Analisis Strategi Bmt Dalam Upaya Pengembangan Umkm Di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang

Nurainun Dalimunthe

Abstract


Penelitian ini dibuat karena pelaku UMKM mengalami kesulitan dalam mengembangkan UMKM di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang.Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana Strategi yang dilakukan BMT dalam Upaya Pengembangan UMKM di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Strategi BMT dalam Upaya Pengembangan UMKM di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuaitatif deskriptif.Subjek penelitian ini adalah Pihak KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan cara mengumpulkan, menjabarkan, dan membentuknya dalam sebuah pola. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Strategi yang di lakukan BMT UB Amanah Laut Dendang dalam pengembangan UMKM yaitu dengan strategi Pendampingan. Dimana pelaku UMKM yang diberi pembiayaan disurvey langsung ke lapangan untuk melihat perkembangan UMKM dan memberikan arahan dan motivasi untuk meningkatkan kualitas usaha. Dengan adanya pendampingan tersebut membuat pelaku UMKM bisa membina manajemen UMKM dengan baik dan pemasaran yang bagus, dapat meningkatkan dan melancarkan pendapatan UMKM. pendampingan tersebut seperti pendampingan dalam pengelolaan dana, pendampingan dalam manajemen keuangan demi keberlanjutan UMKM.


Keywords


Strategi, Baitu Maal Wa Tamwil, UMKM.

Full Text:

PDF

References


Agung, Yudhie. Analisis Strategi UMKM Berbasis Sumberdaya Lokal Dengan Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat Di Kecamatan Pituruh Purworejo.Tesis. Yogyakarta: Stie Widya Wiwaha. 2019.

Anggito, Albi dan Johan Setiawan.Metodologi Peneliian Kualitatif. Sukabumi: Cv Jejak. 2018.

Alyas, Muhammad dan Rakib.Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus Pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maris).Jurnal Sosiohumaniora. No. 2.Volume 19. 2017.

Amri Darwis. Metode Penelitian Pendidikan Islam; Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2014.

Ariani.Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) Di Kota Takaran.Jurnal Organisasi dan Manajemen.No. 2.Volume 13. 2017.

Arliman Laurensius S. Perlindungan Hukum UMKM Dari Eksploitasi Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Rechtsvinding. No. 3 vol. 6. 2017.

Bismala Lila. Model Manajemen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah.Jurnal Enterpreneur dan Enterpreneurship.No. 1.Volume 5. 2016.

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: CV Diponegoro. 2010.

Dhaoud, Ana Daroin. Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Handycraft Kayu Jati Di Dusun Bandar Desa Batoka Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro.Tesis. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. USM. 2015.

Dwi Fitrianingsih Lestari.Efektivitas pembinaan dan pengawasan koperasi oleh pemerintah daerah. Privat Law. No. 1.Vol. 6. 2018.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: RajaWali Pres. 2012.

F. Rio, Wilantara. Strategi & Kebijakan pengembangan UMKM : Upaya Meningkatkan Daya Saing UMKM Nasional di Era MEA. Bandung: PT Refika Aditama. 2016.

Hakim, Lukman.Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Bandung: Erlangga. 2012.

Hasan, Ahmad Ridwan. BMT dan Bank Islam Instrument Lembaga Keuangan Syariah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. 2004.

Hasmita, Euis Putri. Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kota Samarinda (Studi Pada Dinas Kopersi dan UMKM Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Negara. No. 1.Volume 5. 2017.

Herdiana, Anggraeni. Akses UMKM Terhadap Pembiayaan Mikro Syariah dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Usaha: Kasus BMT Tadbirul Ummah, Kabupaten Bogor. Jurnal Muzaraah. No. 1.Volume 1. 2013.

Heriani.Perjanjian Pembiayaan Dengan Sistem Bagi Hasil Melalui Baitul Maal Wat Tamwil Studi Pada Baitul Maal Washil Medan.Tesis. Universitas Sumatera Utara. 2009.

Herlinawati Erna. Analisis Pendapatan UMKM Sebelum dan Sesudah Menerima Kredit Tunas Usaha Rakyat, Jurnal Indonesia Membangun, No. 2.Vol. 16. 2017.

Huda, Nurul. Baitul Mal Wa Tamwil : Sebuah Tinjauan Teoritis. Jakarta: Bumi Aksara. 2016.

Huda, Nurul dan Heykal, Mohamad. Lembaga Keuangan Islam: Tinjau Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana. 2010.

Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta:Kencana. 2011.

JURNAL

ALAMSYAH, K. S. PERCERAIAN AKIBAT KETIDAKHARMONISAN DALAM RUMAH TANGGA KARENA SUAMI MENDERITA KELAINAN SEKSUAL

Gunawan, A. R. (2021). Opini Masyarakat Kota Pematang Siantar Tentang Oleh-Oleh Khas Roti Ganda Terhadap Minat Beli Masyarakat (Doctoral dissertation, UMSU).

Gunawan, A., Pulungan, D. R., & Koto, M. (2018). Peran Literasi Keuangan Pada Kemampuan Pengelolaan Keuangan Untuk Persiapan Masa Pensiun Secara Mandiri (Studi Kasus Pada Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis UMSU).

Gunawan, A. (2018). Analisis Usaha Dan Pemasaran Itik Pedaging (Anas Plathrynchos)(Studi Kasus: Desa Kota Rantang, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang) (Doctoral dissertation).

Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-177.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 174-187.

Masitah, W. (2019). Morality In Islam. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 914-922).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 134-155.

Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-177.

Nurzannah, N. (2021, February). PARADIGM OF ASSOCIATIVE THINKING THROUGH A SCIENTIFIC APPROACH IN THE 2013 CURRICULUM CONCEPT. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 864-868).

Nurzannah, N., & Sitepu, J. M. (2020, February). Analysis of Text Books of Early Islamic Education in Primary Schools (Published by Erlangga and Yudhistira). In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 598-608).

Nurzannah, N. (2015). Hubungan Faktor Resiko Dengan Terjadinya Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat (Tkbm) Di Pelabuhan Belawan Medan Tahun 2015. Lingkungan dan Keselamatan Kerja, 4(1), 14553.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).

Nurzannah, N., & Harfiani, R. (2019). PKM Pengembangan Kurikulum 2013 PAUD Bagi Guru-Guru LPPTKA-BKPRMI Kota Medan. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1).

Pinem, R. K. B. (2020). DONOR ANGGOTA TUBUH (TRANSPLANTASI) MENURUT HUKUM ISLAM (Upaya Mengidentifikasi Masalah dan Mencari Dalil-Dalilnya). DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 67-78.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 187-193).

Pinem, R. (2019). Hak-Hak Perempuanterhadap Harta Dalam Suku Karo (Memaknai Simbol dalam Rangka Perubahan Hukum di Masyarakat). DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 4(1), 16-27.

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats