Penerapan Metode Drill Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Hukum Mawaris di Mts Al-Ijtihadiyah Martebing

Zanna Ika Pramesti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi hukum mawaris di MTs Al-Ijtihadiyah Martebing dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah guru menerapkan metode drill pada mata pelajaran hukum mawaris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-D MTs Al-Ijtihadiyah Martebing Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada materi hukum mawaris mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari pada nilai data awal siswa yang tuntas terdapat sekitar 10 orang persentasenya 33.33%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sekitar 20 orang persentasenya 66.67%. Pada hasil tes siswa yang tuntas sekitar 22 orang persentasenya 73.33%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sekitar 8 orang persentasenya 26.67%. Sehingga mengalami peningkatan yang signifikan sekitar 50%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.


Keywords


metode drill; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. (2012) Evaluasi Pembelajaran; Konsep Dasar, Teori dan Aplikasi, Pustaka Rizki Putra, 2012.

Abrianto, D., Setiawan, H. R., & Fuadi, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Di Mts. Swasta Teladan Gebang Kab. Langkat. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 283-298.

Akrim, A., & Adhani, A. (2021). Interactive effects of Stoicism and religious coping on psychological distress, fatigue and intercultural communication: Muslim health workers in Bali. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 214-237.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model And Textbook Integrated To Spiritual And Social Competence Of Math Subject For Grade Vii In State Junior High School Of Medan. Proceeding Of Icmse, 3(1), M-97.

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily Learning Flow Of Inclusive Education For Early Childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail, dalam Ensiklopedia Hadist-Kitab 9 Imam. Lidwa Pusaka,

Amiruddin, A., Qorib, M., & Zailani, Z. (2021). A Study Of The Role Of Islamic Spirituality In Happiness Of Muslim Citizens. Hts Teologiese Studies/Theological Studies, 77(4), 5.

Arifin, Z. (2012). Konsep dan Model Pengembangan kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur,Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi, dan Inovasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asyhar. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Asyirint, G. (2010). Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi,, Yogyakarta: Persindo.

Azhari, M. (2017). Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Pondok Pesantren Ulumul Qur?an Stabat). Jurnal Ketua STAI Raudhatul Akmal Batang Kuis

Azisah, S. (2014). Guru dan Pengembangan Kurikulum berkarakter Implementasi pada Tingkat Satuan Pendidikan. Makassar:Alauddin University Press.

Chomaidi dkk. (2018). Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo,

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Fanreza, R. (2019, October). The Formation Of Students Akhlakul Karimah And Al-Islam And Muhammadiyah Studies At The Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Pp. 455-457). Atlantis Press.

Fanreza, R. (2020, October). The Implementation Of Character Values Through Al-Islam And Kemuhammadiyahan At Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 01 Medan. In International Conference On Community Development (Iccd 2020) (Pp. 272-274). Atlantis Press.

Ginting, N., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Gunawan, G., & Fanrenza, R. (2018, November). Motivation To Educate Lecturers In The Islamic Religion Faculty Of Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In Proceedings International Conference Bksptis 2018.

Harfiani, R. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Tk/Ra Dengan Metode Demonstrasi Di Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Fai Umsu 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 112-113.

Harfiani, R. (2019, October). Preparation Of Learning Implementation Plan Islamic Education For Early Childhood Based On Inclusive Education. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Vol. 349, Pp. 451-454). Atlantis Press.

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, January). Practical Application Of Inclusive Education Programs In Raudhatul Athfal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 333-339).

Ilyas, Y. (2002). Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: LPPI UMY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats