Analisis Metode Promosi Tabungan Qurban Di Kspps Bmt Ub Amanah Laut Dendang

Khoirotun Nisa Pohan

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena kurangnya promosi yang dilakukan pada produktabungan qurban di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana sistem promosi tabungan qurban di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana sistem promosi tabungan qurban di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang melakukan sistem promosi tabungan qurban dengan dua sistem. Pertama, sistem promosi langsung (direct promotion system) seperti petugas mempromosikan langsung produk tabungan qurban kepada masyarakat dan menyebarkan brosur yang sudah menyatu (bundling) dengan produk lainnya, Kedua, sistem promosi tidak langsung (indirect promotion system) seperti mempromosikan produk tabungan qurban kepada masyarakat luas melalui iklan di media sosial. Sistem promosi tabungan qurban di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang sudah sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan proses pemasaran produk tabungan qurban dengan biaya terjangkau yang memaksimalkan seluruh potensi yang ada, dan masyarakat sangat mendukung dan merasa senang dengan adanya program tabungan qurban di KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang.


Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV Jejek. 2018.

Arifudin, Muhammad. Qurban Kolektif Dalam Perspektif Hadits. JurnalIslamuna. STAIN Pemekasan. No. 1.Volume 2. 2015.

Asnawi, dan Masyhuri. Manajemen Pemasaran,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2013.

Brousur KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang.

Budihantoro, Ibnu Maulana. Analisis yang Mempengaruhi Kepercayaan Dampaknya Untuk Meningkatkan Minat Menabung Nasabah; Studi Kasus Pada Bank BRI KCP Ambarawall.Tesis.Universitas Diponegoro Semarang. 2012.

Buku Profil KSPPS BMT UB Amanah Laut Dendang.

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial, Bandung: Alfabeta. 2014.

Dewi, Germala. Aspek-Aspek Hukum Dalam Perbankan Dan Perasuransian Syariah Di Indonesia, Jakarta: Kencana. 2017.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Nasional Balai Pustaka. 2008.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif:Analisis Data, Jakarta: Raja Wali Pres. 2012.

Fahrudin, Muhammad Fajar. Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya.Journal of Business and Bnagking.STIE Perbanas Surabaya.No. 1.Volume. 5. 2015.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif:Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara. 2013.

Hastuti, Tuti. Kualitas Pelayanan Dan Pola Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Nasabah Penyimpan Pada Bank Syariah.Jurnal Manajemen dan Akuntansi.Universitas Widyagama Malang.No. 1.Volume 2. 2013.

Hidayat, Farid. Alternative Sistem Pengawasan Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Dalam Mewujudkan Syariah Compliance. Jurnal Mahkamah. No. 2.Volume 1. 2016.

Karim, Adiwarman. Bank Islam:Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2016.

Khaliq, Restu. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Banjarmasin Kalimantan Selatan.Jurnal Manajemen dan Bisnis.Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.No. 1.Volume 2. 2019.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan dan Pengendalian, Jakarta: Erlangga. 2010.

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang. 2007

Lisdawami, Indi Masita. Pengembangan Produk Funding KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timur.Jurnal Ekonomi Syariah dan Teori Terapan.No. 11.Volume 4. 2017.

Lumintang, Milli Cindy. Promosi Dan Customer Relationship Management Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Manado.Jurnal EMBA Universitas Sam Rantulangi.No. 4.Volume. 1. 2013.

Nur, Abdullah. Ibadah Qurban Dalam Perspektif Hadits. Jurnal Rausyan Fikr. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.No. 1.Volume 12. 2016.

Nur Rianto Al Arif, M. Lembaga Keuangan Syariah, Bandung: CV Pustaka Setia. 2012.

Pohan, Selamat. Peranan Penggunaan Agunan Di Bank Islam Hubungannya Dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah Di Medan. Jurnal Intiqad. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). No. 2.Volume 8. 2016.

Prihanto, Hendi. Analisis Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Untuk Menabung Di Bank Syariah.Jurnal Provita.No. 1.Volume 10. 2017.

Rifan, Akhmad Arif. Analisis Profile Kinerja Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Syariah. No. 1.Volume 4. 2018.

Siregar, Budi Gautama. Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah Pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padang Sidimpuan.Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keislaman.IAIN Padang Sidimpuan.No. 1.Volume 4. 2018.

Subagyo, Joko. Metodologi Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta: PT Melton Putra. 2018.

Sugiono.Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2017.

Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian, Bandung: PT Refika Aditama. 2014.

Sumarwan, Ujang. Prilaku Konsumen (Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran), Jakarta: Ghalia. 2004.

Suryadi, Dididh. Promosi Efektif, Menggugah Minat Dan Loyalitas Pelanggan, Yogyakarta: Oryza. 2006.

Susyanti, Jeni. Pengelolaan Lembaga Keuangan Syariah, Malang: Empat Dua. 2016.

JURNAL

Pohan, S. (2017). Peranan Penggunaan Agunan Di Bank Islam Hubungannya Dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah Di Medan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 120-146.

Pohan, S. (2018). Pelatihan Fardhu Kifayah dan Pelatihan Khatib Jumat Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai di Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Pohan, S., & Sirait, F. Y. (2021, February). THE STRATEGY OF PRINCIPAL IN THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 242-248).

Pohan, S., & Lubis, F. (2019). METODE ASII SEBAGAI PEMBINAAN JAMAAH MANIS DI PRM SEROJA CABANG MUHAMMADIYAH MEDAN DENAI. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), 203-2014.

Pohan, S., & Sirait, F. Y. (2020, February). Analysis Management Of Mosque Taqwa Contribution In Assisting Revenue Jamaah To Members Muhammadiyah In Medan. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 740-745).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats