Pengembangan Penilaian Dalam Proses Pembelajaran Al-Quran Menggunakan Penilaian Autentik Di Smp Swasta Rahmat Islamiyah Medan

Anita Carlina

Abstract


Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah ialah bagaimana pengembangan penilaian dalam pembelajaran alquran dengan menggunakan penilaian autentik di SMP Swasta Rahmat Islmiyah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan penilaian dengan menggunakan penilaian autentik di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Metode penelitian ini adalah R and D (Research and Development) yang menghasilkan buku, berjudul Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Alquran. Prosedur penelitian ini mengikuti prosedur penelitian R n D dari Borg and Gall. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan proses lima tahap yaitu: (1) tahap persiapan dan pengumpulan data, (2) tahap pengembangan produk, (3) tahap validasi ahli, (4) tahap uji coba produk dan revisi, serta (5) tahap pelaporan. Teknik penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kali uji coba lapangan, adapun sampel yang diambil dari uji coba pertama ialah kelas VIII B sebanyak 36 siswa dan uji coba kedua pada kelas VIII A sebanyak 36 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa ditandai dengan antusiasnya siswa dalam merespon maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, serta kesesuaian penilaian dengan Kurikulum 2013 yang bersifat autentik yaitu dengan menilai aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, hasil belajar peserta didik dengan menggunakan penilaian autentik mengalami peningkatan pada uji coba kedua yaitu sikap spiritual meningkat sebesar 0,09, sikap sosial sebesar 0,31, pengetahuan sebesar 0,04 dan aspek keterampilan sebesar 0,05 dengan kriteria penilaian tertinggi yaitu 4,00 (sangat baik).


Keywords


Pengembangan, Penilaian, Autentik, Pembelajaran Alquran

Full Text:

PDF

References


Akrim, A. (2022). A New Direction Of Islamic Education In Indonesia: Opportunities And Challenges In The Industrial Revolution Era 4.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 35-48.

Akrim, A. Lecturer Competency Development Model In Designing A Line Learning Resources In University Of Muhammadiyah.

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2020, February). Integrated Thematic Learning Program For Teachers Of Sd Muhammadiyah In The City Of Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 950-955).

Amini, A., Pane, D., & Akrim, A. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148-11159.

Amini, N. R., & Daulay, M. Y. (2022, March). Motivation And Religious Understanding Of Students In Hijab At Muhammadiyah University, North Sumatra. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, Pp. 1235-1242).

Amiruddin, A., Qorib, M., & Zailani, Z. (2021). A Study Of The Role Of Islamic Spirituality In Happiness Of Muslim Citizens. Hts Teologiese Studies/Theological Studies, 77(4), 5.

Dianto, D. Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Muhamammadiyah 1 Medan. Intiqad, 9(1), 268774.

Fanreza, R. (2019, October). The Formation Of Students Akhlakul Karimah And Al-Islam And Muhammadiyah Studies At The Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In 6th International Conference On Community Development (Iccd 2019) (Pp. 455-457). Atlantis Press.

Fanreza, R., & Pasaribu, M. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik.

Gunawan, G., & Fanrenza, R. (2018, November). Motivation To Educate Lecturers In The Islamic Religion Faculty Of Muhammadiyah University Of Sumatera Utara. In Proceedings International Conference Bksptis 2018.

Harfiani, R. (2012). Pengaruh Strategi Membaca Kolaboratif Dan Intelegensi Terhadap Pemahaman Bacaan Siswa Sekolah Dasar Di Mis. Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang.

Harfiani, R. (2017, November). The Application Of Character Friendly Education Through Teaching Hadith Memorization At Raudhatul Athfal. In Proceeding Of International Conference On Islamic Education (Icied) (Vol. 2, No. 1, Pp. 325-332).

Harfiani, R., Mavianti, M., & Tanjung, E. F. (2020, October). Cultural Education'aisyiyah In Medan. In Proceeding International Conference On Language And Literature (Ic2lc) (Pp. 416-422).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 174-187.

Mukti, A., Syaukani, S., & Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Kegiatan Peserta Didik Dalam Peningkatan Kualitas Lulusan Di Smp Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(001), 123-146.

Mulyasa, E. (2013). (Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2011). Penilaian otentik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurzannah, A., & Daulay, M. Y. (2017). Akidah Dan Akhlak.

Nurzannah, N. (2021, February). Paradigm Of Associative Thinking Through A Scientific Approach In The 2013 Curriculum Concept. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 864-868).

Nurzannah, N., & Harfiani, R. (2019). Pkm Pengembangan Kurikulum 2013 Paud Bagi Guru-Guru Lpptka-Bkprmi Kota Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Nurzannah, N., & Sitepu, J. M. (2020, February). Analysis Of Text Books Of Early Islamic Education In Primary Schools (Published By Erlangga And Yudhistira). In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 598-608).

Nurzannah, N., Daulay, M. Y., & Ginting, N. (2021). Map Of The Needs Of Umsu Students On Al-Islam And Muhammadiyah Curriculum. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 777-791.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Effective Competency Based School Model. Jurnal Tarbiyah, 27(1).

Qorib, M. (2014). Reaktualisasi Moralitas Agama (Islam) Dalam Proses Perubahan Masyarakat.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Suharsimi, A. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik; Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Tanjung, E. F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Active Learning Di Smp Al-Muslimin Pandan Tapanuli Tengah (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Tanjung, E. F. (2021). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Muhammadiyah Pandan Tapanuli Tengah. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 4(2), 1809-1814.

Tanjung, E. F., & Mavianti, M. (2022, March). Strengthening Network Learning During The Covid-19 Pandemic. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, Pp. 1185-1196).

Tanjung, E. F., Harfiani, R., & Nurzannah, N. (2020, September). Implementation Of Cooperative Learning Methods In The Learning Of Islamic Religious Education In Darur Rahmad Sambas. In Proceeding International Conference On Language And Literature (Ic2lc) (Pp. 359-363).

Tanjung, E. F., Harfiani, R., & Sampedro Hartanto, H. (2021). Formation Of Soul Leadership Model In Indonesian Middle Schools. Educational Sciences: Theory And Practice, 21(1), 84-97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats