Dampak Tanggapan Manfaat, Kemudahan Menggunakan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Ovo Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Imam Fahlefi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perspesi manfaat terhadap minat menggunakan aplikasi OVO pada mahasiswa UMSU. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemudahan menggunakan terhadap terhadap minat menggunakan aplikasi OVO pada mahasiswa UMSU. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap terhadap minat menggunakan aplikasi OVO pada mahasiswa UMSU. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Persepi Manfaat, kemudahan Menggunakan dan Kepercayaan secara bersama-sama terhadap minat menggunakan aplikasi OVO pada mahasiswa UMSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, adapun teknik analis data yang digunakan adalah teknik analisis linear berganda. Adapun hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial ada pengaruh yang signifikan variabel Persepsi Manfaat terhadap terhadap Minat menggunakan Aplikasi OVO pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Secara parsial ada pengaruh yang signifikan variabel Kemudahan terhadap terhadap Minat menggunakan Aplikasi OVO pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Secara parsial ada pengaruh yang signifikan variabel Kepercayaan terhadap terhadap Minat menggunakan Aplikasi OVO pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Sedangkan hasil penelitian secara simultan dan signifikan terdapat pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan dan Kepercayaan terhadap meinat menggunakan Aplikasi OVO pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi ( R square) yang diperoleh sebesar 0,359, hasil ini memiliki arti bahwa 35,9% variabel minat menggunakan dapat dijelaskan oleh variabel Persepsi Manfaat, Kemudahan, dan Kepercayaan sedangkan sisanya sebesar 64,1% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


Persepsi Manfaat, Kemudahan, Kepercayaan, Minat Menggunakan

Full Text:

PDF

References


Andriany, D., HASIBUAN, L. S., & Rahayu, S. E. (2018). Pengembangan model pendekatan partisipatif dalam memberdayakan masyarakat miskin kota Medan untuk memperbaiki taraf hidup. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Aulia, N. (2019). Pengaruh Value Terhadap Minat Penggunaan OVO di Malang Raya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 4374–4382.

Brigham, & Houston. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Edisi 11). Salemba Empat. Fauziati, P. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah Terhadap

Layanan Internet Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Kajian Akuntansi Dan Auditing, 4(2), 27–38.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.

Gunawan, A., & Wahyuni, S. F. (2014). Pengaruh rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan perdagangan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 13(1).

Handoko, D. S., & Rambe, M. F. (2018). Pengaruh Pengembangan Karir dan Kompensasi terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 31-45.

Harlan, D. (2014). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 2(2), 1.

Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019, October). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 128- 137).

Istiarni, P. R. D. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Bangking. Diponegoro Jouranl of Accounting, 3(2), 1–13.

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 21(1), 1-19.

Mujiatun, S. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Pegawai Pada Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 15(1).

Prayogi, M. A., Koto, M., & Arif, M. (2019). Kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada pengaruh work-life balance dan stres kerja terhadap turnover intention. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 20(1), 39-51.

Rizal, S. M., & Radiman, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 117-128.

Sabrina, R. (2021). Pemberdayaan Petani dalam Peningkatan Kinerja Pertanian (Suatu Kajian dengan Pendekatan Teoritis). JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(2), 100-104.

Siagian, T. S., & Khair, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 59-70.

Siregar, G., Andriany, D., & Bismala, L. (2019, October). Program Inkubasi Bagi Tenant Inwall Di Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 45-51).

Siregar, Q. R., & Farisi, S. (2018). Pengaruh Return On Assets Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 81-89.

Wahyuni, S. F. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 109-117.

Dalle, J., Hayat, A., Karim, A., Tirtayasa, S., Sulasmi, E., & Prasetia, I. (2021). The influence of accounting information system and energy consumption on carbon emission in the textile industry of Indonesia: Mediating role of the supply chain process. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(1), 536-543.

Rahmayati, R. (2021). Competition Strategy In The Islamic Banking Industry: An Empirical Review. International Journal Of Business, Economics, And Social Development, 2(2), 65-71.

Trianto, B., Rahmayati, R., Yuliaty, T., & Sabiu, T. T. (2021). Determinant factor of Islamic financial inclusiveness at MSMEs: Evidence from Pekanbaru, Indonesia. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 105-122.

Wahyuni, T., Siregar, P. A., & Bancin, K. (2020). Faktor Makroekonomi dan Mikroekonomi dalam Pembiayaan Bermasalah Bank Syariah di Indonesia. Equilibrium, 8(1), 89-108.

Butar-Butar, A. J. R. (2019). Historiografi Ilmu Falak di Nusantara: Sejarah, Motivasi dan Tokoh Awal. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(2), 156-173.

Raisal, A. Y., Hidayat, M., Hermawan, L., & Rakhmadi, A. J. (2021). The Effect of the Installation Angle of the Sky Quality Meter on the Night Sky Brightness and the Beginning of the Fajr Prayer Time. Indonesian Review of Physics, 3(2), 35-39.

Hidayat, M., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2020). Measuring the Apparent Magnitude of Planet Mars on August 1st and October 2nd, 2018 at the Falak Observatory at Muhammadiyah University of North Sumatera. Indonesian Review of Physics (IRiP), 3(1), 6-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Imam Fahlefi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats