Dampak Profesionalisme, Etika Auditor Dan Komitmen Normatif Terhadap Mutu Audit Pada Kantor Akuntan Publik Di Kota Medan

Nadilla Nirmala Dalimunthe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh profesionalisme, etika auditor, dan komitmen normatif terhadap kualitas audit. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan didalam penelitian ini adalah sensus sampling dan sampel yang diperoleh dari penelitian ini sebanyak 59 orang dari 22 populasi yang diajukan. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner secara langsung kepada auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Kota Medan. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah uji hipotesis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme auditor berpengaruh terhadap kualitas audit sedangkan etika auditor dan komitmen normatif tidak berpengaruh terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik di Kota Medan.


Keywords


Profesionalisme, Etika Auditor, Komitmen Normatif, Kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Dalle, J., Hayat, A., Karim, A., Tirtayasa, S., Sulasmi, E., & Prasetia, I. (2021). The influence of accounting information system and energy consumption on carbon emission in the textile industry of Indonesia: Mediating role of the supply chain process. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(1), 536-543.

Rahmayati, R. (2021). Competition Strategy In The Islamic Banking Industry: An Empirical Review. International Journal Of Business, Economics, And Social Development, 2(2), 65-71.

Trianto, B., Rahmayati, R., Yuliaty, T., & Sabiu, T. T. (2021). Determinant factor of Islamic financial inclusiveness at MSMEs: Evidence from Pekanbaru, Indonesia. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 105-122.

Wahyuni, T., Siregar, P. A., & Bancin, K. (2020). Faktor Makroekonomi dan Mikroekonomi dalam Pembiayaan Bermasalah Bank Syariah di Indonesia. Equilibrium, 8(1), 89-108.

Butar-Butar, A. J. R. (2019). Historiografi Ilmu Falak di Nusantara: Sejarah, Motivasi dan Tokoh Awal. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(2), 156-173.

Raisal, A. Y., Hidayat, M., Hermawan, L., & Rakhmadi, A. J. (2021). The Effect of the Installation Angle of the Sky Quality Meter on the Night Sky Brightness and the Beginning of the Fajr Prayer Time. Indonesian Review of Physics, 3(2), 35-39.

Hidayat, M., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2020). Measuring the Apparent Magnitude of Planet Mars on August 1st and October 2nd, 2018 at the Falak Observatory at Muhammadiyah University of North Sumatera. Indonesian Review of Physics (IRiP), 3(1), 6-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nadilla Nirmala Dalimunthe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats