Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan LifestyleTerhadap Buying Decision Iphone Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Masnoni Andriani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth dan gaya hidupTerhadap Keputusan Pembelian iPhonepada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah Electronic Word Of Mouth dan gaya hidupberpengaruh terhadap Keputusan Pembelian iPhonepada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini dibatasi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis yang sudah pernah menggunakan iPhone, sampel penelitian ini adalah 97 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kueisioner yang di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil regresi linier berganda Y = 0.176 + 0.273 X1 + 0.826 X2, hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan secara simultan electronic word of mouth dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian iphone pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Nilai R-Square sebesar 0.838 atau 83.8% berarti keputusan pembelian dijelaskan variabel electronic word of mouth dan gaya hidup berkontribusi terhadap minat keputusan pembelian sebesar 83.8% sedangkan sisanya sebesar 16.2 % dipengaruhi variabel lain.

 


Keywords


Electronic word of mouth, gaya hidup dankeputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Abdilla, M., & Agus, I. (2020). Keputusan Pembelian Smartphone Ditinjau Dari Kebutuhan dan Gaya Hidup Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 22(1), 85–95.

Ali, H. (2010). Pemasaran dari Mulut-ke- Mulut. Media Presindo.

Ardila, I., & Fadhila, N. F. N. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderating. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1)

Astuti, R., & Abdullah, I. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilman, 5(2), 14–23.

Augusty, F. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2012). What Drives Consumers To Spread Electronic Word Of Mouth in Online Consumer-Opinion Platforms. Decision Support Systems, 53(1), 218–225.

Daulay, R., & Putri, R. E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8, 1– 6.

Fadhila, N., & Christiana, I. (2020). ANALISIS KINERJA BANK MUAMALAT (MENGGUNAKAN RASIO KEUANGAN DAN INDEKS MAQASHID SYARIAH). LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(1), 79-95

Fahmi, M. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Tribun Medan. Jurnal Ilmiah Marsitek, 1(1), 65–72.

Goyette I., Ricard, L., J., B., & F., M. (2010). e-WOM Scale: Word Of Mouth Measurement Scale For E‐services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 27(1), 5–23.

Hadi, S., & Herawati, F. A. (2008). Pengaruh Tingkat Asosiasi Merek Terhadap Tingkat Kesediaan Melakukan E-word Of Mouth (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Asosiasi Merek Produk Fashion Bonvieux Terhadap Tingkat Kesediaan Melakukan e- Word Of Mouth). 1–15.

Handoko, H., & Swastha, B. (2010). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. CV. Andi Offset.

Juliandi, A., & Irfan, I. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis.

Citapustaka Media Perintis.

Juliandi, A., & Irfan, I. (2015). Metode Penelitian Bisnis : Konsep & Aplikasi. M2000. Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing

Brand Equity (4th ed.). USA, Pearson Education.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles Of Marketing (14th ed.). New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Linnarto, F. P., Gunawan, K. P., Setiadi, M., Ashyari, R. A., & Lukman, S. (2019). Teh Putih sebagai Alternatif Minuman Fungsional Untuk Gaya Hidup Sehat : Peluang Komersialisasi di Indonesia. Indonesia Business Review, 02(1), 1–21.

Malik, M. (2017a). Pengaruh Dimensi Gaya Hidup dan Electronic Word Of Mouth ( EWOM) Pada Media Sosial Intagram Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di kafe Cozy Coffee Corner Purwerejo. OIKONOMIA, 6, 59–66.

Malik, M. (2017b). Pengaruh Dimensi Gaya Hidup dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Pada Media Sosial Instagram Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Cozy Coffee Corner Purworejo. OIKONOMIA, 6(1), 1–8.

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azar, M. E. (2020). Model Elektronik Word Of Mounth: Citra Destinasi, Kepuasan Dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.3694

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 1–7.

Novita, S., Muhammad, S., & Jamalludin, H. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.com. Manajemen Magister, 03, 96–106.

Paul, P. J., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (9th ed.).

Salemba Empat.

Pawistri, K. D., & Harti, H. (2020). Pengaruh Pengetahuan Ramah Lingkungan, Sikap Terhadap Lingkungan dan Gaya Hidup Pada Keputusan Pembelian Nature Republic Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 625–631.

Prasetyo, C. B., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Vlog Sebagai Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei kepada Konsumen yang Menonton Video YouTube Channel & quot;Faris Malang & quot; pada Kuliner Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 62(1), 118–126.

Pulungan, D. R., Koto, M., & Syahfitri, L. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Seminar Nasional Royal (SENAR), 9986(September), 401–406.

Rizal, S. M., & Radiman, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 117-128.

Romdonah, R., Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2015). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Kasus Pada Konsumen Dealer Honda Pratama Kurnia Kasih). Journal of Management, 1(1), 1–7.

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com. Jurnal Manajemen Magister, 03(01), 96–106.

Sari, V. E. (2019). Pengaruh E-wom, Lifestyle, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Ticket Online Booking Pada Situs Traveloka.Com Di Ponogoro (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat Dan Kereta Api). EJournal Adminitrasi Bisnis, 7(4), 474–487.

Seo, E., & Park, J. (2018). A study On The Effects Of Social Media Marketing Activities On Brand Equity And Customer Response In The Airline Industry. Journal of Air Transport Management, 66(August 2017), 36–41.

Setiadi, N. . (2015). Perilaku Konsumen. PT. Kencana.

Setiawan, A. (2017). Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Return on Asset. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 1(2), 130–152.

Siswadi, Y. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Jasa Marga Cabang (Belmera) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 124–137.

Suci, D. P., & Sri, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (LIfestyle) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Administrasi Bisnis, 5, 63–70.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta. Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Suwarduki, P., Yulianto, E., & Mawardi, M. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth

Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(2), 1–10.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset. Utomo, S. B. (2013). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli

Honda Vario Techno 125 PGM-FI. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.

Wijaya, T., Paramita, L., & Salatiga, J. D. (2014). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWom) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR. Seminar Nasional Dan Call For Paper, 17(Sancall), 12–19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Masnoni Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats