Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018

Himmatul Ulya

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan, untuk menguji dan menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan, untuk menguji dan menganalisis pengaruh CSR dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Real Estate yang terdaftar di BEI.Populasi pada penelitian ini seluruh Perusahaan Real Estate yang terdaftar di BEI sebanyak 26 perusahaan dan sampel dari penelitian pada perusahaan manufaktur sebanyak 9 perusahaan dengan 4 tahun pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif, analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial, Uji Determinan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate yang Terdaftar di BEI, secara parsial Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate yang Terdaftar di BEI, secara simultan menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate yang Terdaftar di BEI.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

References


Abdullah, W., Syariati, A., & Hamid, R. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan Dan Interest Based DebT (IBD) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Jakarta Islamic Index Periode 2010-2016. Jurnal Manajemen Ide Dan Inspirasi, 4(2), 122135.

Ardianto, E., & Machfudz, D. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ardila, I. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 3(2), 200210.

Ardila, I. (2019). Analisis Pengungkapan Corporate Social Responsibility indikator Kinerja Lingkungan Pada PT Indo Tambangraya Megah Tbk. Prosiding Frama, 1(1), 319321.

Brigham, E. F., & Houston. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Candrayanthi, A. A. A., & Saputra, I. D. G. D. (2013). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(1).

Cecilia, Rambe, S., & Torong, M. Z. B. (2015). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perkebunan yang Go Public di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Simposium Nasional Akuntansi 18 Universitas Sumatera Utara, 1(1).

Devita, E. Y. (2015). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dimoderasi Oleh Debt Equity Ratio (DER). Jom FEKON, 2(2), 111.

Dewi, A. S. M., & Wirajaya, A. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(2), 358372.

Dewi, I. R., Handayani, S. R., & Nuzula, N. F. (2014). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2009-2012). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 17(1), 19.

Fahmi, I. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariant dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, R., Agustina, & Wijaya, S. W. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 3(1), 5160.

Hadi, N. (2014). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hartono, J. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (1st ed.). Yogyakarta: BPFE UGM.

Hemastuti, C. P. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntans, 3(4), 115.

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2012). Dasar Dasar Manajemen Keuangan, Edisi Keenam (U. S. YPKN, ed.). Yogyakarta.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khasanah, S. K. (2019). Pengaruh Firm Size, Current Ratio, Profitabilitas, Dan Hutang Harga Saham Dengan Deviden Sebagai Moderating Variabel. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 3(1), 824.

Lako, A. (2011). Corporate Social Responsibility of Business. Jakarta: Erlangga.

Lesmana, S. (2018). Metedologi Peneilitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Medan: Madenetera.

Lina. (2013). Faktor-Faktor Penentu Pengungkapan Modal Intelektual. Media Riset Akuntansi, 3(1), 4864.

Lovianda, R. J., & Ibrahim, M. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Minyak Dan Gas Bumi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). JOM FISIP, 5(3), 113.

Margaretha, F. (2011). Manajemen Keuangan untuk Manajer Nonkeuangan. Jakarta: Erlangga.

Martatilova, D. S., & Djuitaningsih, T. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure, Kepemilikan Manajemen, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Proceeding Seminar Nasional Akuntansi, 1(1).

Martono, & Harjito, A. (2010). Manajemen Keuangan (Edisi 3). Yogyakarta.: Ekonisia.

Mursitama, T. N., Hasan, M. F., & Fakhrudin, I. Y. (2011). Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia: Teori dan Implementasi Studi Kasus Community Development Riau Pulp. Jakarta: Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Nahda, K., & Harjito, A. (2011). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1), 112.

Niresh, J. A., & Velnampy, T. (2014). Firm Size and Profitability: A Study of Listed Manufacturing Firms in Sri Lanka. International Journal of Business and Management, 8(1), 5764.

Pantow, M. S. R., Murni, S., & Trang, I. (2015). Analisa Pertumbuhan Pernjualan,Ukuran Perusahaan,Return On Asset, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan yang Tercatat di Indeks LQ 45. Jurnal EMBA, 3(1), 961971.

Pratama, M. I. (2014). Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2012). Doctoral Dissertation, Universitas Widyatama.

Pristianingrum, N. (2017). Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, Dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 353364.

Rahma, D. A., Makhdalena, & Trisnawati, F. (2017). The Effect Of Csr, Profitability, Firm Size And Leverage To The Value Of The Company In Registered Manufacturing Company In Indonesia Stock Exchange. Jumal Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 113.

Rahmawati, A. D., Topowijono, & Sulasmiyati, S. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23(2), 17.

Reeve, W. (2010). Accounting Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, I. G. M. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E- Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 43944422.

Rumondor, R., Mangantar, M., & Sumarauw, J. S. B. (2015). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sub Sektor Plastik Dan Pengemasan Di BEI. Jurnal EMBA, 3(3).

Rusdianto, U. (2013). CSR Communication a Framework for PR Practitionsers. Yogyakarta.: Graha Ilmu.

Sartono, A. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta.: BPFE Yogyakarta.

Sudana, I. M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktek. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. (2010). Pekerjaan Sosial di Dunia Industri, Memperkuat CSR. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2010). A Strategic Management Approach, CSR. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.

Sutrisno. (2010). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Yogyakarta.: Ekonisia.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta.: Kanisius.

Torang, S. (2012). Metode Riset Struktur dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, I., & Azheri, B. (2010). Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Malang: In-Trans Publishing.

Wibisono, Y. (2010). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Jakarta: Gramedia.

Yuliana, O., & Juniarti. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahan di Indonesia Yang Bergerak di Sub Sektor Retail dan Trade, Healthy Care, Computer dan Service, dan Investment Company. Business Accounting Review, 3(2), 151160.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Himmatul Ulya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats