Analisa Akuntabilitas Dan Transparansi Manajemen Dana Desa Pada Desa Matapao Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai

Ayu Wulandari

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah bahwa Desa Mata Pao kurang transparan terhadap pengelolaan dana desa dimana tidak ada akses yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui bagaimana pengelolaan APBDes dan akuntabilitas mengenai pengelolaan dana desa seperti tidak adanya website dan papan informasi desa, serta masyarakat yang tidak terlalu kritis terhadap proses pengeloaan dana desa dikarenakan kurangnya musyawarah seperti sosialisasi mengenai pengeloaan dana desa terhadap program-program desa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana desa pada Desa Mata Pao. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi dan wawancara , kemudian disesuaikan dengan indikator Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 mengenai pengelolaan dana desa dan dituangkan dalam bentuk teks. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Akuntabilitas dan Transparansi di Desa Mata Pao sudah sesuai berdasarkan indikator dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan dana desa, akan tetapi ada beberapa yang tidak sesuai dengan hasil observasi dilapangan baik dari akuntabilitas dan transparansinya.


Keywords


Akuntabilitas, Transparansi, Pengelolaan Dana Desa.

Full Text:

PDF

References


Dalle, J., Hayat, A., Karim, A., Tirtayasa, S., Sulasmi, E., & Prasetia, I. (2021). The influence of accounting information system and energy consumption on carbon emission in the textile industry of Indonesia: Mediating role of the supply chain process. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(1), 536-543.

Rahmayati, R. (2021). Competition Strategy In The Islamic Banking Industry: An Empirical Review. International Journal Of Business, Economics, And Social Development, 2(2), 65-71.

Trianto, B., Rahmayati, R., Yuliaty, T., & Sabiu, T. T. (2021). Determinant factor of Islamic financial inclusiveness at MSMEs: Evidence from Pekanbaru, Indonesia. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 105-122.

Wahyuni, T., Siregar, P. A., & Bancin, K. (2020). Faktor Makroekonomi dan Mikroekonomi dalam Pembiayaan Bermasalah Bank Syariah di Indonesia. Equilibrium, 8(1), 89-108.

Butar-Butar, A. J. R. (2019). Historiografi Ilmu Falak di Nusantara: Sejarah, Motivasi dan Tokoh Awal. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(2), 156-173.

Raisal, A. Y., Hidayat, M., Hermawan, L., & Rakhmadi, A. J. (2021). The Effect of the Installation Angle of the Sky Quality Meter on the Night Sky Brightness and the Beginning of the Fajr Prayer Time. Indonesian Review of Physics, 3(2), 35-39.

Hidayat, M., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2020). Measuring the Apparent Magnitude of Planet Mars on August 1st and October 2nd, 2018 at the Falak Observatory at Muhammadiyah University of North Sumatera. Indonesian Review of Physics (IRiP), 3(1), 6-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ayu Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats