Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Ketetapan Pembelian Apple Smartphone (Study Mahasiswa Muhammadiyah Sumatera Utara)
Abstract
Salah satu merek Smartphone yang sedang booming sekarang ini adalah iphone, yang merupakan produk smartphone keluaran dari apple.inc, para pengguna iphone dimata masyarakat memiliki tingkat prestige tersendiri, Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untu mengetahui Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone apple yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.Metode penelitian ini adalah penelitian asosiatif dan kuantitatif dengan menggunakan survey.Adapun yang menjadi lokasi tempat penelitian ini dilakukan di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara JL. Kapten Muktar Basri no. 3 Medan, Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraTeknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan teknik accidental sampling atau yang berkebetulan menggunakan smartphone sebanyak : 10 hari x 10 orang = 100 orang responden, uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regressi linier berganda. ada pun hasil penelian adalah Terdapat hubungan antara harga dengan keputusan pembelian Iphonedilihat dari nilai t hitung > t tabel Terdapat pengaruh antara Pengujian Kualitas produk dengan keputusan pembelian Iphone dilihat dari nilai t hitung > t tabel, Terdapat pengaruh antara Citra Merek dengan keputusan pembelian Iphonedilihat dari nilai t hitung > t tabelTerdapat hubungan yangsignifikan antar masing masing variabel bebas ke variabel terikat karena nilai f hitung > f tabel dan taraf signifikannya yakni 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000< 0,05) artinya dalam penelitian ini semua variabel bebas (harga, kualitas produk, Citra Merek dan efektivitas teknologi sistem informasi akutansi ) berpengaruh terhadap keputusan pembelian Iphone di UMSU dan nilai R Square 43,5% .
Kata kunci: harga, kualitas produk, citra merek dan keputusan membeli
Full Text:
PDFReferences
BUKU
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. Jakarta.
Marwanto, aris. (2015). Marketing sukses. Yogyakarta: Kobis.
Thamrin, A., & Francis, T. (2014). Manajemen Pemasaran. 2014: Rajawali Pers.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: ANDI.
JURNAL
Abdullah, I., & Nainggolan, E. P. (2018). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Motivasi Membayar Pajak Dengan Penerapan UU Tax Amnesty Sebagai Variabel Moderating Pada KANWIL DJP SUMUT I MEDAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 181-191.
Abdullah, I., & Nainggolan, E. P. (2019). Kualitas Laporan Keuangan Daerah Ditinjau Dari Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dan Tata Kelola Aset Daerah (Study Pada Kantor Badan Tata kelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(1), 118-126.
Alpi, M. F., & YUSNANDAR, W. (2018). Studi kebijakan hutang: Antaseden dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Alpi, M. F. (2019, October). Penerapan Good Corporate Governance pada PT. Bank BUMN Tbk Regional I Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 355-364).
Alpi, M. F., & Batubara, S. S. (2021). Studi Profitabilitas: Antaseden dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 46-53.
Gultom, D. K. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Handphone Blackberry Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1), 8194.
Hani, S. (2021). [TURNITIN] Entrepreneurs Understanding on MSME (Micro Small Medium Enterprises) on Concept of Sharia Financial Statements. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Harahap, S. H., & ALPI, M. F. (2018). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIDALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Lubis, H. Z., Syahputri, D., Adelia, N. D., & Maherza, W. (2019, October). Tingkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Menabung Sejak Dini di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 194-199).
Lubis, H. Z., & Ismaya, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(3), 206-215.
Lubis, H. Z., & Pulungan, P. R. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Dengan Bantuan Media Video Dalam Pembelajaran Akuntansi. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 156-167.
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., Mirsya, S., & Nasution, A. (2017). Pengaruh kualitas Produk, Promosi Terhadap Penjualan Pada Usaha Mikro Pengrajin Sepatu Di Kecamatanmedan Denai. PISSN2089-3590 | EISSN 2303-2472. Prosiding SNaPP2017Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 7(1), 6070.
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 112. https://doi.org/10.5281/zenodo.1012560
Rambe, S., & Lubis, H. Z. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 65-76.
Rambe, S., & Lubis, H. Z. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 65-76.
Sanjaya, S., & Sipahutar, R. P. (2019). Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Asset pada Perusahaan Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 136-150.
Sanjaya, S. (2018). Analisis Du Pont System dalam Mengukur Kinerja Keuangan PT. TASPEN (PERSERO). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 17(1).
Sanjaya, S., & WAHYUDI, H. (2018). Peran Moderasi Kepemilikan Institusional Terhadap Determinan Return on Equity Di Bursa Efek Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Sembiring, K. F. (2020). Strategi Pemasaran Salak Pondoh (Salacca Edullis) CV Sinar Ponti (Doctoral dissertation).
Sembiring, P. L. (2019). NALISIS RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN)
LIDI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN HINAI KABUPATEN LANGKAT (Doctoral dissertation).
Sembiring, M. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Dagang Di Bursa Efek Indonesia. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(1), 59-68.
Sipahutar, R. P., & Sanjaya, S. (2020). Pengaruh Current Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Restoran, Hotel Dan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 200-211.
Sucipto, T. N., & Hasibuan, R. (2020). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Pajak Penghasilan Badan Terutang Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 207-212.
Suri Amilia, (2017) . Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.6, NO.1, MEI 2017.
Syahputra, M. I. (2019). Analisis Pengembangan Agribisnis Kopi (Coffea sp.) Di Coffee Shop Seladang Cafe (Doctoral dissertation).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dewi Mustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License