Efektivitas Pembiayaan Agribisnis BPRS Dalam Meningkatkan Pendapatan Hasil Pertanian Nasabah di Kabupaten Serdang Bedagai (Studi Kasus Pada PT. BPRS Al-washliyah Medan)

Sakinah Lubis

Abstract


PT. BPRS Al-Washliyah Medan adalah salah satu lembaga penyaluran pembiayaan untuk masyarakat kecil dan menengah khususnya umat muslim yang ingin mengubah taraf hidupnya. Untuk menjadi lebih sejahtera dari sebelum-sebelumnya dengan cara melakukan agribisnis di wilayah sekitar mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode kualitatif.Data yang digunakan yaitu data primer sebagai pendukung pertama dan data sekunder sebagai pelengkap.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan reduksi data.Keabsahan temuan dengan menggunakan Triangulasi, Audit trail, dan Member check. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) prosedur pembiayaan agribisnis mulai dari pengajuan pembiayaan agribisnis, pencairan dana hingga pengembalian pembiayaan agribisnis pada PT. BPRS Al-Wahsliyah Medan, 2) keuntungan dan Resiko dalam pembiayaan agribisnis pada PT. BPRS Al-Wahsliyah Medan, 3) efektivitas dari pembiayaan agribisnis ini dalam meningkatkan hasil pertanian nasabah dan efektivitas dari pembiayaan agribisnis untuk PT. BPRS Al-Wahsliyah Medan.


Keywords


Prosedur, Keuntungan Resiko, Efektivitas Pembiayaan Agribisnis

Full Text:

PDF

References


BUKU

Affandi, Irfan. Strategi Pengembangan Pembiayaan Agribisnis Pada Koperasi Simpan Pinjam Pola Syariah Di Lampung Tengah. Jurnal Pertanian. Lampung.No.1. Volume 3. 2018.

Amalia, Mufida. Efektivitas Pembiayaan Mudharabah Bagi UMKM, Jakarta: PT. Prehallindo. 2014.

Antonio, Muhammad Safii. Bank Syariah dari Teori Ke Praktek, Jakarta: Gema Insani, 2011.

Handoko, T. Hani. Manajemen, Yogyakarta: BPEE, 2015.

Hidayatullah, Syarif. Efektivitas Pembiayaan Agribisnis Dalam Pemberdayaan Petani Di Indonesia (Studi Kasus Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk). Jurnal Ekonomi. Jakarta. No.1. Volume 4. 2011.

Kadir, Statiska Penerapan, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Kasmir. Dasar-Dasar Perbankan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Kementerian Pertanian Indonesia. 2019. Perkembangan Pertanian Dan Ekspor Perkebunan Tumbuh Di Atas 4 Persen.www.pertanian.go.id/home. (Diakses 5 Februari 2018).

M, Ridwan. Manajemen Bank Pembiayaan Rakyat Syariah, Yogyakarta: UII Press. 2014.

Maryati, Sri. Peran BPRS Dalam Mengembangkan UMKM Dan Agribisnis Pedesaan Di Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi. Padang. No.1. Volume 3. 2015.

Nasution, Azzahra. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. 2013.

Rianto, Nur. Lembaga Keuangan Syariah, Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Rivai, Muhammad. Manajemen Bank Syariah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

S, Burhanudin. Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Balai Pustaka. 2010.

Sari, Maya. 2006. Cara Meningkatkan Hasil Pertanian. https://dosenbiologi.com/pertanian/carameningkatkan-hasil-pertanian. (Diakses 15 April 2020).

Sarifudin, Mohamad. Analisis Efektivitas Pembiayaan Musyarakah Terhadap Pendapatan Nasabah BPRS Metro Madani Kota Metro. Jurnal Ekonomi Syariah. Lampung.No. 1.Vol. 3. 2017.

Soekartawi. Agribisnis, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Sudarsono, Heri. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Yogyakarta: Ekonisia, 2008.

Sudarwan, Dani. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2015.

Sumitro, Warkum. Asas-Asas Perbankan Islam dan Lembaga-Lembaga Terkait , Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Syafar, Muhammad. Analisis Efektivitas Pembiayaan Musyarakah Terhadap Pendapatan Nasabah BPRS Metro Madani Kota Metro. Jurnal Ekonomi Syariah. Bogor. No.2. Volume 4. 2016.

Syamsi, Ibnu. Pokok-Pokok Organisasi Manajemen, Jakarta: Raja Grafindo. 2016.

Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Bank Pembiayaan Rakyat.

Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Undang-Undang No.19 Tahun 2013 tentangPerlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Undang-Undang No.21 Tahun 2008 tentangLembaga Keuangan Syariah.

Wahyuni, Henny et.al. Analisis Efisiensi Faktor Produksi Usaha Tani Padi Di Desa Baru Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pertanian. Sumatera Utara. No. 1.Volume 3. 2019.

Widodo. Metodologi Penelitian, Depok: Raja Grafindo Persada, 2019.

JURNAL

ALAMSYAH, K. S. PERCERAIAN AKIBAT KETIDAKHARMONISAN DALAM RUMAH TANGGA KARENA SUAMI MENDERITA KELAINAN SEKSUAL.

Butar-Butar, A. J. R. (2020). Esai-Esai Astronomi Islam. KUMPULAN BUKU DOSEN.

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Mengenal Karya-Karya Ilmu Falak Nusantara; Transmisi, Anotasi, Biografi. LKIS PELANGI AKSARA.

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Khazanah Peradaban Islam di Bidang Turats Manuskrip (Telaah Karakteristik, Konstruksi dan Problem Penelitian Naskah-naskah Astronomi). Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 1(1).

Butar-Butar, A. J. R., & Setiawan, H. R. (2018). Pengakurasian Arah Kiblat Di Lingkungan Cabang Muhammadiyah Medan Denai. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 4(1).

Butar-Butar, A. J. R., & Raisal, A. Y. ASTRONOMI ISLAM.

Pinem, R. K. B. (2020). DONOR ANGGOTA TUBUH (TRANSPLANTASI) MENURUT HUKUM ISLAM (Upaya Mengidentifikasi Masalah dan Mencari Dalil-Dalilnya). DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 67-78.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 187-193).

Pinem, R. (2019). Hak-Hak Perempuanterhadap Harta Dalam Suku Karo (Memaknai Simbol dalam Rangka Perubahan Hukum di Masyarakat). DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 4(1), 16-27.

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.

Pohan, S. (2017). Peranan Penggunaan Agunan Di Bank Islam Hubungannya Dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah Di Medan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 120-146.

Pohan, S. (2018). Pelatihan Fardhu Kifayah dan Pelatihan Khatib Jumat Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Pohan, S., & Sirait, F. Y. (2021, February). THE STRATEGY OF PRINCIPAL IN THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 242-248).

Pohan, S., & Lubis, F. (2019). METODE ASII SEBAGAI PEMBINAAN JAMAAH MANIS DI PRM SEROJA CABANG MUHAMMADIYAH MEDAN DENAI. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), 203-2014.

Pohan, S., & Sirait, F. Y. (2020, February). Analysis Management Of Mosque Taqwa Contribution In Assisting Revenue Jamaah To Members Muhammadiyah In Medan. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 740-745).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats