Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Melalui Kepuasan Konumen Di Pasar Sukaramai Medan

Nandita Maharani Putri

Abstract


Minat beli memiliki pengaruh yang baik untuk para penjual dan pengusaha. Peneliti yang sudah melakukan banyak pengujian untuk cara meningkatkan minat beli di kalangan masyarakat. Dari penelitian ini kami bertujuan untuk mengetahui minat beli akan memiliki pengaruh dari kualitas pelayanan yang baik dan kualitas produk sesuai yang akan membuat konsumen akan menjadi merasa puas yang mengakibatkan minat beli ulang. Dengan populasi yang tak terhingga membuat peneliti harus menggunakan purposive sampling untuk pengambilan sampel dan di dapat 30 sampel. Dalam menganalisis hipotesis menggunakan perhitungan SEM-PLS dalam aplikasi SmartPLS.Dari hasi pengujian didapatkan pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap minat beli secara signifikan sedangkan untuk kualitas produk dan pengujian 3 variabel secara bersama-sama mengahasilkan nilai yang tidak berpengaruh terhadap minat beli.Penelitian kali ini dapat membantu penjual dan penguaha dalam meningkatkan minat beli dikalangan masyarakat.Tingginya tingkat persaingan dalam meningkatkan penjualan membuat para perjual harus memikirkan untuk menarik konsumen. Dari meningkatkan kualitas pelayanan bisa menjadi tindakan awal dalam membuat mayarakat dapat berminat untuk membeli di pasar Sukaramai Medan.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Kepuasan Konsumen, Pasar Tradisional

Full Text:

PDF

References


Dalle, J., Hayat, A., Karim, A., Tirtayasa, S., Sulasmi, E., & Prasetia, I. (2021). The influence of accounting information system and energy consumption on carbon emission in the textile industry of Indonesia: Mediating role of the supply chain process. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(1), 536-543.

Rahmayati, R. (2021). Competition Strategy In The Islamic Banking Industry: An Empirical Review. International Journal Of Business, Economics, And Social Development, 2(2), 65-71.

Trianto, B., Rahmayati, R., Yuliaty, T., & Sabiu, T. T. (2021). Determinant factor of Islamic financial inclusiveness at MSMEs: Evidence from Pekanbaru, Indonesia. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 105-122.

Wahyuni, T., Siregar, P. A., & Bancin, K. (2020). Faktor Makroekonomi dan Mikroekonomi dalam Pembiayaan Bermasalah Bank Syariah di Indonesia. Equilibrium, 8(1), 89-108.

Butar-Butar, A. J. R. (2019). Historiografi Ilmu Falak di Nusantara: Sejarah, Motivasi dan Tokoh Awal. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(2), 156-173.

Raisal, A. Y., Hidayat, M., Hermawan, L., & Rakhmadi, A. J. (2021). The Effect of the Installation Angle of the Sky Quality Meter on the Night Sky Brightness and the Beginning of the Fajr Prayer Time. Indonesian Review of Physics, 3(2), 35-39.

Hidayat, M., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2020). Measuring the Apparent Magnitude of Planet Mars on August 1st and October 2nd, 2018 at the Falak Observatory at Muhammadiyah University of North Sumatera. Indonesian Review of Physics (IRiP), 3(1), 6-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nandita Maharani Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats