Determinan Struktur Modal Dari Pandangan Perpajakan Pada Perusahaan Advertising Printing Media Yang Terdaftar Di Bei

Cahyo Ario Bimo

Abstract


Struktur modal adalah perbandingan antara hutang dengan ekuitas.Struktur modal berguna untuk mengukur proporsi utang dan ekuitas yang digunakan sebagai sumber pendanaan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Debt tax shield, Non debt Tax Shield, dan Efektive Tax Rate terhadap Struktur Modal di Perusahaan Advertising Printing Media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif. Sampel yang digunakan purposive sampling sebanyak 10 perusahaan untuk tahun 2014-2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik desktiptif, uji regresi linear berganda model data panel, uji hipotesis (Uji-t dan Uji-F) serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Ukuran Debt tax shield, Non debt tax shield berpengaruh terhadap struktur modal , dan Efektive Tax Rate tidak berpengaruh terhadap Struktur Modal. Kemudian Debt tax shield, Non debt tax shield, dan Efektive tax rate secara simultan berpengaruh terhadap Struktur Modal. Dengan demikian para pembuat keputusan dapat mempergunakan rasio rasio tersebut sebagai alat pertimbangan dalam membuat kebijakan dalam sistem perpajakan pada perusahaan


Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. (2020). Pengaruh Likuiditas dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Makanan dan Minuman. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), 16-22.

Abdullah, I., & Nainggolan, E. P. (2018). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Motivasi Membayar Pajak Dengan Penerapan UU Tax Amnesty Sebagai Variabel Moderating Pada KANWIL DJP SUMUT I MEDAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 181-191.

Agustina, D. A. (2018). Analisis Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Non Debt Tax Shield, dan Effective Tax Rate terhadap Struktur Modal (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Listing di BEI tahun 2012-2017). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 4758.

Ardyansyah., & Z. (2014). Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity Ratio Dan Komisaris Independen Terhadap Effective Tax Rate (Etr). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 114.

Gultom, D. K., Arif, M., Azhar, M. E., & Mukmin, M. (2021). Peran Mediasi Brand Satisfaction Pada Pengaruh Self Congruity Terhadap Brand Loyalty. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 72- 85.

Hafiz, M. S., & Wahyuni, S. F. (2021). Analisis Kesiapan Penganggaran Household Atas Dampak Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 21(1), 63-78.

Hani, S. (2021). [Prosiding] MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENGUKUR. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Hani, S. (2021). [MODUL] PETUNJUK DAN TATA CARPELAKSANAAN PAJAK RESTORAN. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi.

UMSU Press.

Khodijah, S. (2017). Pengaruh Struktur Aktiva, Non Debt Tax Shield, Umur Perusahaan, dan Investasi Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013. Jernal Ekonomi, 8(2), 135145.

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 21(1), 1-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cahyo Ario Bimo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats