Analisis Efek Pelatihan Dan Pengawasan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Dinas Perdagangan Kota Medan

Ekal Nugraha

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh pelatihan terhadap produktivitas kerja, untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh pengawasan terhadap produktivitas kerja dan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh pelatihan dan pengawasan terhadap produktivitas' kerja pada pegawai Dinas Perdagangan Kota Medan. Penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif / statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan. Ada pun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Perdagangan Kota Medan yang berjumlah 96 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Perdagangan Kota Medan sebanyak 96 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Regresi Linier Berganda, Pengujian Asumsi Klasik, Uji Hipotesis dan Koefisien Determinasi. Adapan hasil penelitian ini adalah Ada pengaruh yang signifikan antara pelatihan terhadap produktivitas pada pegawai Dinas Perdagangan Kota Medan . Sehingga apabila pelatihan tinggi atau meningkat, maka produktivitas dapat meningkat. Sebaliknya apabila pelatihan rendah atau menurun, maka produktivitas akan menurun. Ada pengaruh yang signifikan antara pengawasan terhadap produktivitas pada pegawai Dinas Perdagangan Kota Medan. Sehingga pengawasan tinggi atau meningkat, maka produktivitas dapat meningkat. Sebaliknya apabila pengawasan rendah atau menurun, maka produktivitas akan menurun. Ada pengaruh yang signifikan antara pelatihan dan pengawasan terhadap produktivitas pada pegawai Dinas Perdagangan Kota Medan. Sehingga apabila pelatihan dan pengwasan tinggi atau meningkat, maka produktivitas dapat meningkat. Sebaliknya apabila pelatihan dan pengawasan rendah atau menurun maka produktivitas akan menurun.

Kata Kunci: Pelatihan, Pengawasan, Produktivitas Kerja

Full Text:

PDF

References


BUKU

AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Akhyar, Yusuf Lubis, 2015, Pemikiran Kritis Kontemporer, Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daft, L. Richard. 2012. Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Handoko, 2013, Manajemen ; Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas, BPFE Yogyakarta.

Juliandi, Azuar. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Bisnis. Medan: M2000.

Mondy, R. Wayne, Noe Robert M., 2010. Human Resource Management, Tenth Edition, Jilid I, Penterjemah Bayu Airlangga, M.M., Penerbit Erlangga, Jakarta.

Nasution, Mulia, 2011. Manajemen Personalia, Djambatan, Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukaria Sinulingga. 2014, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Yogyakarta: Prenada Media.

T. Hani Handoko, 2013, Manajemen, edisi 2, BPFE, Yogyakarta.

Veithzal Rivai. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT.

Raja Grafindo Persada, Depok, 16956

JURNAL

Agustina dan Silvia. 2012. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Volume 2, Nomor 02, Oktober 2012.

Aisyah, S., Astuty, W., & Hafsah, H. (2019). PENGARUH KOMITE AUDIT DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PT. INALUM. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer (JAKK), 2(1), 81-98.

Fadillah, F. (2017). Analisis Rasio Keuangan Sebagai Alat untuk Mengetahui Kinerja Keuangan Perusahaan Pada PT. Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) Medan (Doctoral dissertation).

Faisal, M. (2019). Perilaku Hangout Generasi Milenial dalam Membuka Peluang Kerja di Kota Medan (Doctoral dissertation).

Hanum, Z., & Hasibuan, J. S. (2018). MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERKULIAHAN AKUNTANSI PERPAJAKAN DENGAN PROGRAM KOMPUTER PAJAK. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Gustiadi, R. (2019). Strategi Ketahanan Pangan Dalam Mendukung Perkembangan Ekonomi Di Kabupaten Aceh Barat Daya (Doctoral dissertation).

Hafsah, H., & Ramadhani, F. (2021). Analisis Penerapan Perencanaan Pajak Atas Biaya Kesejahteraan Karyawan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(3), 146-157.

Hanum, Z. (2020). ANALISIS ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM SEBAGAI ALTERNATIF PERHITUNGAN TARIF JASA RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM HAJI MEDAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(2), 121-131.

Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Sinambela, E. (2018). STRATEGI KEBIJAKAN BUMDES: BOTTOM-UP of ECONOMIC DEVELOPMENT MODEL (STUDI KASUS KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA) Tahun 1 dari Rencana 2 Tahun. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Sinambela, E. (2018). STRATEGI KEBIJAKAN BUMDES: BOTTOM-UP of ECONOMIC DEVELOPMENT MODEL (STUDI KASUS KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA) Tahun 1 dari Rencana 2 Tahun. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Munthe, R. R. (2019). Analisis Potensi Pensiun Dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi Indonesia (Doctoral dissertation).

Rambe, M. F., & Hariani, P. (2018). IMPLIKASI FUNGSI PRODUKSI COBB-DOUGLAS PADA USAHA MIKRO KECIL (UMK) MAKANAN SIAP SAJI DI KOTA MEDAN TAHUN 2015. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Ritonga, P., & Hafsah, H. (2018). PENGEMBANGAN DAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAHPENGANTAR AKUNTANSI BERBASIS KKNI DAN PEMANFAATAN KONTEN DOKUMEN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

RS, P. H. (2017). MENUMBUH KEMBANGKAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK PEMULUNG DI DESA MANUNGGAL KECAMATAN LABUHAN DELI KABUPATN DELI SERDANG. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Sarani, I. (2019). Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten Gayo Lues Pasca Kebijakan Otonomi Khusus (Doctoral dissertation).

Sinambela, E., & Saragih, F. (2018). Model Penyaluran Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah Bagi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Pada Baznas Sumatera Utara. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Tumangger, N. (2019). Analisis Pengaruh Transfer Payment Terhadap Penurunan Tingkat Kemiskinana Pada Pemerintahan (Doctoral dissertation).

Tupti, Z., Hariani, P., & Pohan, M. (2018). PENGEMBANGAN EKONOMI PARIWISATA: PASCA ERUPSI GUNUNG SINABUNG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Wulandari, D. A., & Januri, J. (2020). Pengaruh Profitabilitas Dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek

Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), 45-50.

INTERNET

Adinugroho, Siswandi. 2011. Model VCT: Landasan Teori, Kerangka berfikir dan hipotesis (online). (http://nazwadzulfa.wordpress.com . diakses pada tanggal 29 Maret 2012)

R.Terry, George dan Leslie W.Rue. Dasar-Dasar Manajemen. (Jakarta: Bumi Aksara, 2012) Sondang P. Siagian. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ekal Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats