Penerapan Metode Simai Dalam Menghafal Al-Quran Di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan

Lilis Karlina Padang

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai Implementasi Metode simai dalam menghafal Al-Quran di Sekolah SMP Jabal Rahmah Mulia Medan. Tujuan pendidikan di sekolah ini adalah Menjadikan anak didik gemar menghafal Al-Quran, Menyiapkan generasi cerdas, disiplin, dan soleh, Menjadikan anak didik mampu menjawab zaman dan menjadi kebanggaan orang tua. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja metode pembebelajaran Tahfizh Quran di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan, Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode simai dalam proses pembelajaran Tahfizh Quran di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan, untuk mengetahui Apa saja faktor penunjang dan penghambat yang dihadapi selama proses pembelajaran Tahfizh Qur;an di SMP Jabal Rahmah Mulia medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber lisan dan sumber tertulis. Pengumpulan data dilakaukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tahfizh di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan ada beberapa metode yang mereka gunakan yaitu Metode Simai, wahdah, Talaqqi dan juga Tahsin. Untuk penerapan metode simai di sekolah ini ini dilakukan dengan cara Melakukan simaan sesama siswa dan Setoran memperdengarkan hafalan baru Memperdengrkan hafalan lama setelah menambah hafalan baru. Adapun faktor penunjang hafalan siswa di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan ini yaitu, dengan menerapkan metode yang bagus dan cocok untuk siswa, diwajibkan simaan sesama siswa, usia siswa yang ideal untuk menghafal Al-Quran, Motivasi dan Nasehat yang diberikan sebelum memulai hafalan baru, Lokasi yang nyaman bagi siswa dalam menghafal Al-Quran, serta Melakukan evaluasi setiap Semester. Untuk faktor penghambat hafalan siswa di sekolah ini yaitu, Murajaah hafalan kurang maksimal pada saat libur sekolah, Terlalu terburu-buru dalam menambah hafalan dan Tidak sabar dalam menghafal.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily Learning Flow Of Inclusive Education For Early Childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Al-munawar, S.A.H. (2002). Al-quran Membangun Tradisi Kesalehan, Jakarta: Ciputat Pers.

Amalia, A. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pengangguran Dan Ketimpangan Gender Terhadap Kemiskinan Di Sumatera Utara. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 324-344.

Amalia, A. (2018). Jual Beli Dengan Menggunakan Sistem Dropshipping Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal Attanmiyah, 1(2).

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Amsari, S. (2019). Analisis Efektifitas Pendayagunaan Zakat Produktif Pada Pemberdayaan Mustahik (Studi Kasus Lazismu Pusat). Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2).

Amsari, S., & Nasution, S. (2020, January). Benefits Of Productive Zakat In Increasing Mustahik Revenue In Lazismu Center. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 141-150).

Amsari, S., & Nasution, S. (2020, January). Benefits Of Productive Zakat In Increasing Mustahik Revenue In Lazismu Center. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 141-150).

Arifin, B. (1952). Rangkaian Cerita Dalam Al-Quran, Bandung: Al-Maarif.

Arikunto, S. (1993). Menejemen pendidikan secara manusiawi, Jakarta : Rineka cipta.

Aziz, A, dan Rauf, A. (2004). Kiat sukses menjadi Hafidz Quran Daiya, Bandung : Cipta media.

Badwilan. (2009). Panduan cepat menghafal Al-Quran, jogjakarta : Diva press.

Bara, A. L., & Pradesyah, R. (2020, February). Analysis Of The Management Of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City Of Medan. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 617-623).

Bara, A., Affandi, F., Farid, A. S., & Marzuki, D. I. (2021). The Effectiveness Of Advertising Marketing In Print Media During The Covid 19 Pandemic In The Mandailing Natal Region. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal) Vol, 4(1), 879-886.

Butar-Butar, A. J. R. (2014). Problematika Penentuan Awal Bulan: Diskursus Antara Hisab Dan Rukyat. Madani.

Butar-Butar, A. J. R. (2020). Esai-Esai Astronomi Islam. Kumpulan Buku Dosen.

Chairani, L dan Subandi. (2010). Psikologi Santri Penghafal Al-Quran Peranan Regulasi Diri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daulay, M. Y., & Amini, N. R. (2019). Pkpmpembinaan Kader Mubaligh/Mubalighat Muhammadiyah Aisyiyah Dalam Kemajuan Dakwah Muhammadiyah Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Kec. Pegajahan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Dianto, D., & Amsari, S. (2021). Pembinaan Koperasi Di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari Dalam Membangun Perekomonian Umat Pasca Pandemi Covid 19. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 223-228.

Edi, S., & Amini, N. R. (2020). Pembinaan Jamaah Dengan Metode Tadabbur Al-Quran Di Perhimpunan Keluarga Besar-Pelajar Islam Indonesia Sumatera Utara. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 220-228.

Fanreza, R., & Pasaribu, M. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik.

Hasanah, U., & Sihotang, M. K. (2020). Pemanfaatan Tabungan Haji Dan Umrah Bank Muamalat Oleh Pt. Sabrina Al-Fikri Dalam Menjaring Nasabah Di Kota Medan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).

Hayati, I., & Fitria, S. (2018). Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bmt El-Munawar Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 50-65.

Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem:Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: Rasail Media Group.

Kasduri, M., Daulay, M. Y., & Dianto, D. (2020). Pembinaan Kutbah Jumat Sesuai Tarjih Muhammadiyah Di Cabang Muhammadiyah Teladan Kecamatan Medan Kota. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 41-51.

Khallaf, A.W. (2014). Ushul Fiqih, Semarang: Toha Putra Semarang.

Limbong, I. E. (2021). Aspek Finansial Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (Jurkam), 1(3), 147-154.

Limbong, I. E., & Ginting, N. (2021). Pengaruh Kemampuan Baca Alquran Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri Barus Kab. Tapanuli Tengah. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(1), 35-44.

Maleong, L.J. (2008). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya. 2007.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Naimi, N., & Amini, N. R. (2021, February). Strengthening Muhammadiyah Ideology Through Webiner'aisyiyah, North Sumatra, Faces Covid 19 New Normal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 700-706).

Naimi, N., & Amini, N. R. (2021, February). Strengthening Muhammadiyah Ideology Through Webiner'aisyiyah, North Sumatra, Faces Covid 19 New Normal. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 700-706).

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia Educational Game Approach For Psychological Conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Nasution, R. (2018). Sinergi Dan Optimalisasi Green Banking Perbankan Syariah Dalam Mewujudkan Suistainable Finance. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 18(1), 34-52.

Nasution, S., Silalahi, P. R., & Hafiz, M. (2021, February). The Visual Investor: How Are Novice Investors Transacting Sharia Stock. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 324-336).

Nizhan Abu. Buku Pintar Al-Quran, Cigancur : Qultum Media. 2008.

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020, January). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 1-9).

Pasaribu, M. (2018). Integrasi Kompetensi Spritual Dan Sosial Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).

Pradesyah, R. (2018). Analisis Perkembangan Akad-Akad Di Bank Syariah. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1).

Primanisa, R., & Jf, N. Z. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1).

Qorib, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2019). Pluralisme Buya Syafii Marif. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Rahmayati, R. (2017). Model Pembiayaan Infrastruktur Melalui Perusahaan Dana Pensiun Dengan Instrumen Sukuk Yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Bumn. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 17(2), 132-146.

Raniyah, Q. (2016). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Salsa Ta 2015/2016 (Doctoral Dissertation, Unimed).

Setiawan, H. R. (2018). Media Pembelajaran (Teori Dan Praktek). Yogyakarta: Bildung.

Sihotang, M. K., & Umayya, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Strategi Positioning Pada Toko Roti Master Bread Perdagangan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 3(2), 33-42.

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2018). Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru Ra Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2019). Management Construction Of Inclusion Education In Primary School. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen, 1(1).

Tanjung, E. F., & Harfiani, R. (2020, February). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students Smk Muhammadiyah. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 532-542).

Utami, C., Hayati, I., & Indrayani, I. (2019). Pemanfaatan Kaleng Bekas Menjadi Celengan Di Desa Kotasan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 332-336).

Yunus, M. (1990). Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats