Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Assets, Debt To Assets Ratio Terhadap Manajemen Pajak Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019

Dara Agustina

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, Return On Assets, Debt To Assets Ratio terhadap manajemen pajak pada perusahaan trasportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan selama lima tahun dan sebanyak enam perusahaan trasportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 24.00. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial ukuran perusahaan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap manajemen pajak, secara parsial debt to assets ratio berpengaruh dan signifikan terhadap manajemen pajak, secara parsial return on assets berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen pajak dan secara simultan ukuran perusahaan, return on assets, debt to assets ratio berpengaruh dan signifikan terhadap manajemen pajak pada perusahaan trasportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kata Kunci: Debt to Assets Ratio, Current Ratio, Total Assets Turnover, Return On Assets


Full Text:

PDF

References


Alpi, M. F. (2021, November). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN PEMBERIAN OPINI AUDITOR. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Basri, M., & Dahrani.(2017). Efek Moderasi Ukuran Perusahaan Pada Pengaruh Debt To Equity Ratio Dan Longterm Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Equity Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Finansial Bisnis, 1(1), 65-78.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011). Dasar Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadi. (2013). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pajak Dengan Indikator Tarif Pajak Efektir (Studi Empires Pada Perusahaan Manufkatur Yang Terdaftra Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011-2013). Dipenogoro Journal of Accounting, 2(4), 1-12.

Fadhila, N., & Sihite, O. M. (2021, November). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Kelima. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, M., Harahap, R. U., Irsan, M., Khairani, A. D., & Siregar, H. (2022). Pembuatan Pupuk Kompos Organik dan Pendampingan Penyusunan Laporan Kas. Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Gunawan, A., Pirari, W. S., & Sari, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, 4(2), 23-35.

Hani, S. (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: UMSU PRESS.

Hati, R. P., Mulyati, S., & Kholila, P. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pajak Dengan Indikator Tarif Pajak Efektif Studi Empiris Pada Perusahaan Manufkatur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Eqiilibiria, 7(2), 56-66.

Henny., & Febrianti, M. (2016) Faktor-Faktor Yang Mempengarhui Manajemen Pajak Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 18(2), 159-166.

Imelia, S. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pajak Dengan Indkator Tarif Pajak Efektif Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indoneisa Tahun 2010-2012. Jom Fekon, 2(1), 1-15.

Irfan, I., & Muhyarsyah, M. (2020). A Fiqh Reconstruction in Company Zakat Accounting. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 16(2), 175-208.

Irsan, M., & Rambe, M. F. (2021). Return On Asset: Current Ratio And Debt To Asset Ratio Companies In Indonesia Stock Exchange. International Journal of Economic, Technology and Social Sciences (Injects), 2(1), 289-298.

Jogiyanto. (2011). Teori Portofoli dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Juliandi, A., Irfan., & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU PRESS.

Kasmir, (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, I. S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengarhui Manajemen Pajak Dengan Indikator Pajak Efektif. AKUNTABEL, 16(2) 213-221.

Kusuma, H. (2005). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia. Edisi Khusus Finace, 1(1), 1-15.

Mariati, M. (2021, March). Analisis Faktor Penghambat dan Penunjang Pelaksanaan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) pada Mahasiswa PPG dalam Jabatan Mapel Akuntansi dan Keuangan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. In Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora) (pp. 348-359).

Meisika, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Pembayaran Pajak Pada Wajib Pajak Badan. Skripsi. Universitas Lampung.

Munawir, S, (2010). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan ke-15). Yogyakarta: Liberty.

Nasution, M. I., & Lestari, W. (2021). HOW CULTURE DISCIPLINE, WORK SUPERVISION AND COMMUNICATION ON EMPLOYEE PERFORMANCE. MORFAI JOURNAL, 1(2), 335-342.

Noor, F. (2010). Keuangan Publik: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Lembaga Pengjaian, Keuangan Publik dan Akuntansi Pemerintahan (LPKAP).

Nurwani, N. (2021). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan Terhadap Cash Holding. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(2), 235-246.

Peraturan Pemerintan Nomor 94 Tahun 2010 Tentang Perhitungan Penghasilan Kena Pajak dan Pelunasan Pajak Penghasilan Badan.

Pohan, C. A. (2014). Manajemen Strategi Perencanaan & Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Prasetyantoko, A. (2008). Corporate Governance; Pendekatan Institusional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

PSAK No. 16 Tahun 2007 Tentang Aset Tetap

Rahayu, E., Hafiz, M. S., & Winarti, W. (2020). PELATIHAN MEMBUAT KERAJINAN PERNIKAHAN BAGI IBU-IBU AISYIYAH DI PIMPINAN CABANG AISYIYAH KAMPUNG DADAP DAN PIMPINAN CABANG AISYIYAH DURIAN KOTA MEDAN. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1), 13-20.

Ridlwan, A. Z. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pajak Dengan Indikator Tarif Pajak Efektif Pada Perusahaan Manufkatur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Riyanto, B. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rusyidi, M. K., & Kusumawati, A. (2010). Manajemen Perpajakan dan Analisis Deteksi Dini Terhdap Tax Evasion Melalui Metode Benchmark. Jurnal Aplikasi Manajemen, 8(3), 90-101.

Saragih, F., Rialdy, N., & Nainggolan, E. P. (2021, November). The Effect of Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Ethical Behavior of Educator Accountants at Private Universities in North Sumatra. In Journal of International Conference Proceedings (JICP) (Vol. 4, No. 2, pp. 349-358).

Sartono, A. (2013). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (Edisi Empat), Yogyakarta : Gramedia Pustaka Utama

Sawir, A. (2004). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sembiring, M., & Siregar, E. F. S. (2020). Pelatihan Strategi Pemasaran, Bisnis Dan Keuangan Produk Rumahan Masyarakat Desa Durian Kec. Pantai Labu. Jurnal Abdidas, 1(4), 277-283.

Sjahrial, D.(2008). Manajemen Keuangan Lanjutan. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Suandy, E. (2008). Perencanaan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I. M. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta

Torang. (2012). Pengantar Manajemen Laba. Semarang: Badan Penerbit Universtias Diponegoro

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Pasar Modal

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1983 Tentang Pajak Pengahasilan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dara Agustina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats