Analisis Pengaruh Citra Perusahaan Serta Kepercayaan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pos Express Di Pt. Pos Indonesia (Persero) Medan 20000

Adisya Nadira Putri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa hal yaitu Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian, Pengaruh Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian, Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian, dan Pengaruh Citra Perusahaan Serta Kepercayaan dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pos Express di PT. Pos Indonesia (PERSERO) Medan 20000. Dalam penelitian ini teknik penelitian yang digunakan melalui teknik nonprobability sampling. Sampling yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria responden pernah menggunakan jasa pos express. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket (kuesioner) dan teknik analisis data menggunakan SPSS (Statistical Package For The Sosial Sciences) untuk menguni empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwapengaruh citra perusahaan terhadap keputusan pembelian positif dan signifikan,

(2) pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian positif dan signifikan,(3) pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian positif dan signifikan, (4) pengaruh citra perusahaan serta kepercayaan dan word of mouth terhadap keputusan pembelian positif dansignifikan.


Keywords


Citra Perusahaan, Kepercayaan, Word Of Mouth dan Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Adikumoro, D. P., & Achmad, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Promosi dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Oslo Batik Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–12. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/65575

Amirullah.(2015). Pengantar Manajemen Fungsi-Proses-Pengendalian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Arif, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Fastfood Indonesia Store KFC Raja Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 12–19.

Astuti, D. (2018). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Kasus Pada Pengguna Smartphone di Boyolali). Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–17. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66289

Chung, P. S. A. F. U. M. (2018). Studi Kasus Sistem Informasi Manajemen Volume 1.

Malang: Seribu Bintang.

Fahrian, F., Hasiolan, L. B., & Haryono, A. T. (2015). Pengaruh Citra Merek, Lokasi, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membeli Bbm Di Spbu Gasindo Mekar Putra Semarang. Journal Of Management, 1(1), 1–19.

Handayani, S., Bismala, L., & Arda, M. (2019, October).Program Kemitraan Masyarakat Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli.In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 52-57).

Handoko, D. S., & Rambe, M. F. (2018).Pengaruh Pengembangan Karir dan Kompensasi terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 31-45.

Hasan, A. (2010a). Marketing dari Mulut Ke Mulut Word Of Mouth Marketing. Yogyakarta: PT. Buku Seru.

Irawan, D., Rambe, M. F., & Munasib, A. (2020).Peran Moderasi Kinerja Pendamping Pada Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Pengentasan Kemiskinan di Kota Tanjungbalai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 136-147.

Jasin, H., Mujiatun, S., Rambe, M. F., & Siregar, R. B. (2021). Apakah Kepercayaan Memediasi Pengaruh Reputasi Bank dan Religiusitas Terhadap Purchase Intention?.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Medan: UMSU Press.

Julita, J., Arianty, N., & Rambe, M. F. (2021).Entrepeneur Independence Model in Improving Entrepeneur's Performance in Lubuk Pakam District. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(2), 133-142.

Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 86-102.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip Prinsip Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Manik, D. E. M. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT Astra Internasional- Medan. JRMB (Jurn

Riset Manajemen Dan Bisnis), 3(2),1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/jrmb.v3i2.888

Muis, M. R., & Fahmi, M. (2017). Pengaruh Promosi Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(3), 1–13. Mutiarawati, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Jasa Service Pada Honda Angwin Motor Surabaya Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2.

http://repository.untagsby.ac.id/id/eprint/2403

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594

Nugroho, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi

Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Taksi Online Go-Car di Kota Solo. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–12. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66788

Nurhaeni, N., & Astuti, S. R. T. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word of Mouth dan Lokasi terhadap Keputusan Pemakaian Jasa pada Bengkel Honda Jatake Motor Tanggerang. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, 20. Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014).Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Pratiwi, M. S., Suwendra, I. W., & Yulianthini, N. N. (2014). Pengaruh Citra Perusahaan, Citra Produk, dan Citra Pemakai Terhadap Keputusan Pembelian Produk Foremost Pada Distro Ruby Soho di Singaraja. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, 2(1), 1–12. Putri, R. E., W, H. J., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan JNE Cabang Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(4), 220–228.

RANGKUTI, R. K. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang Dan Perputaran Persediaan Terhadap Return On Asset Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Romindo, R., Muttaqin, M., & Saputra, D. H. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis. Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saputri, K., Astuty, W., & Rambe, M. F. (2020).Pengaruh Return on Equity dan Current Ratio Terhadap Price to Book Value Dengan Debt to Equity Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Transportasi di Bursa Efek Indonesia 2015-2018. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 220-230.

Siregar, G., Andriany, D., & Bismala, L. (2019, October).Program Inkubasi Bagi Tenant Inwall Di Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 45-51).

Siregar, G., Andriany, D., Bismala, L., & Putra, Y. A. (2020). MODEL SINERGI KELEMBAGAAN DALAM PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(2), 132-141.

Sopiah, & Sangadji, E. M. (2010).Metodologi Penelitian- Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset (Penerbit Andi).

Sudarso, A. (2016). Manajemen Jasa Perhotelan (Dilengkapi Dengan Hasil Riset Pada Hotel Berbintang di Sumatera Utara).Yogyakarta: Deepublish.

Suprapto, R., & Wahyuddin, Z. (2020).Buku Ajar Manajemen Pemasaran.Myra Publisher. Wahyuni, D. (2018a). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa ( Studi Pada Pengguna JNE di

Kebumen ). Jurnal Manajemen Pemasaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adisya Nadira Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats