Dampak Profitabilitas, Leverage Dan Disiplin Wajib Pajak Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan PULP Dan Kertas Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019

Nur Agraningsih

Abstract


Industri pulp dan kertas adalah industri yang mengolah kayu sebagai bahan dasar untuk memproduksi pulp, kertas, papan dan produk berbasis selulosa lainnya. Pada beberapa perusahaan pulp dan kertas di Bursa Efek Indonesia mengalami penurunan pada laba bersih dan kenaikan pada total hutang sehingga diduga tidak berpotensi menciptakan nilai tambah pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, dan kepatuhan wajib pajak terhadap tax avoidance perusahaan pulp dan kertas yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Dimana tax avoidance merupakan salah satu cara perusahaan dalam mengelola beban pajaknya secara legal. Penelitian ini difokuskan pada perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pulp dan kertas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014- 2019. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian sebanyak 9 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purpose sampling dengan jumlah pengamatan sebanyak 7 sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage akan menyebabkan meningkatnya tax avoidance. Sedangkan kepatuhan wajib pajak tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kepatuhan wajib pajak tidak akan berpengaruh terhadap meningkatnya tax avoidance.


Keywords


tax avoidance, profitabilitas, leverage, dan kepatuhan wajib pajak.

Full Text:

PDF

References


Dalle, J., Hayat, A., Karim, A., Tirtayasa, S., Sulasmi, E., & Prasetia, I. (2021). The influence of accounting information system and energy consumption on carbon emission in the textile industry of Indonesia: Mediating role of the supply chain process. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(1), 536-543.

Rahmayati, R. (2021). Competition Strategy In The Islamic Banking Industry: An Empirical Review. International Journal Of Business, Economics, And Social Development, 2(2), 65-71.

Trianto, B., Rahmayati, R., Yuliaty, T., & Sabiu, T. T. (2021). Determinant factor of Islamic financial inclusiveness at MSMEs: Evidence from Pekanbaru, Indonesia. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 105-122.

Wahyuni, T., Siregar, P. A., & Bancin, K. (2020). Faktor Makroekonomi dan Mikroekonomi dalam Pembiayaan Bermasalah Bank Syariah di Indonesia. Equilibrium, 8(1), 89-108.

Butar-Butar, A. J. R. (2019). Historiografi Ilmu Falak di Nusantara: Sejarah, Motivasi dan Tokoh Awal. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(2), 156-173.

Raisal, A. Y., Hidayat, M., Hermawan, L., & Rakhmadi, A. J. (2021). The Effect of the Installation Angle of the Sky Quality Meter on the Night Sky Brightness and the Beginning of the Fajr Prayer Time. Indonesian Review of Physics, 3(2), 35-39.

Hidayat, M., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2020). Measuring the Apparent Magnitude of Planet Mars on August 1st and October 2nd, 2018 at the Falak Observatory at Muhammadiyah University of North Sumatera. Indonesian Review of Physics (IRiP), 3(1), 6-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Agraningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats