Dampak Profitabilitas Dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Pendapatan Badan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Periode 2015-2020

Syabila Oktaviana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin terhadap pajak penghasilan badan dan untuk menguji dan menganalisis pengaruh biaya operasional terhadap pajak penghasilan badan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI.Populasi pada penelitian ini seluruh Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 162 perusahaan dan sampel dari penelitian pada perusahaan manufaktur untuk sector makanan dan minuman sebanyak 6 perusahaan dengan 6 tahun pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif, analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial, Uji Determinan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2020, Biaya Operasional secara parsial berpengaruh terhadap Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2015- 2020dengan Nilai R Square yaitu sebesar 0,629 atau 62,9% yang artinya besarnya pengaruh dari Pajak Penghasilan Badan dengan Profitabilitas dan Biaya Operasional sedangkan sisanya 37,1% variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini, misalnya hutang perusahaan, ukuran perusahaan likuditas perusahaan dan variabel lainnya


Keywords


Profitabilitas, Biaya Operasional dan Pajak Penghasilan Badan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I., & Nainggolan, E. P. (2019). Kualitas Laporan Keuangan Daerah Ditinjau Dari Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dan Tata Kelola Aset Daerah (Study Pada Kantor Badan Tata kelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(1), 118-126.

Afriyanti, L., & Zurriah, R. (2021). Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, UMSU).

AZHAR, M. E., & JUFRIZEN, J. (2018). MODEL STRUKTURAL PENGEMBANGAN LOYALITAS

WISATAWAN DI KAWASAN DANAU TOBA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Fahmi, M., & Syahputra, M. R. (2019). Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan (Fraud).

LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(1), 24-36.

Hafiz, M. S., & Wahyuni, S. F. (2021). Analisis Kesiapan Penganggaran Household Atas Dampak Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 21(1), 63-78.

Hani, S. (2021). [TURNITIN] Entrepreneurs Understanding on MSME (Micro Small Medium Enterprises) on Concept of Sharia Financial Statements. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Hani, S. (2021). [Prosiding] THE PERCEPTION OF THE CONCEPT OF SHARIA FINANCIAL STATEMENTS ON MUSLIM SMALL MEDIUM ENTERPRISES (SMES) ENTREPRENEURS IN MEDAN CITY. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Hanum, Z. (2012). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Modal Kerja Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 11(2), 115.

Harahap, S. H., & ALPI, M. F. (2018). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIDALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN PADA

PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Lesmana, S. (2018). Metedologi Peneilitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Medan: Madenetera.

Nainggolan, E. P., & Abdullah, I. (2019). Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Bank Milik Pemerintah tahun 20152018. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 151-158.

Nainggolan, E. P., & Febriansyah, A. R. (2021). Pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Biaya Operasional Terhadap Pph Badan Terutang Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015 2019. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora, 1(1), 18.

Amini, N. R., & Naimi, N. (2022). Penguatan Ibadah Tarjih Muhammadiyah bagi Mahasiswa Mentoring KIAM Pasca Pandemi Covid 19 di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 595-606.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syabila Oktaviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats