Analisis Rasio Profitabilitas Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Perumnas Regional -1 Medan

Ali Ahsanul Arif

Abstract


Penelitian yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya penurunan laba dengan menggunakan rasio profitabilitas dan juga untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan Perum Perumnas Regional-1 Medan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Yaitu data yang diperoleh diolah sedemikian rupa sehingga memberikan data yang sistematis. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif. Sumber data pada penelitian adalah sekunder yang berasal dari laporan keuangan Perum Perumnas Regional I Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan penelitian studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kinerja berdasarkan rasio profitabilitas Pada Perum Perumnas Regional I Medan yang diukur dengan rasio profitabilitas menggunakan Return On Equity (ROE), Return On Invesment (ROI), rata rata kurang baik hal ini terlihat dari nilai/ skor ROI dan ROE belum memenuhi standar BUMN.

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Return On Equity (ROE), Return On Invesment (ROI)


Full Text:

PDF

References


Aisha, N. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smart Phone Vivo Studi Kasus Pada Mahasiswi Umsu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 246-255.

Arda, M., & Manurung, Y. H. (2021, January). THE EFFECT OF CONSUMER MOTIVATION ON HALAL FOOD PURCHASE DECISIONS ON STREET TRADERS OF KESAWAN MEDAN AREA IN THE PANDEMIC PERIOD OF COVID 19. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 62-68).

Arianty, N., & Liyuwandari, V. (2021, August). Brand Awareness Dan Sales Promotion Terhadap Purchase Decision Produk Fashion H&M Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 166-177).

Astuti, R. (2019). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Tunas Jaya Utama. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya (Eka Prasetya Journal of Management Studies), 5(2), 1-10.

Daulay, R., & Handayani, S. (2021, June). Pengaruh Gaya Hidup dan Kepribadian terhadap Minat Belanja Online melalui Aplikasi Lazada. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 478-486).

Elva Nuraina (2011) Laba, Arus Kas Operasi Dan Akrual Sebagai Penentu Laba Operasi Masa Depan. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol 2, No 1, 2011.

Emi Agustin (2016). Analisis Rasio Keuangan untuk penilaian kinerja keuangan pada PT. Indofarma Tbk. (Berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor: KEP-100/MBU/2002)

Fadhila, N., & Sihite, O. M. (2021, November). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148-159.

Ferra, Kusuma, Purbo Wanti (2012). Kemampuan Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Dan Rasio Piutang Untuk Mempengaruhi Arus Kas Masa Mendatang Pada Perusahaan Food And Beverage Di BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol 1, No. 3, Mei 2012.

G. Ardisusilo Putro (2007) Analisis Kemampuan Laba dan Arus Kas Operasi dalam Memprediksi Laba dan Arus Kas Operasi Mendatang. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta 2007.

Hendry Andres Maith (2013). Analisi Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. HANJAYA MANDALA SAMPOERNA Tbk.

Hidayat, R. H., Putri, V. I., & Harahap, D. S. (2020). CURRENT RATIO DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP STRUKTUR MODAL DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 18(2), 20-33.

Ibnu Sutomo (2014). Analisi profitabilitas untuk menilai kinerja keuangan pada PT. NIAGARAYA KREASI LESTARI Banjarbaru 5(10), 297-299.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) (2004). Lima Elemen Laporan Keuangan. Standar Akuntansi Keuangan.

Ikatan Akuntan Indonesia, (IAI) (2007). Laporan Keuangan ialah Neraca dan Perhitungan Rugi - Laba Serta Segala Keterangan - Keterangan yang Dimuat Dalam Lampiran - Lampirannya Antara Lain Laporan Sumber dan Penggunaan Dana Dana. Standar Akuntansi Keuangan.

Ikhsan, Arfan, dkk (2017). Teori Akuntansi, Edisi 2. Medan : Madenatera.

La Ode, Syarfan (2016). Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Perusahaan Pada PT. Ricky Kurniawan Kerta Persada (Makin Group) Jambi. Jurnal Valuta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau. Vol 2 No. 2, Oktober 2016.

Marsel, Pongoh (2013).Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources TBK. Jurnal Emba Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol 1. No 3, September 2013.

Maya, Widiana (2011) Pengaruh Laba Kotor, Laba Bersih Dan Arus Kas Untuk Memprediksi Arus Kas Dimasa Mendatang Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Pembangunan Nasional. Jawa Timur 2011.

Muis, Fauzi Rambe, dkk (2015). Manajemen Keuangan, Edii 2. Bandung : Cita Pustaka Media.

Muslih, M., & Novan, M. I. (2021, November). The Effect of Return on Asset and Return on Equity on Debt to Asset Ratio in PT. Medan Regional Office Life Insurance. In Journal of International Conference Proceedings (JICP) (Vol. 4, No. 2, pp. 433-446).

Mutholib, M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Ira Widya Utama Unit Usaha Driving Range SBCC. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 17(2).

Prayogi, M. A., Farisi, S., & Salwa, H. (2021, November). Pengaruh Pelatihan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Mediasi Oleh Organizational Citizhenship Behavior. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 1068-1076).

Purnama, N. I., Putri, L. P., & Bahagia, R. (2021). Analisis E-commerce Dalam Membantu Penjualan UMKM di Tengah Pandemi. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 21(2), 194-200.

Radiman, R., Sukiman, S., & Agus, R. (2021, February). THE EFFECT OF EMOTIONAL INTELLIGENCE AND SPIRITUAL INTELLIGENCE TOWARDS INTENTION IN ENTREPRENEURSHIP COLLEGE STUDENT. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 433-450).

Raisa, Grace, M. Sinaga (2012). Kemampuan Laba Bersih Dan Arus Kas Operasi dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Dimasa Depan Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara 2012.

Rialdy, N., Sari, M., & Pohan, M. (2022). Model Pengukuran Motivasi dan Minat Karir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Konsultan Pajak: Studi pada Perguruan Swasta di Kota Medan. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1519-1528.

Sanjaya, S., & Sipahutar, R. P. (2019). Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Asset pada Perusahaan Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 19(2), 136-150.

Shofiahilmy, Rispayanto (2013) Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi, Laba Bersih dan Arus Kas Operasi Dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Mendatang Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Negeri Padang 2013

Sofyan, Syafri, Harahap (2011). Teori Akuntansi, Edisi Revisi 2011. Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ali Ahsanul Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats