelas eksperimen mencapai x= 75,3 dan kelas kontrol x= 70,5. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai thitung = 5,39 dan t tabel = 0,05 (1,69). Sehingga thitung (5,39 >1,69).

Keywords


metode reciprocal teaching; hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Abrianto, D., Setiawan, H. R., & Fuadi, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Di Mts. Swasta Teladan Gebang Kab. Langkat. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 283-298.

Akrim, A., & Adhani, A. (2021). Interactive Effects Of Stoicism And Religious Coping On Psychological Distress, Fatigue And Intercultural Communication: Muslim Health Workers In Bali. Journal Of Ethnic And Cultural Studies, 8(4), 214-237.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model And Textbook Integrated To Spiritual And Social Competence Of Math Subject For Grade Vii In State Junior High School Of Medan. Proceeding Of Icmse, 3(1), M-97.

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily Learning Flow Of Inclusive Education For Early Childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Amiruddin, A., Qorib, M., & Zailani, Z. (2021). A Study Of The Role Of Islamic Spirituality In Happiness Of Muslim Citizens. Hts Teologiese Studies/Theological Studies, 77(4), 5.

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Djamarah, S.B Dan Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Reneka Cipta..

Fanreza, R. (2019, October). The Formation Of Students Akhlakul Karimah And Al-Islam And Muhammadiyah Studies At The Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Pp. 455-457). Atlantis Press.

Fanreza, R. (2020, October). The Implementation Of Character Values Through Al-Islam And Kemuhammadiyahan At Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 01 Medan. In International Conference On Community Development (Iccd 2020) (Pp. 272-274). Atlantis Press.

Ginting, N., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Gunawan, G., & Fanrenza, R. (2018, November). Motivation To Educate Lecturers In The Islamic Religion Faculty Of Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In Proceedings International Conference Bksptis 2018.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Hanafiah, N Dan Suhada, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Pt Refika Aditama.

Hanzah B, Uno. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harfiani, R. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Tk/Ra Dengan Metode Demonstrasi Di Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Fai Umsu 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 112-113.

Harfiani, R. (2019, October). Preparation Of Learning Implementation Plan Islamic Education For Early Childhood Based On Inclusive Education. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Vol. 349, Pp. 451-454). Atlantis Press.

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 333-339).

Hoimin, A. (2019). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hoimin, Aris. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Irianto, A. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi Dan Pengembangannya. Jakarta: Prenada Media Grup.

Irianty. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Juliani, J., & Pasaribu, M. (2021, February). Learning In The Covid Era And The Changes In Teaching And Learning Methods At Mts Nii Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 638-644).

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual konsep dan aplikasi. Revika Aditama: Bandung.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Mavianti, M., & Harfiani, R. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus: Slb Aisyiyah Tembung). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Nurhikmah, A. M. Z., & Pasaribu, M. (2021, February). Islamic Education In The Time Of Covid In Madrasah Ibtidaiyah Swasta Balige (Mis Balige). In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 257-263).

Nurzannah, N. (2021, February). Paradigm Of Associative Thinking Through A Scientific Approach In The 2013 Curriculum Concept. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 864-868).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats