Dampak Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Variasi Mengajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Muhammadiyah 57 Medan

Desi Hapnisari Nasution

Abstract


Penelitian ini dibuat karena keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar, keaktifan belajar siswa, serta apakah keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis penelitian yang digunakan disini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Pengolahan analisis data menggunakan rumus product moment, validitas, reliabilitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil yang diperoleh, keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar dikategorikan Baikdengan persentase 78% dan keaktifan belajar siswa dikategorikan Baikdengan persentase 70%, dan dari hasil rumus product moment pada taraf sigifikansi 5% diperoleh nilai rxy = 0,410 lebih besar daripada nilai rtabel = 0,355 dengan formulasi perbandingan yaitu (0,410 ? 0,355). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif antara keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan.


Keywords


Keterampilan Guru, Variasi Mengajar, Keaktifan Belajar

Full Text:

PDF

References


Agussani, A., & Akrim, A. (2020). Enhancing Social Performance Of Ngos Operation In Indonesia Through External Positive Pressure: Mediating Role Of Orientation Dimensions And Sustainable Practices. Journal Of Security And Sustainability Issues, 10(October), 108-122.

Akrim, A. (2022). Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. Aksaqila Jabfung.

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Efforts To Increase Children's Courage Motivation For Performance Through Role Playing Strategies In Ra Al-Muslihin Binjai. Ijems: Indonesian Journal Of Education And Mathematical Science, 1(1), 1-8.

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. Ijems: Indonesian Journal Of Education And Mathematical Science, 1(2), 91-95.

Asril, Z. (2016). Micro Teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan, Rajawali Pers.

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madarasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Dianto, D., & Idawati, I. (2020, September). Business Education Funding Partnership. In Proceeding International Conference On Language And Literature (Ic2lc) (Pp. 336-344).

Djamarah, S.B Dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar-Mengajar, Jakarta: Pt.Rineka Cipta.

Fanreza, R. (2020, October). The Implementation Of Character Values Through Al-Islam And Kemuhammadiyahan At Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 01 Medan. In International Conference On Community Development (Iccd 2020) (Pp. 272-274). Atlantis Press.

Ginting, N. (2021). Strengthening Religious Moderation Literacy For Muhammadiyah Citizens, In The Leaders Of The Muhammadiyah Branch, Medan City, North Sumatera Indonesia. International Journal Of Community Service (Ijcs), 1(3), 217-224.

Ginting, N., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Gunawan, G., & Fanrenza, R. (2018, November). Motivation To Educate Lecturers In The Islamic Religion Faculty Of Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In Proceedings International Conference Bksptis 2018.

Hadjar, I. (1996). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif Dalam Pendidikan, Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Haidir Dan Salim. (2019).Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan Dan Jenis, Jakarta: Kencana,

Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2017. Hariyanto Dan Suyono. Belajar Dan Pembelajaran: Teori Dan Konsep Dasar, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Harfiani, R. (2018, July). Building Students Characters By Habituation Of Practicing Hadith Using Star Calendar Media. In 2018 3rd International Conference On Education, Sports, Arts And Management Engineering (Icesame 2018) (Pp. 117-120). Atlantis Press.

Harfiani, R. (2019, October). Preparation Of Learning Implementation Plan Islamic Education For Early Childhood Based On Inclusive Education. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Vol. 349, Pp. 451-454). Atlantis Press.

Harfiani, R. Manajemen Program Pendidikan Inklusif: Studi Analisis Raudhatul Athfal (Vol. 1). Umsu Press.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 174-187.

Nurzannah, N. (2021, February). Paradigm Of Associative Thinking Through A Scientific Approach In The 2013 Curriculum Concept. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 864-868).

Nurzannah, N., & Harfiani, R. (2019). Pkm Pengembangan Kurikulum 2013 Paud Bagi Guru-Guru Lpptka-Bkprmi Kota Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Nurzannah, N., & Harfiani, R. (2019). Pkm Pengembangan Kurikulum 2013 Paud Bagi Guru-Guru Lpptka-Bkprmi Kota Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Nurzannah, N., & Sitepu, J. M. (2020, February). Analysis Of Text Books Of Early Islamic Education In Primary Schools (Published By Erlangga And Yudhistira). In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 598-608).

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Pasaribu, M. (2021, February). The Role Of Islamic Education In The Resilience Of Family In The Era Of New Normal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 206-214).

Setiawan, H. R. (2018). Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Bildung.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fai Umsu 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47-67.

Setiawan, H., & Lubis, Z. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester Ii Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 47-51.

Setiawan, H., & Lubis, Z. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester Ii Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 47-51.

Tanjung, E. F. (2019, October). Innovation Method Of Islamic Education Through Active Learning In Smp Al-Muslimin Pandan, Central Tapanuli. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Pp. 163-165). Atlantis Press.

Tanjung, E. F. (2021). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Muhammadiyah Pandan Tapanuli Tengah. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 4(2), 1809-1814.

Tanjung, E. F., Harfiani, R., & Sampedro Hartanto, H. (2021). Formation Of Soul Leadership Model In Indonesian Middle Schools. Educational Sciences: Theory And Practice, 21(1), 84-97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats