Tata Kelola Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Smp Negeri 1 Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara

Wirda Lisa

Abstract


Pokok masalah skripsi ini adalah proses manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau, untuk mengetahui bagaimana pengorganisasian kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau, untuk mengetahui bagaimana evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Negeri 1 Marbau, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, staf tata usaha, staf administrasi dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sistem wawancara observasi serta pencermatan dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : Perencanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Marbau dilakukan dengan pembentukan tim pengembangan kurikulum yang ditetapkan kepala sekolah dengan melakukan rapat tenaga kerja akhir semester, guru wajib menyediakan silabus, program tahunan, program semester dan RPP. Pengorganisasian kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP negeri 1 Marbau menggunakan (subject curriculum) untuk mempermudah siswa mempelajari bahan pelajaran, pelaksanaan kurikulum di SMP Negeri 1 Marbau menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran berupa Contextual Teaching and Learning ( CTL). Evaluasi kurikulum di SMP Negeri 1 Marbau dilakukan dengan sistem pengawasan oleh dinas pendidikan terhadap sekolah untuk mengetahui pengembangan program pembelajaran. Setelah itu tim melakukan evaluasi yaitu hasil pembelajaran, kurikulum, sarana dan prasarana sekolah, SDM ( tenaga pendidik dan kependidikan.

Keywords


evaluasi; perencanaan kurikulum; manajemen; kualitatif

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. (2012) Evaluasi Pembelajaran; Konsep Dasar, Teori dan Aplikasi, Pustaka Rizki Putra, 2012.

Abrianto, D., Setiawan, H. R., & Fuadi, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Di Mts. Swasta Teladan Gebang Kab. Langkat. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 283-298.

Akrim, A., & Adhani, A. (2021). Interactive effects of Stoicism and religious coping on psychological distress, fatigue and intercultural communication: Muslim health workers in Bali. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 214-237.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model And Textbook Integrated To Spiritual And Social Competence Of Math Subject For Grade Vii In State Junior High School Of Medan. Proceeding Of Icmse, 3(1), M-97.

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily Learning Flow Of Inclusive Education For Early Childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail, dalam Ensiklopedia Hadits-Kitab 9 Imam. Lidwa Pusaka,

Amiruddin, A., Qorib, M., & Zailani, Z. (2021). A Study Of The Role Of Islamic Spirituality In Happiness Of Muslim Citizens. Hts Teologiese Studies/Theological Studies, 77(4), 5.

Arifin, Z. (2012). Konsep dan Model Pengembangan kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur,Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi, dan Inovasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asyhar. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Asyirint, G. (2010). Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi,, Yogyakarta: Persindo.

Azhari, M. (2017). Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Pondok Pesantren Ulumul Qur?an Stabat). Jurnal Ketua STAI Raudhatul Akmal Batang Kuis

Azisah, S. (2014). Guru dan Pengembangan Kurikulum berkarakter Implementasi pada Tingkat Satuan Pendidikan. Makassar:Alauddin University Press.

Chomaidi dkk. (2018). Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo,

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Fanreza, R. (2019, October). The Formation Of Students Akhlakul Karimah And Al-Islam And Muhammadiyah Studies At The Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Pp. 455-457). Atlantis Press.

Fanreza, R. (2020, October). The Implementation Of Character Values Through Al-Islam And Kemuhammadiyahan At Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 01 Medan. In International Conference On Community Development (Iccd 2020) (Pp. 272-274). Atlantis Press.

Ginting, N., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Gunawan, G., & Fanrenza, R. (2018, November). Motivation To Educate Lecturers In The Islamic Religion Faculty Of Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In Proceedings International Conference Bksptis 2018.

Hamdani, H. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Impelementasi Pembelajaran Daring Di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 1(4).

Harfiani, R. (2019, October). Preparation Of Learning Implementation Plan Islamic Education For Early Childhood Based On Inclusive Education. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Vol. 349, Pp. 451-454). Atlantis Press.

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 333-339).

Ilyas, Y. (2002). Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: LPPI UMY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats