Pengaruh Gaya Hidup Halal Dan Teknologi Informasi Terhadap Keputusan Generasi Z Dalam Memanfaatkan Jasa Bank Syariah ( Studi Kasus Di Kepenghuluan Bagan Bhakti, Kecamatan Balai Jaya)

Irna Wati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya hidup halal dan teknologi informasi terhadap keputusan generasi z dalam menggunaan jasa bank syariah. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif.Teknisanalisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji auto korelasi, heterokedasitas, uji t, uji f, uji koefesien determinasi.Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS 20.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan secara simultan memiliki pengaruh dengan nilai Fhitung sebesar 20,620 dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05 maka Ho ditolak yaitu adanya pengaruh yang singnifikan variabel Gaya Hidup Halal dan Teknologi Informasi terhadap penggunaan jasa perbankan syariah dengan nilai determinasi sebesar 0,314 Hal ini memiliki arti bahwa 31,40% variabel Keputusan Generasi Z menggunakan jasa Bank Syariah di Kepenghuluan Bagan Bhakti, Kecamatan Balai Jaya.


Full Text:

PDF

References


ArikuntoSuharsimi, prosedurpenelitiansuatuPendekatanPraktik,Jakarta: PT Rineka Cipta,2010

Bhina Dan Neila, Psikologi Untuk Indonesia Maju Dan Beretika, Yogyakarta: Gajah Mada Unversity Press, 2018

Darojatun Rina, Tren Produk Halal, Gaya hidup Syari dan Kesalehan Simbolik vol. 19.

Departemen Agama RI, Alquran dan Terjemahnya, Jakarta: Yayasan Penyelenggaraan Penterjemah/Pentafsir Alquran, 1984

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Edisi 5, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013

Muhamad, Metodologi Penelitiam Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2008

Limakrisna Nandan dan J. Supranto, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk MemenangkanPersaingan Bisnis, Jakarta:Penerbit Mitra Wacana Media, 2007

Aullia Rahma Prayekti, Persepsi Remaja Generasi Z Di Surabaya Terhadap Preferensi Merek Situs Online Marketplace Bukalapak (diakses pada tanggal 23 Juli 2020)

RianseUsman, MetodologiPenelitianSosialdanEkonomiTeoridanAplikasi, (Jakarta: Alphabeta, 2012), h. 217

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Schiffman Leon G. DanKanuk Leslie Lazar, Perilaku Konsumen, Jakarta: Puri Media Kencana,2007

Suyanto.M: Teknologi Informasi, Yogyakarta: Andi Offset, 2005

SyafiiAsrof, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: eLKAF,2005

Umam Khaerul: Manajemen Perbankan Syariah, Bandung: Pustaka Setia, 2013

Widodo, Metodologi Penelitian Populer dan Praktis,Depok: PT Rajagrafindo,2019

INTERNET

Ervina, memanfaatkan peran penting teknologi untuk produktivitas, didapat dari https://www.talenta.co/blog/teknologi-talenta/peran-penting-teknologi-untuk-produktivitas/ (diakses tanggal 17 Juli 2020)

Ilham Yusuf. S, Pemanfaatan Teknologi Informasi, didapat dari

https://yusufilham.web.ugm.ac.id/2015/09/09/pemanfaatan-teknologi-informasi-3/ (diakses tanggal 17 Juli 2020)

https://ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---November-2018.aspx. diakses tanggal 25 april 2020.

https://www.inews.id/finance/read/56521/bappenas-jumlah-milenial-di-indonesia-capai-90-juta-orang diakses pada tanggal 25 April 2020

https://finansial.bisnis.com/read/20181217/90/870229/bank-syariah-bidik-nasabah-milenial (diakses tanggal 25 April 2020)

Rahman N. Angga, Keputusan Pembelian dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi,ihttps://angganurrahmanrockets.wordpress.com/2013/11/17/keputusan-pembelian-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi/

Simfoni Dawai, Analisis Regresi Linier Berganda, didapat dari https://dawaisimfoni.wordpress.com/i [home page on-line]: Internet (diakses tanggal 25 Februari 2020)

JURNAL

Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2020). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh PT. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).

Nurzannah, N. (2021, February). PARADIGM OF ASSOCIATIVE THINKING THROUGH A SCIENTIFIC APPROACH IN THE 2013 CURRICULUM CONCEPT. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 864-868).

Sihotang, M. K., & Umayya, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Strategi Positioning Pada Toko Roti Master Bread Perdagangan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 33-42.

Sihotang, M. K., & Hasanah, H. (2021, February). ISLAMIC BANKING STRATEGY IN FACING THE NEW NORMAL ERA DURING THE COVID 19. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 479-485).

Sihotang, M. K., & Umayya, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Strategi Positioning Pada Toko Roti Master Bread Perdagangan. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 33-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats